Manfaat / Peranan Ilmu Biologi Dalam Bidang Pertanian



  • Peranan Biologi dalam Bidang Pertanian - Biologi adalah ilmu hayat yang mempelajari tentang aspek fisik kehidupan. Ilmu biologi sendiri didukung oleh cabang yang mengkhususkan diri pada steiap kelompok organisme, seperti botani yang mempelajari tetnang tumbuhan, zoologi tentang ilmu hewan, dan mikrobiologi yang mempelajari tentang jasad renik.

    Ilmu biologi sendiri merupakan ilmu pengetahun yang sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia. Salah satu peranan biologi yang bermanfaat terhadap manusia, yaitu khususnya pada bidang pertanian.

    Salah satu cabang ilmu biologi yang disebut dengan Bioteknologi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang penggunaan penerapan proses biologi secara terpadu yang meliputi prosesbiokimia, mikrobiologi, rekayasa kimia untuk peningkatan bahan pangan dan bertujuan untuk kesejahteraan kehidupan manusia dalam segi bidang pangan.

    Dalam Bioteknologi sendiri masih ada lagi beberapa cabang-cabang ilmu turunannya, turunan ilmu bioteknologi yang terkhusus mengaplikasikan pada bidang pertanian disebut sebagai Bioteknologi hijau.

    Peranan Biologi dalam Bidang Pertanian

    Khusus untuk ilmu bioteknologi hijau yang juga merupakan ilmu biologi, memiliki beberapa manfaat atau pernanan yang sangat penting dalam bidang pertanian. Adapun peranan ilmu ini untuk bidang pertanian, diantaranya adalah sebagai berikut:
    • Berperan dalam menghasilkan tanaman tahan hama
    • Berperan dalam penemuan obat-obatan pertanian
    • Berperan dalam penemuan bibit unggul yang dapat meningkatkan produksi pertanian
    • Berperan dalam menemukan cara pemberantasan hama pertanian secara biologis
    Demikianlah beberapa peranan ilmu biologi dalam bidang pertanian. Semoga ulasan ini kiranya bermanfaat bagi teman-teman yang sudah menyempatkan waktu untuk membacanya...


    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
     
    DAPATKAN ARTIKEL TERBARU DI FACEBOOK.GABUNG DI KOMUNITAS KITA (BLOGNYA SI JAIT) LAPAK INFO
    FOLLOW JUGA : @LAPAK_INFO