Hal menjijikkan yang ada dalam dispenser

Dispenser hampir ada di setiap rumah, bahkan di kantor-kantor pun benda ini selalu tersedia lengkap dengan galonnya. Dengan alasan kepraktisan dalam penggunannya, tak sedikit ibu-ibu rumah tangga lebih memilih air kemasan galon dan mulai meninggalkan tradisi memasak air dan memasukannya ke dalam teko atau wadah air lainnya.

Namun, kita sering lupa dispenser yang kita gunakan bertahun-tahun itu membutuhkan perawatan bagian luar dan bagian dalamnya. Biasanya walau berulang-ulang mengganti galon air, kita sangat jarang membersihkan bagian dalam dispenser terutama pada bagian tabung pemanas.

Kita mengabaikan fakta bahwa setiap pergantian galon selalu ada air yang tersisa di bagian dalam tabung dispenser, walau akan kembali tercampur dengan air baru namun dalam jangka waktu yang lama kita tidak tahu apa yang terjadi dan apa yang terbentuk di dalam. 

Seperti yang dialami seorang netizen yang merasa kaget ketika membersihkan bagian dalam dispensernya, ketika membersihkan bagian tabung pemanas yang keluar adalah gumpalan-gumpalan putih seperti bubur kertas. Padahal air galon yang ia gunakan selama ini adalah air mineral dengan merek yang sangat terkenal.


Tidak diketahui apa sebenarnya gumpalan-gumpalan putih tersebut, apakah endapan tersebut terbentuk dari zat yang terkandung dalam air seperti floride dan lain sebagainya, jamur, atau memang kotoran debu yang tidak tersaring sempurna pada proses produksi air tersebut. Bayangkan bahaya kesehatan akibat air minum yang kita konsumsi tiap hari selalu bercampur dengan gumpalan kotoran seperti itu. Bayangkan berapa banyak bakteri yang bersarang di sana.

Dari segi kualitas, air mineral dengan merek terkenal memang belum tentu baik bagi kesehatan. Air mineral dengan merek terkenalpun bisa meninggalkan bekas yang terakumulasi seperti itu, apalagi jika air yang digunakan adalah air isi ulang sembarang yang dari segi kecanggihan proses filtrasi dan kandungan zatnya masih diragukan. 

Dari aspek mikrobiologinya, air yang sehat tidak mengandung mikroba penyebab penyakit (patogen). Misalnya, bakteri E. coli yang bisa menyebabkan diare dan Salmonela typhi yang menyebabkan tipus bila air yang kita minum tercemar oleh kedua bakteri tersebut.

Selain harus selektif dalam memilih air kemasan galon, yang terpenting adalah sering-seringlah membersihkan bagian dalam dispenser anda terutama bagian tabung pemanas. Sterilkan bagian dalam dispenser secara teratur, karana selain menjamin dispenser dapat bekerja secara normal juga dapat mengurangi penyebaran bakteri dalam air.

Pertanyaan bagi anda pengguna dispenser, pernahkah anda membersihkan bagian dalam dispenser di rumah anda? seberapa seringkah anda membersihkan dan menguras bagian dalamnya? Tiap 2 minggu? tiap bulan? tiap tahun? atau sejak anda beli belum pernah mengurasnya sama sekali? Ayo bersihkan sekarang juga! [*]
Powered by Blogger.