Cara Mengganti Template Blogspot

Pada tulisan ini saya kembali akan mengulas cara mengganti template blogspot atau blogger dengan cara yang paling ampuh. Paling tidak cara ini adalah cara yang saya lakukan berkali-kali apabila mengalami stuck saat terlalu sering gagal mengganti template blogspot.
Tulisan ini juga sekaligus menjawab beberapa pertanyaan yang sangat sering saya temui pada tulisan sebelumnya yaitu cara ganti template blogspot.

Seluruh penanya pada blog ini selalu mendapatkan error saat mengganti template keinginannya. Hal ini umumnya terjadi dikarenakan kurang jelasnya informasi oleh pihak Blogger ataupun Google dimana letak kesalahan secara pasti. Pada saat kesalahan terjadi Google hanya akan menampilkan informasi bahwa telah terjadi kesalahan dan perintah Anda tidak dapat dieksukusi dengan baik dan Blogger akan segera memeriksa informasi tersebut dengan mencatatkan sebuah nomor referensi seperti tertera pada gambar berikut ini:
ganti_template_blogspot
Hal ini yang sering terjadi dan sangat membuat kesal pada saat ingin mengganti template. Mudah-mudahan cara yang saya berikan pada tulisan ini dapat bermanfaat dan mujarab namun cukup mengandung resiko yang tinggi berupa kehilangan data Anda.

Kenali Permasalahan Anda

Pada saat mengganti template Anda akan dihadapkan pada error widget/gadget, hal ini dikarenakan tidak samanya gadget pada template lama dan yang baru. Blogger akan menginformasikan hal tersebut saat menggantinya, contoh warning ataupun peringatan ini akan seperti gambar di bawah ini:
ganti_template_blogspot_2
Jangan panik!, hal ini biasa terjadi jika template tidak memiliki gadget yang sama dan hal ini sangat lumrah terjadi karena tiap-tiap desain layout template tidaklah selalu sama. Anda cukup menekan tombol Confirm & Save untuk menyelesaikan permasalahan ini. Ingat bahwa semua gadget yang lama akan hilang, pastikan Anda sudah menyimpan terlebih dahulu file .xml template Anda.
Sebetulnya ada beberapa bentuk pesan error lainnya, namun karena saya gagal mendapatkan screenshoot error :p jadi mohon maaf gak bisa memberikan gambarnya.

Solusi Mengganti Template

Cara paling efektif untuk mengganti template blogspot adalah dengan cara membuang atau menghapus terlebih dahulu semua widget atau gadget lama Anda. Sekali lagi pastikan Anda telah membackupnya terlebih dahulu.
ganti_template_blogspot_3
Setelah Anda membackup silakan hapus semua gadget Anda yang terletak pada menu Page Elements. Silakan upload template baru Anda menggunakan menu yang telah tersedia. Lakukan konfirmasi seperti gambar di atas apabila diminta. Jika tidak diminta konfirmasi berarti gadget Anda bisa dikatakan sama.
Jadi kesimpulan dari tulisan ini adalah menghapus dulu semua gadget Anda adalah cara paling sukses yang pernah saya lakukan berkali-kali saat ingin mengganti template blogspot kesayangan Anda. Selamat mencoba!.
Share:

Cara pasang Shoutmix chat di blog

Shoutmix chat merupakan tempat chat yang di pasang di blog atau web. Berfungsi untuk menulis komentar, sapaan, bertukar link kepada para blogger yang lainnya, atau saran kepada pemilik blog atau web. Inputan yang dimasukkan ke shoutmix chat berupa name ; website (alamat blog kamu) ; message oleh pengunjung.

Bagi para sobat yang baru pemula untuk ngeblog mungkin masih bingung bagaimana caranya memasang shoutmix chat pada blognya. Bagi sobat yang berminat untuk memasang shoutmix pada blog berikut sedikit petunjuk buat anda :

1. Kunjungi halaman http://www.shoutmix.com/main/

2. Untuk mendapatkan code sriptnya, kita harus registrasi dahulu. Klik 'create your shoutbox now'. Maka akan muncul halaman seperti dibawah ini. Masukkan ID anda, Password, Name, dan email anda. Jangan lupa di check list 'i have ready and agree ....'. Kemudian klik continue.

3. Setelah klik continue, maka akan muncul halaman berikut ini. Pilihlah shoutbox style sesuai keinginan anda. Setelah anda pilih, klik continue.

4. Step berikutnya akan muncul halaman seperti berikut. Klik 'get to my control panel now'


5. Akan muncul halaman seperti di bawah ini. Untuk mendapatkan kode scriptnya, klik get code pada kolom quick start, pilihlah get code.

6. Pada step terakhir ini akan muncul halaman seperti di bawah ini. Setting width dan height sesuai dengan ukuran blog anda. Copy code nya di kotak 'generated codes', lalu pastekan pada elemen javasript/html pada blog anda (tentunya anda harus login pada blog anda).

Simpan script yang telah anda pastekan ke elemen html nya. Lihat blog anda. Semoga berhasil.
Mohon maaf jika ada kesalahan penulisan dan penyajian. Jika ada pertanyaan atau komentar, poskan komentar yach
Share:

Gaji Riedl, PSSI Harapkan Bantuan Pemerintah


JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum PSSI, Nurdin Halid, berharap agar pemerintah mau membantu PSSI untuk menggaji pelatih baru tim nasional (timnas) Indonesia, Alfred Riedl.
Riedl akan segera resmi menjadi pelatih baru timnas. Ia telah tiba Senin, (10/5/2010), di Jakarta, dan akan segera menandatangani kontrak dengan PSSI. Besar gaji yang akan ia terima adalah 1600 U$ dollar per bulan (sekitar Rp 145 juta).
Dengan durasi kontrak hampir dua tahun, PSSI membutuhkan dana segar sekitar tiga miliar untuk menggaji pelatih asal Austria tersebut.
"Gajinya itu kurang lebih tiga miliar rupiah, itu baru gaji Riedl-nya saja. Kami sangat mengharapkan bantuan pemerintah. Kalau memang pemerintah serius, tentu mereka akan membiayai full termasuk gaji asisten-asistennya. Tapi kalau tidak, PSSI akan tetap berusaha. Kami takkan kendor," kata Nurdin di kantor PSSI, Selasa (11/5/2010).
PSSI sendiri memberi Riedl target untuk membawa timnas masuk final Piala AFF dan merebut medali emas di SEA Games 2011 mendatang.
 
Share:

Polisi Periksa Pemain Sriwijaya FC

PALEMBANG, KOMPAS.com- Kepolisian Kota Besar (Poltabes) Palembang akan memeriksa empat pemain Sriwijaya FC yang ditetapkan sebagai tersangka penganiayaan suporter. Keempat pemain itu adalah Isnan Ali, Cristian Worabay, Ambrizal, dan Charis Yulianto yang ditetapkan sebagai t ersangka sejak Senin (10/5/2010) kemarin.
Empat pemain Sriwijaya FC itu diduga melakukan penganiayaan terhadap empat suporter Sriwijaya FC, Sabtu (8/5) lalu, seusai pertandingan Grup J Piala Indonesia 2010 antara Sriwijaya FC melawan Persija. Penganiayaan terjadi akibat pemain Sriwijaya FC emosi karena diejek suporternya.
Wakil Kepala Satuan Reserse Kriminal Poltabes Palembang Ajun Komisaris Hans Rahmatullah, Selasa (11/5), mengatakan, polisi segera memeriksa empat pemain Sriwijaya FC yang telah ditetapkan sebagai tersangka setelah memperoleh hasil visum terhadap para korban. Namun, Hans belum menyebutkan kapan persisnya akan memeriksa keempat pemain tersebut.
Direktur Teknik Sriwijaya FC Hendri Zainudin menuturkan, manajemen Sriwijaya FC memutuskan akan membantu keempat pemain tersebut dengan menyiapkan pengacara.
Kondisi pemain pasti terpengaruh dengan status mereka sebagai tersangka. Kami tetap mengupayakan agar masalah ini diselesaikan dengan damai, ujar Hendri.
Share:

Jadwal Kompetisi Padat Jadi Problem

SURABAYA, KOMPAS.com - Laga menentukan bakal dijalani empat tim di Grup K dalam babak 16 besar Piala Indonesia di Stadion Gelora 10 Nopember, Tambaksari, Surabaya, Selasa (11/5/10). Persebaya berjumpa Bontang FC, sedangkan Persib Bandung bertemu Persibo Bojonegoro.
Persebaya dan Persib yang sama-sama menang dalam laga sebelumnya harus kembali memetik poin penuh untuk lolos ke babak delapan besar. Hal yang sama juga berlaku untuk Bontang dan Persibo. Keduanya harus menang untuk menjaga peluang lolos.
Keempat tim mengalami problema yang sama, yakni padatnya jadwal kompetisi. Persebaya misalnya hanya punya waktu istirahat dua hari sehabis laga.
Setelah bertemu Bontang, "Bajul Ijo" bertarung dengan Persib (13 Mei), dan langsung menantang Persipura Jayapura (16) Mei dalam kompetisi Liga Super Indonesia. Untuk itulah, pelatih Persebaya Rudy Keltjes berniat merotasi pemainnya ketika melayani Persibo.
"Saya harus rotasi total agar anak-anak tidak mati di lapangan," kata Rudy.
Kemungkinan besar gelandang gesit Taufiq sudah bisa merumput kembali. Selama ini dia absen akibat cedera paha. Sama halnya dengan gelandang bertahan Wijay yang punya peluang diturunkan.
Di sisi lain, Bontang tidak akan menyerah dengan mudah. Sama-sama berstatus sebagai tim LSI, Bontang ingin mengulang kembali catatan tidak pernah kalah dari Persebaya. Apalagi Bontang pernah menahan imbang Persebaya 2-2 di "kandang buaya" pada laga perdana LSI musim kompetisi 2010/2011.
"Kami masih punya peluang lolos, kuncinya kami harus mengatasi Persebaya. Saya masih optimistis," ujar pelatih Bontang Fachry Husaini.
Sementara itu pertemuan Persib dengan Persibo bakal menarik karena bek "Maung Bandung" Nova Ariyanto bakal berjumpa dengan tim asuhan ayahnya, Sartono Anwar.
Share:

Budi Sudarsono Masuk Persib

Lini depan Persib dipastikan akan diperkuat duet Cristian Gonzales dan Budi Sudarsono. Budi menerima pinangan Persib setelah bernegosiasi dengan Umuh Muhtar selama sekitar dua jam di kediaman Direktur Utama PT Persib Bandung Bermartabat tersebut, yaitu di Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang.
Dengan tercapainya kesepakatan itu, Budi kembali berpasangan dengan Gonzales yang sama-sama membawa Persik Kediri menjuarai Liga Indonesia 2006. Budi mengaku gembira dengan kepastian kelanjutan kariernya setelah pada musim lalu turut mengantar Sriwijaya FC menjuarai Copa Indonesia.
"Persib memiliki suporter fanatik. Saya tertantang membela tim dengan karakteristik seperti itu," kata penyerang yang membela tim nasional sejak 2001 ini.
Keberadaan Gonzales di Persib sejak putaran kedua liga musim lalu turut berperan dalam menarik kehadiran Budi. Budi merasa beruntung bisa berduet kembali dengan pencetak gol terbanyak liga selama empat musim berturut-turut tersebut.
Dengan komposisi lini depan sedemikian rupa, Budi memasang target akan mengantar Persib menjuarai liga musim depan. "Persik merupakan tim dari tanah kelahiran saya. Di luar Persik, saya sudah dua kali juara. Mudah-mudahan saya bisa merasakan gelar juara yang ketiga kalinya di perantauan," kata pemain berusia 29 tahun ini.
Selain memastikan tandem bagi Gonzales, Persib juga mendapatkan pengganti Siswanto yang hengkang ke Persema Malang. Dia adalah mantan punggawa Persib, Erik Setiawan, yang pada musim lalu membela Arema Malang. Se- orang mantan pemain Persib lain yang direkrut lagi adalah Cucu Hidayat yang sempat bermain di Persita Tangerang.
Uang muka
Pada Rabu (12/8), 13 pemain menerima uang muka nilai kontrak sebagai jaminan kepastian membela Persib. Gonzales tiba di kediaman Umuh sekitar pukul 15.00 bersama dengan istri dan keempat anaknya. Adapun Budi baru datang sekitar pukul 16.30 didampingi istrinya. Sebelumnya, 11 pemain Persib musim lalu juga menerima uang muka.
"Beberapa pemain mengusulkan agar ada (uang) pegangan untuk kepastian kontrak. Jadi, kami tadi memenuhi permintaan itu," kata Umuh. Menurut dia, seluruh pemain yang telah menerima uang itu sebelumnya menyetujui nilai kontrak yang ditawarkan. Namun, Umuh tidak berkenan membeberkan besarnya nilai kontrak itu.
"Secara keseluruhan, kami menganggarkan biaya hingga Rp 13 miliar untuk membiayai kontrak untuk 25 pemain termasuk ofisial tim," kata Umuh, yang juga menjabat sebagai Manajer Persib itu. Ia merencanakan, penandatangan kontrak seluruh pemain akan berlangsung sekitar 5-10 September.
Pemain Persib musim lalu yang menerima uang muka adalah Tema Mursadat, Cecep Supriatna, Eka Ramdani, Hariono, Maman Abdurahman, Wildansyah, Nova Ariyanto, Gilang Angga Kusuma, Airlangga, Atep, dan Edi Hafidz.
Dengan kehadiran Tema dan Cecep, peluang bagi mantan penjaga gawang Persib asal Thailand, Kosin Hathairattanakool, untuk kembali bermain di Bandung semakin tertutup. Menurut Umuh, posisi penjaga gawang lapis ketiga bisa diambil dari tim Persib U-21 dan U-23. (HEI)
Share:

PSSI Hukum Budi Sudarsono

Komisi Disiplin PSSI menghukum satu kali larangan bermain dan denda Rp 10 juta terhadap Budi Sudarsono (Persib) karena ia terbukti memukul Ledi Utomo (Persitara) di laga Persitara Jakarta Utara versus Persib Bandung, 28 April 2010.

Ketetapan ini merupakan hasil sidang Komisi Disiplin PSSI ke-20 di Jakarta, Jumat (7/5/2010). Ketetapan ini diputuskan Ketua Komdis PSSI Hinca IP Pandjaitan yang disampaikan Humas PSSI.

Selain itu, Komdis memberi peringatan keras untuk Maman Abdurahman (pemain Persib Bandung) dan Elly Idris (Pelatih Persita Tangerang) karena protes terhadap wasit.

Untuk Persik Kediri dihukum kalah 0-3 dan denda Rp 25 juta karena panpel gagal menyelenggarakan pertandingan melawan Persebaya Surabaya, 29 April 2010.

Berikut ini daftar hasil Sidang Komdis:
1.
Elly Idris, Pelatih Persita Tangerang, dihukum peringatan keras karena tingkah laku buruk melakukan protes dengan cara menendang meja wasit cadangan (Copa Indonesia: Persita Tangerang versus Pelita Jaya, 21 April 2010).
 
2. Panpel PSBI Blitar dihukum denda Rp 15 juta karena penonton PSBI Blitar masuk ke arah perangkat pertandingan (Copa Indonesia: Persibo Bojonegoro versus PSBI Blitar, 21 April 2010).

3. Andri Budianto, pemain PSBI Blitar, dihukum denda Rp 10 juta karena tingkah laku buruk melakukan protes berlebihan (Copa Indonesia: Persibo Bojonegoro versus PSBI Blitar, 21 April 2010).

4. Persipura Jayapura dihukum denda Rp 30 juta karena tingkah laku buruk tim. Persipura Jayapura mendapat 6 kartu kuning pada satu pertandingan (ISL: Persib Bandung versus Persipura Jayapura, tanggal 2 Mei 2010).

5. Panpel Persipura Jayapura dihukum denda Rp 25 juta karena penonton melakukan pelemparan kepada tim Arema Indonesia dan mengganti 6 buah bola yang diambil pendukung Persipura Jaya pura dan (ISL: Persipura Jayapura versus Arema Malang)

6. Budi Sudarsono, pemain Persib Bandung, dihukum larangan 1 kali bermain pada pertandingan Persib Bandung versus Sriwijaya FC dan denda Rp 10 juta karena tingkah laku buruk memukul pemain Persitara Jakarta Utara, Ledi Utomo (ISL: Persitara Jakarta Utara versus Persib Bandung, 28 April 2010).

7. Maman Abdurahman, pemain Persib Bandung, dihukum peringatan keras karena tingkah laku buruk berbicara kasar terhadap wasit (ISL: Persitara Jakarta Utara versus Persib Bandung, 28 April 2010).

8. Persik Kediri dihukum kalah 0-3 dan denda Rp 25 juta karena panpel gagal menyelenggarakan pertandingan (ISL: Persik Kediri versus Persebaya Surabaya, 29 April 2010).

9. Panpel Pelita Jaya dihukum denda Rp 25.000.000 karena tingkah laku buruk penonton Persib Bandung menjebol pintu stadion dan penonton berlari masuk ke dalam stadion sehingga menjadi tidak kondusif. (ISL: Pelita Jaya versus Persib Bandung, 24 April 2010).

10. Persib Bandung dihukum denda Rp 25 juta karena tingkah laku buruk penonton menjebol pintu stadion dan penonton berlari masuk ke dalam stadion sehingga menjadi tidak kondusif (ISL: Pelita Jaya versus Persib Bandung, 24 April 2010).

11. Panpel Bontang FC dihukum denda Rp 25 juta karena tingkah laku buruk penonton melakukan pelemparan dengan menggunakan kemasan air mineral (ISL: Bontang FC versus Persela Lamongan, 24 April 2010).

12. Pelatih Bontang FC, Fachri Husaini, dihukum peringatan keras karena melakukan protes berlebihan (ISL: Bontang FC versus Persela Lamongan, tanggal 24 April 2010)

13. Panpel Persija Jakarta dihukum denda Rp 25 juta karena tingkah laku buruk penonton membakar petasan, masuk ke sentelban melalui gerbang selatan, dan memasang spanduk yang bernada provokasi (ISL: Persija Jakarta versus PSM Makassar, 29 April 2010
Share:

PSSI Terlalu Berlebihan

Total anggaran senilai Rp 30 miliar yang diajukan PSSI untuk keikutsertaan di SEA Games 2011 dinilai terlalu berlebihan. Hal tersebut diungkapkan Ketua Perhimpunan Pemain Sepak Bola Nasional (PPSN), Sarman Pangabean, kepada Kompas.com di Jakarta, Sabtu (8/5/2010)."Itu terlalu besar karena PSSI menggunakan standar internasional. Seharusnya biaya ini bisa ditekan sampai 30 persen. Yang penting itu 'kan efektivitas penggunaannya, bukan hanya sekadar jumlah yang besar," tandas Sarman.
Terlebih lagi, Sarman juga menyayangkan sekitar 10 persen dari anggaran tersebut, yakni Rp 2,7 miliar, dialokasikan untuk mendanai pelatih asing asal Austria, Alfred Riedl.
"Kualitas pemain kita di Asia Tenggara itu sebenarnya masih di atas rata-rata. Hanya saja, pengelolaannya kurang baik. Harusnya yang dipersiapkan lebih dahulu itu pemainnya bukan hanya pelatihnya. Lagi pula, untuk SEA Games 2011 nanti, kita 'kan tidak bertanding ke luar negeri," paparnya.
Seperti yang diberitaan sebelumnya, dari hasil pertemuan dengan Ketua Umum KONI Rita Subowo di Jakarta, Rabu (5/5/2010) lalu, Ketua Umum PSSI, Nurdin Halid, memang mengajukan anggaran sebesar Rp 30 miliar. Rincian dana tersebut adalah Rp 2,7 miliar untuk membayar gaji pelatih asing, Alfred Riedl, dengan kisaran 14 ribu-15 ribu dollar AS per bulan selama dua tahun. Sementara sisanya akan digunakan untuk training center, try out dan biaya sehari-hari pelatnas dalam kurun 1,5 tahun.
Share:

Asal-usul Kartu Merah dan Kuning

APAKAH penggunaan kartu merah dan kuning sudah dikenal begitu sepak bola modern muncul? Jawabannya tidak. Kartu merah dan kuning baru diperkenalkan pada Piala Dunia 1970.

Namun, inspirasinya muncul pada Piala Dunia 1966, pada perempat final antara tuan rumah Inggris lawan Argentina. Wasit yang memimpin pertandingan itu berasal dari Jerman, yakni Rudolf Kreitlein.

Karena melakukan pelanggaran keras, kapten Argentina, Antonio Rattin, dikeluarkan oleh Kreitlein. Namun, Rattin tak paham apa maksud wasit asal Jerman itu. Dia pun tak segera meninggalkan lapangan.

Wasit Inggris yang ikut bertugas di pertandingan itu, Ken Aston, kemudian masuk ke lapangan. Dengan sedikit modal bahasa Spanyol, dia merayu Rattin untuk meninggalkan lapangan. Sebab, wasit yang memimpin pertandingan, Rudolf Kreitlein, memutuskan begitu. Karena hanya tahu bahasa Jerman dan Inggris, ia kesulitan menjelaskan keputusannya kepada Rattin.

Karena kasus ini, Ken Aston kemudian berpikir. Harus ada komunikasi universal yang bisa langsung diketahui semua orang, ketika wasit memberi peringatan kepada pemain atau mengeluarkannya dari lapangan. Sehingga, wasit tanpa harus membuat penjelasan dengan bahasa yang mungkin tak diketahui pemain.

Suatu hari, dia berhenti di perempatan jalan. Melihat traffic light (lampu merah), dia kemudian mendapatkan ide. Kemudian dia mengusulkan agar wasit dibekali kartu kuning dan merah. Kartu kuning untuk memberi peringatan keras atau sanksi ringan kepada pemain yang melakukan pelanggaran. Sedangkan kartu merah untuk sanksi berat dan pemain yang melakukan pelanggaran berat itu harus keluar dari lapangan.

Ide itu diterima FIFA. Pada Piala Dunia 1970, kartu kuning dan merah untuk pertama kalinya digunakan. Ironisnya, sepanjang Piala Dunia 1970 tak satu pun pemain yang terkena kartu merah. Hanya kartu kuning yang sempat dilayangkan. Sehingga, kartu merah tak bisa "pamer diri" pada Piala Dunia 1970.

Meski ide itu datang dari wasit Inggris, namun negeri itu tak serta-merta menerapkannya di kompetisi mereka. Kartu merah dan kuning baru digunakan di kompetisi sepak bola Inggris pada 1976. Karena kemudian wasit terlalu mudah mengeluarkan kartu dan diprotes banyak pemain, maka penggunaannya sempat dihentikan pada 1981 dan 1987.

Yang menarik, ide ini diadopsi cabang olahraga hoki. Bahkan, di cabang ini menggunakan tiga warna kartu, seperti traffic light: hijau, kuning, dan merah. Hijau untuk peringatan, kuning untuk mengeluarkan pemain sementara waktu, dan merah untuk mengusir pemain secara permanen
Share:

27.000 Tukang Bangunan Dapat Tiket Gratis

FIFA dan Komite Piala Dunia 2010 Afrika Selatan memberikan tiket gratis kepada 27.000 pekerja bangunan yang terlibat dalam pembangunan sepuluh stadion untuk penyelenggaraan Piala Dunia itu. Setiap orang akan menerima empat tiket untuk menyaksikan pertandingan-pertandingan putaran pertama, di stadion yang mereka bangun.

Tiket-tiket itu merupakan ucapan terima kasih karena para pekerja telah menjaga harga diri bangsa dengan bekerja keras menyelesaikan pembangunan tepat waktu. itu membuat Afrika Selatan bisa mengangkat kepala di hadapan banyak negara lain yang sempat meremehkan kemampuan mereka membangun dan menyediakan infrastruktur tepat waktu.

"Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada Anda sekalian, pria dan wanita yang kerja keras, keterampilan, dan kreativitasnya, telah membawa kita kita kepada titik di mana kita berada saat ini," kata Ketua Pelaksana Komite Piala Dunia, Danny Jordaan, saat memberikan tiket gratis secara simbolis itu, di Soccer City, Selasa (4/5/2010).

"Luar biasa rasanya melihat apa yang telah Anda capai dan kami harap, Anda bisa menikmati pengalaman Piala Dunia," lanjutnya.

Seorang pekerja, yang ikut membangun Soccer City, Geqeza, mengaku bangga mendapat penghargaan tersebut. Menurutnya, akan sangat luar biasa menyaksikan pertandingan akbar di stadion yang dibangun oleh tangan mereka sendiri.

"Saya sangat bangga ketika melihat hasil dari apa yang rekan-rekan dan saya kerjakan selama lebih dari setahun ini," ungkap Geqeza.

"kesempatan untuk duduk di stadion yang telah kami bangun untuk Piala Dunia adalah hadiah yang sempurna. Ini adalah sesuatu yang tak pernah kami bayangkan," tambahnya.
Share:

Piala Dunia Berakhir di Tangan Mandela

Perjalanan Piala Dunia mengelilingi dunia selama 35 hari berakhir di tangan tokoh Afrika Selatan, Nelson Mandela, Kamis (6/5/2010).

Mandela, yang membebaskan Afsel dari sistem apartheid pada 1994, menerima piala tersebut di Johannesburg. Dia pertama kali memegang piala itu pada 2004 saat negerinya dipastikan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2010.

Mandela akhir-akhir ini jarang muncul di depan publik karena kesehatannya. Tokoh berumur 91 tahun itu memegang Piala Dunia di depan kantor yayasannya ditemani Sekretaris Jenderal FIFA Jerome Valcke.

"Nelson Mandela adalah salah satu arsitek hadirnya Piala Dunia di Afsel. Madiba (nama klan Mandela) adalah simbol demokrasi di Afrika Selatan. Bagi kami, tak afdal jika piala itu datang di negeri ini tanpa dipegang terlebih dulu oleh Mandela," kata Valcke.

Dia menambahkan, Mandela ragu Afsel akan menjuarai Piala Dunia 2010. Afsel yang berjuluk "Bafana Bafana" (Para Pemuda) termasuk salah satu tim lemah di Piala Dunia 2010. Ada kekhawatiran mereka akan menjadi klub yang tersingkir pada babak awal.
Share:

Diskors, Musim Budi Sudarsono Habis

 
Striker Persib, Budi Sudarsono, dikenai skorsing tidak boleh bermain untuk tim "Maung Bandung" hingga akhir musim kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2009-2010.

"Manajemen mempersiapkan surat skorsing untuk Budi. Ia tidak akan memperkuat tim Persib hingga akhir musim ini," kata Manajer Persib Bandung, H Umuh Muhtar di Bandung, Selasa (4/5/2010).

Keputusan Persib akan memberi skorsing bagi Budi Sudarsono karena dianggap indisipliner melakukan pemukulan terhadap bek Persitara, Ledi Utomo, saat "Maung Bandung" menghadapi tim itu di Jakarta. Akibat insiden itu Budi diganjar kartu merah.

Menurut Umuh, Budi sudah tidak ada kabar lagi semenjak terkena kartu merah saat melawan Persitara. Pihaknya sudah berkali-kali menghubungi Budi melalui telepon namun tidak pernah diangkat.

Umuh menambahkan, masalah kontrak dan gaji Budi akan diurus oleh bagian hukum PT Persib Bandung Bermartabat. Sedangkan masalah denda akibat kartu merah, Umuh menerangkan Budi harus membayar sendiri dendanya.

"Kartu merah itu 'kan karena kesalahan Budi sendiri," kata Manajer Persib ini.

Sementara itu, Selasa pagi, Budi sempat menghadiri sesi latihan pagi di Stadion Siliwangi. Namun, oleh pelatih tim Persib Robby Darwis, Budi diharuskan terlebih dahulu melapor kepada pihak manajemen sebelum kembali latihan. Budi dua kali tidak hadir dalam sesi latihan.

"Kami selaku pelatih hanya menjalankan instruksi manajemen," kata Robby mengomentari rencana kebijakan skorsing manajer Persib Bandung Bermartabat terhadap mantan pemain Persib dan Sriwijaya FC itu
Share:

Benahi Timnas, Benahi PSSI

Untuk membenahi tim persepakbolaan yang terpuruk, bukan hanya teknik para pemain yang menjadi perhatian. Menurut mantan pemain dan pelatih tim nasional, Sarman Panggabean, Rabu (27/1), yang tidak kalah penting ialah pembenahan di PSSI dan Badan Tim Nasional.

Sarman yang bersama Bertje Matulapelwa mengantarkan timnas Indonesia ke semifinal Asian Games Seoul 1986 mengatakan, pemikiran dan konsep pembinaan pemain yang dilakukan PSSI melalui Badan Tim Nasional (BTN) selama ini salah. Sarman melihat, badan itu selama ini ditangani orang yang tidak berkompeten mengurusi teknis sepak bola sehingga menelurkan kebijakan yang asal-asalan, seperti pengiriman pemain muda berlatih ke luar negeri, yang sejauh ini tidak ada hasilnya.

”Bukannya membenahi kompetisi dan pembinaan pemain muda di dalam negeri, mereka mencoba cara instan dengan mengirimkan pemain ke luar negeri. Pemikiran-pemikiran yang salah seperti itu harus dibuang dari PSSI atau BTN hingga pembinaan di dalam negeri kembali berjalan. Saat ini di PSSI juga tidak ada lembaga yang mengurusi soal teknis,” kata Sarman.

Lebih jauh, ujar Sarman, tidak dibenahinya pembinaan berakibat pada regenerasi pemain yang mandek, menyulut krisis pemain tim nasional. Sarman mengatakan, krisis pemain tim nasional bukan semata-mata karena kehadiran pemain asing, tetapi lebih disebabkan oleh pola pembinaan yang salah tersebut.

”Kalau pembinaan benar, akan selalu muncul pemain lokal berbakat yang bisa bersaing dengan pemain asing. Jangan selalu menyalahkan pemain asing, yang salah adalah konsep dan pemikiran dalam pembinaan selama ini,” ujar Sarman.

Di Bandung, Jawa Barat, mantan asisten pelatih sekaligus mantan pemain Persib Bandung, Bambang Sukowiyono, mengatakan, PSSI harus mencari pelatih dan direktur teknik tim nasional sepak bola Indonesia yang kualitasnya telah teruji. Harapannya, mereka bisa menyusun program kerja jangka yang tepat bagi pemain timnas Indonesia.

”Terpuruknya prestasi timnas menunjukkan ada yang tidak tepat dalam program latihan dan kerja. Hal ini harus diperbaiki bila menginginkan terbentuknya tim yang solid untuk bersaing dengan negara lain,” ujarnya.

Sementara itu, mantan Bendahara PSSI Irawadi Hanafi sangat kecewa dengan ucapan mantan Ketua BTN Rahim Sukasah yang seolah-olah melepas tanggung jawab atas kegagalan BTN mengangkat prestasi tim nasional. ”Itu adalah ucapan orang yang frustrasi. Mereka selalu menyalahkan orang lain. Contohnya, menyebut cara berpikir pemain Indonesia yang kurang luas dan menyalahkan situasi. Kalau sudah tidak mampu jadi pengurus, sebaiknya mundur saja,” kata Irawadi.

Secara terpisah, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia Pusat Margiono seusai bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan, Presiden meminta pers bersama KONI untuk memelopori diselenggarakannya kongres sepak bola Indonesia. Ada keinginan Presiden agar sepak bola maju dan harus menjadi olahraga kebanggaan Indonesia
 
Share:

Bobotoh, Jangan Anarkistis!

BANDUNG, KOMPAS.com - Tidak seperti biasanya, laga kandang Persib Bandung di Stadion Siliwangi tidak langsung dimulai dengan tendangan bola begitu pemain Persib dan Persipura Jayapura turun ke lapangan, Minggu (2/5/2010). Ada dua acara tambahan yang diselipkan yaitu pembacaan pernyataan bersama bobotoh se-Bandung Raya dan imbauan dari Polwiltabes Bandung.

Pernyataan bersama dibacakan oleh Ketua Viking Persib, Heru Joko. Isinya menyatakan bahwa pendukung Persib akan berkoordinasi dengan aparat keamanan untuk menjaga situasi tetap kondusif serta tidak provokatif dan menyebarkan kebencian. Isi pernyataan lainnya adalah siap menerima sanksi apabila para bobotoh berbuat onar.

Selanjutnya, imbauan dari Polwiltabes Bandung diutarakan Wakapolwiltabes Bandung Ajun Komisaris Besar Purwolelono. Dia meminta para bobotoh bisa menjaga kepercayaan yang diberikan aparat keamanan. Ini adalah kali pertama Persib bisa menggelar laga kandang di Stadion Siliwangi setelah satu musim tidak mendapat izin kemanan dari polisi.

"Tunjukkan bahwa pertandingan bisa berjalan lancar," ujar Purwolelono. Pertandingan ini menjadi penentuan bagi Persib untuk empat laga kandang sisanya. Polisi menegaskan, siap mencabut izin keamanan untuk pertandingan di Stadion Siliwangi bila terjadi keributan yang disebabkan bobotoh. Hingga berita diturunkan, pertandingan baru berjalan sepuluh menit dengan kedudukan 0-0.
Didit Putra Erlangga Rahardjo
Share:

Rudy Keltjes: PSSI Harus Cepat Bertindak!

 
Pelatih Persebaya Surabaya Rudy Keltjes berharap PSSI bisa cepat bertindak untuk memutuskan kasus ketidakmampuan Panpel Persik Kediri menggelar laga antara Persik dan Persebaya.Duel ini seharusnya digelar di Stadion Brawijaya Kediri, 29 April lalu. Namun, laga tersebut dipindah ke Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, yang akhirnya juga gagal berlangsung.
Seharusnya Persebaya langsung dinyatakan menang walk out dan mendapat tambahan tiga angka. Namun, hingga saat ini "Bajul Ijo" masih juga mengemas poin 36.
"Seharusnya PSSI sudah bertindak, jangan tunda-tunda terus," ujar Rudy.
Penambahan tiga poin sangat penting untuk mengamankan posisi Persebaya. Dengan poin 36, Persebaya bercokol di posisi 15 klasemen sementara Liga Super Indonesia. Jika poin ditambahkan, posisi "Bajul Ijo" bisa terdongkrak ke posisi 11.
Share:

Alfred Riedl Resmi Latih Timnas

 
Mantan pelatih Austria, Alfred Riedl, resmi melatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia menggantikan Benny Dollo. Hal ini dikatakan Sekjen PSSI Nugraha Besoes di kantor Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI), Kamis (4/3/2010).

"Riedl akan melatih tim nasional Indonesia. Dia akan ditugaskan untuk melatih tim nasional senior dan tim U-23. Kami harapkan sudah ada kesepakatan dalam waktu dekat ini," ujar Nugraha.

Kepastian Riedl menangani Indonesia sebenarnya sudah terjadi sejak 20 Februari lalu, tetapi dia baru akan mulai menangani timnas sekaligus menandatangani kontrak pada bulan Maret ini. Tugas pertama Riedl adalah pada turnamen HUT PSSI yang akan diadakan pada 2-7 April mendatang.

Turnamen ini akan diikuti oleh empat negara. Namun, PSSI belum dapat memastikan negara mana saja yang ikut karena masih menunggu konfirmasi.

Riedl diberi target untuk meraih medali emas pada SEA Games 2011 mendatang. Sebelum menangani Indonesia, Riedl pernah menangani timnas Vietnam, Palestina, dan Laos.
Share:

Kontrak Riedl, PSSI Berat di Ongkos

Sekjen PSSI Nugarha Besoes menyatakan, pembicaraan kontrak dengan calon pelatih baru Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Alfred Riedl mengalami penundaan. PSSI tak sanggup membayar gaji yang diminta pelatih asal Austria tersebut.Pada awalnya PSSI menawarkan gaji sebesar Rp 108 juta per bulan. Namun, Riedl menolak. Mantan pelatih Laos itu hanya mau melatih timnas dengan bayaran Rp 144 juta per bulan, disertai bonus Rp 180 juta bila tim "Merah Putih" masuk semifinal, dan Rp 255 juta sebagai finalis di ajang kompetisi internasional apa pun.
PSSI agak keberatan dengan permintaan riedl tersebut. "Pembicaraan dengan Riedl unttuk sementara kita pending. Mengejar Riedl itu ga gampang. Hambatannya adalah ongkos. Tunggu saja sampai ada keputusan," kata Nugraha di kantor PSSI, Rabu (14/4/2010).
Kemungkinan PSSI akan mengalihkan bidikannya kepada mantan pemain timnas Belanda, Ruud Krool. Ia merupakan pelatih yang direkomendasikan oleh Federasi Sepakbola Belanda (KNVB) kepada PSSI. Negosiasi hingga pekan ini masih berlangsung.
"Krool itu sepertinya lebih murah. Pokoknya Mei harus sudah ada pelatih. Enam bulan sebelum Piala AFF, timnas harus sudah memiliki pelatih," lanjut Nugraha.
Share:

Riedl Pelatih Indonesia

 
 PSSI akhirnya benar-benar menunjuk Alfred Riedl sebagai pelatih Timnas Indonesia senior dan Timnas U-23.

Pelatih asal Austria yang pernah menangani Timnas Palestina dan Vietnam itu akan mulai bekerja minggu ini. Hal itu diungkapkan situs konfederasi sepak bola Asia (AFC).

"Riedl akan datang ke Jakarta pekan ini juga," kata Badan Timnas, Imam Arief.

Riedl dikenal punya sentuhan maut dalam menangani tim-tim kecil. Dia pernah membawa Vietnam melaju ke perempat final Piala Asia 2007.
Share:

Setelah Baresi, Giliran Ian Rush ke Jakarta

 
Setelah kedatangan Franco Baresi ke Jakarta, bintang legendaris Liverpool era 1980-an, Ian Rush, akan mengunjungi tanah air. Pria asal Wales itu akan hadir di Jakarta dari tanggal 14-17 Mei atas undangan British Chamber dan Permata Bank.Di Jakarta, Rush mempunyai sejumlah agenda antara lain melakukan coaching clinic dengan 1.500 anak SMP dari 112 sekolah. Latihan singkat ini rencananya bakal digelar di di Stadion Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta. Selain itu, mantan striker tersebut juga akan bertemu langsung dengan penggemar fanatik Liverpool di Indonesia (BIGREDS Indonesia).
"Kami senang bisa membawa Ian Rush, legenda sepak bola dunia ke Jakarta. Ini akan menjadi pengalaman yang menarik dan tidak terlupakan bagi anak-anak yang mengikuti klinik sepak bola," kata David Fletcher, Direktur Utama Permata Bank.
Kehadiran Rush ke Indonesia tentunya banyak ditunggu oleh para pencinta sepak bola tanah air. Interaksinya dengan banyak pihak selama berkunjung nanti, terutama dengan anak-anak, diharapkan dapat membuat mereka memiliki impian untuk dapat menjadi pesepak bola dunia.
Share:

Bobotoh Korban Kecelakaan Diberi Santunan

PT Persib Bandung Bermartabat memberi santunan bagi bobotoh korban kecelakaan terjatuh dari KA Serayu ketika akan menonton pertandingan Persib melawan Persipura, Minggu (1/5/2010) lalu. Sedangkan jumlah korban meninggal akhirnya menjadi tiga bobotoh.

Secara khusus PT Persib Bandung Bermartabat dipimpin langsung Dirutnya, H Umuh Muhtar menjenguk dua orang bobotoh yang terluka dan dirawat di RS Hasan Sadikin Bandung.

"Saya sangat prihatin. Untuk selanjutnya diharapkan bobotoh lebih berhati-hati. Jangan memaksakan diri bila tidak nyaman di perjalanan. Mudah-mudahan tidak terjadi lagi peristiwa seperti ini. Mohon maaf atas keterlambatan penanganan dari manajemen," kata Umuh.

Pihaknya akan memberikan santunan sebesar Rp2,5 juta untuk masing-masing keluarga korban meninggal. Untuk korban luka-luka, manajemen Persib sepenuhnya akan membayar biaya perawatan di rumah sakit. 

"Selama dirawat di RSHS, biaya akan ditanggung sepenuhnya oleh manajemen. Mungkin yang dirawat di Santosa (Santosa Bandung International Hospital) akan dibantu juga," kata Manajer tim Persib Bandung ini.

Di RSHS, Umuh menengok dua orang bobotoh, yakni Dani Andrian (16) dan Gito Rianto (20). Dani termasuk pendukung Persib asal Kabupaten Purwakarta yang jatuh dari atas gerbong kereta api (KA) Serayu jurusan Karawang-Bandung.

Sedangkan Gito merupakan bobotoh asal Subang yang mengalami kecelakaan motor di daerah Banjaran, saat hendak pulang ke rumah kakaknya di daerah Banjaran setelah menyaksikan pertandingan Persib di Stadion Siliwangi. 

Hingga saat ini, korban meninggal akibat terjatuh dari KA Serayu menjadi tiga orang, setelah sebelumnya Naum asal Karawang dan Martha asal Cikampek meninggal di tempat kejadian, Minggu (2/5).

Sedangkan Mika meninggal Senin (3/5) malam, pada pukul 23.00 WIB, di RS Thamrin Purwakarta setelah sebelumnya dirawat di RS Santosa, Bandung. (ANT)
Share:
Powered by Blogger.

Blog Archive