Negara ini dulu punya tentara terkuat di dunia,tapi sekarang sudah punah

[​IMG]
Militer sejak lama menjadi faktor penting sebuah negara bisa menjadi besar atau jadi pecundang. Kekuatan ini bisa memiliki banyak efek. Membuat negara lain ngeri dan menyerah sebelum perang, atau hancur ketika mencoba untuk melawan.

Dalam hubungan internasional yang menggunakan sistem anarkis, kekuatan militer merupakan bentuk akhir dari mata uang. Sebuah negara bisa memiliki semua budaya, seni, filsafat, dan glitter dan kemuliaan di dunia, tapi itu semua akan sia-sia jika negara tidak memiliki militer yang kuat untuk mempertahankan diri. Mao Zedong secara terbuka mengatakan “Kekuatan tumbuh dari laras pistol”

Dari semua jenis kekuatan militer, tentara atau angkatan darat bisa dibilang yang paling penting dengan fakta sederhana bahwa orang-orang hidup di darat, dan cenderung terus melakukannya di masa depan. Ilmuwan politik terkenal John J. Mearsheimer telah mencatat: “Tentara, bersama dengan angkatan udara dan angkatan laut yang mendukung mereka adalah bentuk penting dari kekuatan militer di dunia modern.”

Bahkan, menurut Mearsheimer, Perang Pasifik melawan Jepang “adalah perang besar- dalam sejarah modern di mana bukan kekuatan darat saja yang menentukan hasilnya di mana instrumen kekuatan udara atau laut juga menjadi bagian penting dalam memainkan peran.” Namun demikian, Mearsheimer mempertahankan,” kekuatan darat [masih] memainkan peran penting dalam mengalahkan Jepang. ”

Dengan demikian, angkatan darat atau tentara adalah faktor paling penting dalam menilai kekuatan sebuah bangsa.

Tetapi fakta sejarah tidak bisa dipungkiri, mereka yang memiliki kekuatan angkatan darat terkuat di dunia pada eranya, justru berakhir dengan kepunahan. Siapa saja? Inilah mereka.

Tentara Romawi

Tentara Romawi terkenal mampu menaklukkan dunia Barat selama beberapa ratus tahun. Kelebihan Angkatan Darat Romawi adalah keuletan dan kemampuannya untuk bangkit kembali dan berjuang lagi dan lagi bahkan ketika menghadapi kekalahan total.

Selama Perang Punisia meskipun kekurangan dalam pengetahuan dan sumber daya, mereka mampu mengalahkan Carthaginians dengan menunggu mereka keluar dan kemudian menyerang dengan menggunakan taktik kejutan.

Tentara Romawi memberi tentaranya banyak janji untuk memperjuangkan tentara dengan semangat dan tekad. Untuk tentara miskin, kemenangan dalam perang berarti mendapat hibah tanah.

Untuk pemilik tanah, itu berarti melindungi apa yang mereka miliki dan juga mendapatkan kekayaan tambahan. Untuk negara Romawi secara keseluruhan, kemenangan berarti mengamankan keamanan Roma.

Semua hadiah ini mendorong tentara Romawi untuk berjuang lebih keras, dan semangat adalah bahan yang sangat penting dalam kinerja tentara. The Roman Army juga sering dipimpin oleh jenderal brilian yang mampu mengatur dan memimpin serangan.

Akibatnya, dalam rentang sekitar tiga ratus tahun, Roma memperluas kekuatan Italia hingga seluruh Laut Mediterania dan tanah di sekitarnya.

Divisi Legion Romawi Angkatan Darat Romawi yang berisi tentara profesional yang bertugas selama 25 tahun- terlatih dan dan memiliki senjata baik ditempatkan di lokasi strategis di kekaisaran, baik memegang kekaisaran bersama dan musuh-musuhnya di teluk. Tentara Romawi, meskipun kemudian mengalami kemunduran belum ada yang mampu menyaingi kekuatannya dan akhirnya hilang dari peta dunia.

Tentara Mongol

Mongol, yang memiliki sekitar satu juta pria mulai misi penaklukan mereka pada tahun 1206 dan berhasil menaklukkan dan menundukkan sebagian Eurasia dalam seratus tahun, mengalahkan tentara dan negara-negara yang memiliki puluhan atau bahkan ratusan kali jumlah tentara dibandingkan Mongol.

Mongol menjadi kekuatan tak terbendung yang muncul entah dari mana untuk mendominasi Timur Tengah, China, dan Rusia.

Keberhasilan Mongol merupakan ramuan banyak strategi dan taktik yang digunakan oleh Genghis Khan, yang mendirikan Kekaisaran Mongol. Yang paling penting adalah mobilitas Mongol dan daya tahan mereka.

Untuk mulai cara Mongol hidup nomaden memungkinkan mereka tentara besar untuk bergerak melintasi jarak menakjubkan.

Mobilitas tinggi Mongol sangat tergantung pada kuda. Mereka juga sangat disiplin memungkinkan Mongol untuk memanfaatkan taktik yang inovatif termasuk menyerang cepat.

Mongol juga sangat bergantung pada teknik teror, dengan sengaja menimbulkan kerusakan besar pada musuh yang mereka kalahkan untuk memecahkan moral lawan selanjutnya. Mongol kini tinggal sejarah.

Tentara Ottoman
[​IMG] ​
Tentara Ottoman menaklukkan sebagian besar Timur Tengah, Balkan, dan Afrika Utara di masa jayanya. Mereka menaklukkan salah satu kota yang paling sulit ditembus di dunia yakni Konstantinopel pada 1453.

Selama 500 tahun, kota ini berhasil berhasil menahan sendiri terhadap semua serangan akhirnya takluk di tangan tentara Ottoman.

Bagiamana mereka melakukannya? Tentara Ottoman mulai memanfaatkan meriam dan senapan sebelum musuh memiliki senjata ini dan masih menggunakan senjata abad pertengahan.

Hal ini memberikan keuntungan yang menentukan. Meriam menghantam Konstantinopel dan mengalahkan Persia dan Mamluk Mesir.

Salah satu keuntungan utama dari Ottoman adalah unit infanteri elite disebut Yenicheri. Yenicheri dilatih dari pemuda untuk menjadi tentara dan sangat setia serta efektif di medan perang. Tak ada yang tersisa dari Ottoman kecuali sejarah kebesarannya.

Tentara Nazi Jerman
[​IMG] ​
Setelah kemandekan berkepanjangan Perang Dunia I, Nazi Jerman Army-the Wehrmacht- mengejutkan Eropa dan dunia dengan menduduki sebagian besar Eropa Tengah dan Barat dalam hitungan bulan. Pada satu titik, pasukan Nazi Jerman bahkan siap untuk menaklukkan Uni Soviet.

Tentara Jerman itu mampu mencapai prestasi sangat besar melalui penggunaan konsep inovatif Blitzkrieg, yang, memanfaatkan teknologi baru dalam persenjataan dan komunikasi, gabungan kecepatan, kejutan dan konsentrasi pasukan untuk efisiensi mengerikan.

Secara khusus, unit infanteri lapis baja dan mekanik dibantu oleh dukungan udara jarak dekat mampu memberi pukulan di dalam garis musuh dan mengepung kekuatan lawan.

Dalam bait pembukaan Perang Dunia II, pasukan lawan sering terkejut dan kewalahan karena serangan mendadak ini.Taktik serangan Blitzkrieg memerlukan sangat pasukan terlatih yang mampu. Jerman memang masih ada, tetapi Nazi telah hancur.

Tentara Soviet
[​IMG] 

Tentara Soviet (yang dikenal sebagai Tentara Merah sebelum 1946), memiliki keunggulan dibandingkan angkatan darat negara lain dan bertanggung jawab untuk mengubah gelombang Perang Dunia II.

Pertempuran Stalingrad, yang berakhir dengan penyerahan seluruh pasukan Jerman, diakui secara umum sebagai titik balik penting dari perang Dunia II di Eropa.

Kemenangan Uni Soviet dalam perang, dan kemampuannya untuk mengancam seluruh Eropa selama empat dekade berikutnya setelah pertempuran berhenti, tidak ada kaitannya dengan teknologi tinggi atau pemimpin yang hebat.

Sebaliknya, Tentara Soviet menjadi raksasa militer berkat ukuran yang sangat besar, diukur dari daratan, penduduk dan sumber daya industri. Seperti Richard Evans, sejarawan terkemuka dari Nazi Jerman, menjelaskan: “Menurut perkiraan Uni Soviet sendiri, kerugian Tentara Merah dalam perang mencapai lebih dari 11 juta tentara, lebih dari 100.000 pesawat, lebih dari 300.000 artileri, dan hampir 100.000 tank dan self-propelled. Otoritas lainnya telah menempatkan kerugian personel militer jauh lebih tinggi, setinggi memang seperti 26 juta. ”

Memang ada militer jenius, terutama ketika Stalin memilih beberapa komandan yang sangat mampu, dan teknologi yang menjanjikan, terutama T-34 tank. Namun, ini bukan satu faktor penentu dalam keberhasilan utama Uni Soviet.

Dengan pengecualian senjata nuklir, tentara Soviet dari Perang Dingin relatif tidak banyak berbeda dengan lawannya. Sementara NATO memegang banyak keunggulan teknologi selama perjuangan empat dekade, Uni Soviet menikmati keuntungan jumlah besar dalam banyak kategori, terutama tenaga kerja.

Akibatnya, dalam hal konflik di Eropa, Amerika Serikat dan NATO berencana untuk beralih ke senjata nuklir. Dan kisah Soviet berakhir dengan runtuhnya negara tersebut.

No comments

PILIH PLATFORM KOMENTAR DENGAN MENG-KLIK BLOGGER,DISQUS ATAU FACEBOOK

Powered by Blogger.