Spesifikasi dan harga Yamaha New V-ixion 2013

Kali ini Yamaha menelurkan New V-ixion, dengan Harga sebesar Rp 22,4 juta (versi tanpa engkol) dan Rp 22,6 juta untuk versi yang sudah berengko, apa saja spesifikasi? Simak review terbaru dari blogbintang berikut ini….

PT Yamaha Indonesia Motor Manfacturing (YIMM) menjelaskan bahwa motor sport andalan mereka itu mengalami perombakan total terutama dalam performa. Jadi jika banyak orang  menganggap bahwa Yamaha New V-ixion cuman ganti baju doank dan tidak mengalami perubahan siginifikan pada performa adalah salah.
Yamaha New V-ixion
Bila kita lihat, Desainnya lebih banyak sudut, sehinnga memberi kesan unsur aerodinamis. Pada Tangkinya menjadi lebih atraktif, dikombinasikan dengan panel kunci (karena umumnya panel kunci jadi satu dengan panel meter). Ban belakang menjadi lebih lebar, lengan ayun bentuk persegi, serta dipersenjatai rem cakram. Itulah sedikit spesifikasi pada bagian desainnya
Saat pengemudi duduk di atasnya akan merasalebih nyaman, jika dibandingkan versi yang sudah ada sebelumnya, untuk posisi setang sedikit lebih ditekuk ke dalam, membuat posisi mengendara tidak terlalu membungkuk banget. Saat memutar kunci, sapaan ”Hi Bro” tertulis pada panel, dan komputer mulai mengecek sistem untuk persiapan. Mesin dinyalakan, dipanaskan beberapa saat, dan go! Kita lihat apa yang bisa diberikan motor dengan harga mulai 22,4 juta ini.
Mesin yang digantungkan di frame deltabox khas V-ixion berkapasitas 149,8cc SOHC empat katup, dengan sistem pengabutan bahan bakar injeksi. Mesin ini sanggup melempar tenaga 16,5 PS pada 8.500 rpm dan torsi 14,5 Nm pada 7.500 rpm. Teknologi injeksi (FI) Yamaha diklaim lebih cerdas dengan beberapa perubahan yang membuat efisiensi bahan bakar semakin irit dan tenaga yang lebih baik.Fitur unggulan adalah desian panel mater yang futuristik, sanggup memberi informasi akurat. Ban belakang lebih lebar, dengan titik berat motor lebih ke depan, membuatnya lebih stabil melibas tikungan.
Responsif
Saat tes akselerasi dimulai. Tenaga mesin SOHC 150cc New V-ixion terasa sangat responsif sikali. Sebenarnya nggak terlalu galak, namun di tarikan awal bisa kita rasakan tenaganya. Torsi puncak tercapai pada putaran mesin 7.500-8000 rpm.
Kecepatan maksimal dari motor sport andalan Yamaha ini berhasil diraih mencapai 120-an km perjam, walau sebenarnya masih ada sisa tenaga untuk kembali digeber. Sayang waktu uji coba jalanan kembali padat. Kemampuan pada pengereman juga meningkat, hal ini karena penambahan cakram di ban belakang (pada versi sebelumnya hanya ban depan saja).
Uji kemampuan pada mesin terus berlangsung saat  jalanan naik-turun. Yamaha sedikit mengubah rasio gir, sehingga membuat nafasnya sedikit lebih panjang.
Dan jika dipakai menanjak tidak loyo, tenaganya selalu terisi pada tiap gigi.

Lincah
Dalam kondisi macet, kelincahan New V-ixion mulai dapat dirasakan dengan bagaimana mudahnya pengendalian. Bodi yang lebih ramping menjadikan yang mengemudi semakin pede. Dikutip dariProject Leader Development Yamaha Motor Ltd, Sakio Muroo, memang terdapat  perubahan mendasar yang tak tampak, namun memberikan hasil handling lebih baik.
Pertama adalah rake (sudut kemudi) diperkecil, kemudian menambah panjang lengan ayun 1,3 cm. Pada perubahan ini traksi roda belakang bisa  lebih bagus dan membantu saat kendali pada sepeda motor.
Perubahan kedua,  yaitu titik berat  digeser ke depan lebih 1,7 persen. Lalu diikuti ukuran ban belakang yang juga lebih besar. Sehingga otomatis memberikan, kestabilan,  dirasakan saat menikung pada kecepatan tinggi. Ketika akan melebar, dengan mudah bisa dikoreksi.
Nyaman dan Tidak Capek
Melakukan perjalanan lebih dari 140 km dalam kurun waktu kurang lebih tiga jam pastinya menguras stamina yang cukup. Namun bagusnya New V-ixion tidak membuat capek punggung pengemudi.
Memang posisi mengendarai sedikit bungkuk, namun perpaduan yang cocok antara setang, posisi kaki dan posisi duduk membuat berkendara menjadi nyaman.
Semuanya karena disuport oleh suspensi teleskopik di depan dan monosok di belakang Yamaha New V-ixion yang memainkan peranan dengan lembut. Apalagi diperlengkapi jok empuk dengan posisi paha yang tepat menempel pada tangki menambah kenyamanan saat berkendara jauh.
Kesimpulan
Yamaha New V-ixion, memang memiliki tampilan  yang semakin berkarakter dan futuristik, namun juga menawarkan performa yang  meningkat. Apalagi YIMM memberitahu bahwa sistem injeksi dan komputerisasi sudah terjadi perbaikan dengan menambahkan fitur  sensor oksigen dan kecepatan untuk membantu kinerja injektor.
Berat juga dikurangi, termasuk pemikiran tidak biasa dengan memindah kunci kontak ke tangki untuk menambah entengnya handling pada setir. Kabel speedometer juga dihilangkan,  dan sudah tidak ada lagi kabel menjuntai dari setang ke roda, sedagkan untuk mengukur kecepatan dihubungkan dengan transmisi.
Semua perubahan yang terjadi pada Yamaha New V-ixion 2012  menjadikan  pilihan sepeda motor segmen sport. Harga Rp 22,4 juta (versi tanpa engkol) dan Rp 22,6 juta untuk versi yang sudah berengkol cukup menarik jika dibandingkan dengan peformanya.
Powered by Blogger.