Mengapa Amerika Pilih Kode Odyssey Dawn?

Amerika Serikat (AS) menyebut operasi militer di Libya sebagai Operation Odyssey Dawn. Apa alasan di balik nama tersebut?

Headline

Nama yang diberikan untuk aksi militer udara gabungan itu mungkin terdengar seperti nama video game. Namun, Jubir US Africa Command (AFRICOM) Eric Elliott menyatakan, tak ada makna khusus ataupun mengindikasikan misi tertentu AS di Libya.

Ia memberi contoh nama operasi Desert Storm atau Iraqi Freedom untuk agresi AS ke Irak, yang memang memiliki makna. Nama itu memang sengaja dipilih oleh Gedung Putih dan pejabat senior Kementerian Pertahanan. Kemudian ada Operation African Lion, untuk latihan militer di Maroko pada 2009, yang merupukan simbol dari lokasi.

“Odyssey Dawn tak seperti keduanya,” kata Elliott. Pentagon mengizinkan komandan militer untuk memberikan nama sebutan yang terdiri dari dua kata untuk latihan militer atau operasi, menggunakan instruksi yang telah ditentukan kebijakan penamaan dari kementerian tersebut. Istruksi itu memberikan komando militer sepasang kata tertentu menggunakan dua inisial.

Menurut Elliott, AFRICOM diberi akses unutk menggunakan pasangan kata yang berawalan JS hingga JZ, NS hingga NZ, dan OA hingga OS. Latihan yang baru-baru ini mereka gelar, diberi nama Judicious Response. Ada operasi lain yang berlangsung menggunakan kode NS hingga NZ, sehingga pelaksana AS untuk aksi militer ke Libya ini hanya memiliki pilihan OA hingga OS.

“Tujuannya memberi nama yang tak ada hubungannya dengan aktivitas di kawasan itu. Sehingga anda bisa berjalan di Washington selama misi dilaksanakan, tanpa mengetahui bahwa operasi tersebut mengenai Libya,” ujarnya.

Kata ‘project’, ‘exercise’ dan ‘operation’ sama sekali tak boleh digunakan dalam kode nama dari Pentagon. Tak boleh juga dua kata yang penulisannya digabung seperti ‘moonlight’. Penggunaan kata eksotis, ekspresi yang sudah lama atau ciri khas iklan juga dilarang.

Lalu bagaimana Odyssey Dawn terpilih? Beberapa pekan lalu, sekelompok letkol dan mayor bertemu untuk merencanakan tahap-tahap operasi untuk Libya. Mereka sepakat, Odyssey adalah satu-satunya kata yang bisa digunakan untuk pilihan OA-OS. “Mereka duduk dan mencari sembarang kata yang cocok dengan Odyssey,” pungkas Elliott.

No comments

PILIH PLATFORM KOMENTAR DENGAN MENG-KLIK BLOGGER,DISQUS ATAU FACEBOOK

Powered by Blogger.