Pengertian HDMI (High-Definition Multimedia Interface)



  • Membanjirnya smartphone dan tablet canggih di pasaran membuat fitur HDMI menjadi lebih populer. Banyak dari perangkat tersebut yang sudah menyediakan koneksi HDMI. Tapi sebenarnya apa dan bagaimana sosok HDMI ? Sejatinya, HDMI (High-Definition Multimedia Interface) adalah teknologi industri dan merupakan standar yang menghubungkan peralatan high-definition (HD) dari TVHD seperti LCD dan LED TV atau komputer pribadi ke kamera, camcorder, tablet, Blu-ray player, konsol game dan smartphone. Dan hampir semua perangkat lain yang mampu mengirim atau menerima sinyal HD.

    Para Pendiri HDMI termasuk produsen elektronik terkemuka macam Hitachi, Panasonic Corporation,Philips, Sony,Technicolor,Toshiba, dan Silicon Image. Spesifikasi HDMI telah dilisensi oleh lebih dari 1.200 perusahaan dan merupakan fitur standar pada banyak produk elektronik.
    Teknologi HDMI mampu memberikan tampilan sejernih kristal, baik digital audio dan video melalui kabel tunggal. Teknologi HDMI secara dramatis mampu menyederhanakan fungsi kabel dan membantu menyediakan konsumen pengalaman HD berkualitas tinggi. HDMI mampu mentransmisikan semua standar HDTV ATSC dan mendukung 8 channel, 192 kHz, digital audio terkompresi dan semua format kompresi yang tersedia.
    Lalu apa sebenarnya kelebihan HDMI atas antarmuka video analog seperti komposit, S-Video dan video komponen?
    Secara kualitas karena HDMI adalah digital interface, ia menyediakan kualitas terbaik dari video karena tidak ada lossy analog untuk konversi digital seperti yang diperlukan untuk semua koneksi analog (seperti komponen atau S-video). Perbedaannya terlihat pada resolusi yang lebih tinggi seperti 1080p. Video digital akan tampil lebih tajam dan jernih serta meminimalkan cahaya berlebih dibanding sistem analog.
    Untuk kemudahan penggunaan, HDMI menggabungkan audio video-dan multi-channel ke dalam kabel tunggal,. menghilangkan kompleksitas dari beberapa kabel seperti yang digunakan pada A/V sistem.
    HDMI juga mendukung komunikasi dua arah antara sumber video (seperti pemutar DVD) dan DTV, memungkinkan fungsi baru seperti konfigurasi otomatis dan one touch play. Dengan menggunakan HDMI, perangkat secara otomatis memberikan format yang paling efektif (misalnya 480p vs 720p, 16:9 vs 4:3).

    HDMI juga mendukung HDCP yang memiliki akses ke konten HD premium. Dan HDMI juga merupakan perangkat yang mendukung HD Content-Ready.
    Berikut ini beberapa versi dari HDMI :
    HDMI 1.1:
    - Dukungan untuk Audio DVD.
    HDMI 1.2:
    Secara khusus, fitur dan modifikasi untuk HDMI 1.2 meliputi: Dukungan untuk format One Bit Audio, seperti Super Audio CD DS
    HDMI 1.3:
    Higher Speed: HDMI 1.3 meningkatkan single bandwith mencapai 340 MHz (10,2 Gbps) untuk mendukung perangkat HD masa depan, seperti resolusi • yang lebih tinggi, kedalaman warna dan frame rate tinggi.
    - Deep Color: HDMI 1.3 mendukung kedalaman warna 10-bit, 12-bit dan 16-bit (RGB atau YCbCr), naik dari 8 bit yang didukung versi sebelumnya.
    New Mini konektor: Dengan perangkat portable kecil seperti camcorder HD dan kamera masih menuntut konektivitas tanpa batas ke HDTV, HDMI 1.3 menawarkan bentuk baru yang lebih kecil.
    New HD lossless format audio: Selain kemampuan HDMI untuk mendukung digital audio terkompresi dan format seperti Dolby® Digital dan DTS®, HDMI 1.3 menambahkan dukungan tambahan untuk kompresi format audio digital Dolby TrueHD dan DTS-HD Master Audio™.


    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
     
    DAPATKAN ARTIKEL TERBARU DI FACEBOOK.GABUNG DI KOMUNITAS KITA (BLOGNYA SI JAIT) LAPAK INFO
    FOLLOW JUGA : @LAPAK_INFO