Cara memilih tempat latihan fitnes


Saat menghampiri tempat FITNES, PERHATIKAN SARANA yang ada. Ini akan membantu Anda memutuskan apakah akan mendaftarkan diri di tempat tersebut atau mencari tempat lain. Tapi sebelumnya, simak dulu berbagai hal yang layak kita pertimbangkan.

1. TENTUKAN TUJUAN FITNES

Coba ingat-ingat, kapan terakhir kali Anda berolah raga. Lalu, perhatikan tingkat kebugaran Anda. Orang yang baru mulai berolahraga memiliki kebutuhan yang berbeda dari orang yang sudah berolahraga secara rutin selama bertahun tahun. Berkonsultasilah terlebih dahulu kepada dokter Anda sebelum memulai kegiatan olahraga. Caritahu gerakan apa saja yang boleh dan tidak boleh Anda lakukan, sesuai anjuran dckter.
Selanjutnya, tentukan tujuan fitnes. Untuk mengurangi berat badan, menambah berat badan, mengencangkan otot, meningkatkan daya tahan tubuh atau menjaga kebugaran? Tempat fitnes yang ada sekarang memiliki ciri masing-masing. Adayang lebih berfokus pada group class, ada yang mengkhususkan diri pada aktivitas binaraga, dan ada juga tempat fitnes yang ditujukan untuk menjaga kebugaran keluarga. Yang terakhir ini biasanya dilengkapi dengan fasilitas lapangan tenis dan kolam renang untuk keluarga.

2. DILENGKAPI ALATYANG BERVARIASI

Tempat fitnes yang baik dilengkapi dengan gabungan alat kardio, alat beban free weight, alat latihan ketahanan, dan berbagai macam aksesori. Namun, kelengkapan masing-masing jenis alat itu tentu berbeda. Mana yang akan dipilih, bergantung pada tujuan fitnes Anda. Misal, kalau tujuannya meningkatkan kebugaran dan kesehatan kardiovaskular, maka Anda membutuhkan tempat fitnes yang memiliki variasi alat treadmill, elliptical trainer, stepper, dan spinning bike.
Bila tujuan fitnes Anda adalah menambah massa otot atau meningkatkan koordinasi tubuh, carilah tempat fitnes yang memiliki banyak variasi alat ketahanan atau alat free weight untuk latihan beban. Variasi alat yang banyak dapat membantu Anda tetap bersemangat selama menjalani latihan dan tidak mudah bosan.

3. MEMILIKI PERSONAL TRAINER YANG BERSERTIFIKASI

Salah satu faktor penting keberadaan tempat fitnes adalah memiliki personal trainer (PT) bersertifikasi yang dapat menjawab pertanyaan seputar olahraga. Sebagian orang merasa perlu ditangani oleh seorang PT agar kuali-tas latihannya lebih terjaga. Tempat fitnes yang baik tentu menyediakan PT profesional yang dapat menyusun program latihan yang baik untuk ang-gotanya. Lantas, PT seperti apa yang kita butuhkan?
Kita bisa mengetahui kualitas seorang PT dari sertifikasi yang ia miliki. Banyak tempat fitnes menyelenggarakan pelatihan internal untuk para instrukturnya. Sertifikasi yang diakui misalnya yang berasal dari ACE (the American Council on Exer-cise), NASM (the National Academy of Sports Medicine), ACSM (the American College of Sports Medicine), IFPA (International Fitness Professionals Association), dan sertifikasi lokal seperti yang dikeluarkkan Rai Institute.

4. MEMILIKI ALAT FITNES YANG BERKUALITAS

Kenyataannya, tidak semua alat fitnes yang tersedia di tempat fitnes cocok bagi postur tubuh kita. Sebagian besar alat fitnes yang ada di sini berasal dari Amerika dan Eropa, arti-nya sesuai untuk postur tubuh orang yang berasal dari dua benua tersebut. Ini bisa dilihat dari contoh alat yang ukurannya terlalu besar, sehingga menyulitkan kita ketika menggunakannya. Bila pemakaian alat dirasa tak nyaman, hasil latihan pun bisa dipastikan jauh dari maksimal. Karenanya, carilah tempat fitnes yang alat-alatnya sudah disesuaikan dengan kebutuhan orang Asia. Untuk mengetahuinya, kita memang harus mencobanya terlebih dahulu.

5. MEMILIKI GROUP CLASS YANG BERVARIASI

Mengikuti group class bisa menambah variasi latihan untuk berbagai tingkat kebugaran. Beberapa yang umum adalah kelas aerobik, RPM (rapidpower in motion), dan yoga. Pastikan tempat fitnes yang kita tuju memiliki instruktur group class yangbersertifikasi, misalnya dari lembaga internasional seperti Les Mills International yang terkenal dengan program inovative group class-nya. Dengan mengikuti berbagai program group class yang sesuai dengan kebutuhan, kita akan merasakan berbagai macam keuntungan. Misalnya, meningkatkan kekuatan, ketahanan, fleksibilitas, keseimbangan, daya tahan kardiovaskular, dan masih banyaklainnya.

6. MANFAATKAN FASILITAS FREE TRIAL

Sebelum memutuskan untuk menjadi anggota di satu tempat fitnes, ada baiknya Anda mencoba memanfaatkan fasilitas free trial. Rata-rata tempat fitnes sekarang memberikan free trial selama satu minggu. Ini akan sangat membantu Anda dalam memilih tempat fitnes. Selama waktu itu, perhatikan akses lokasinya, kebersihan alat dan ruang gantinya, keramahan stafnya, dan kenyamanan berlatih di sana.
Cobalah berlatih pada jam yang padat untuk mengetahui seberapa lama Anda perlu mengantre dan seberapa banyak anggota yang ada. Jika terlalu ramai dan membuat Anda tidak nyaman, bisa jadi itu bukantempat yang cocok. Nah, selamat mencari!
Powered by Blogger.