Ini dia flora dan fauna berusia ribuan tahun


Pohon Zaitun
Pernah melihat Pohon Ulin di Kalimantan Timur? Yap, tumbuhan unik ini memiliki diameter 2,47 meter dan diperkirakan telah berusia lebih dari seribu tahun. Hingga kini pohon tersebut masih kokoh berdiri hingga setinggi 20 meter dan menjadi objek wisata. Tidak hanya di Indonesia, ternyata cukup banyak flora dan fauna yang sudah berusia ribuan tahun.

1. Tumbuhan pertama yang tertua di dunia ada di Kepulauan Belears, Spanyol. Namanya Pohon lamun, yang diperkirakan sudah hidup selama 100.000 tahun.

Pohon Lamun di Spanyol
Pohon Lamun di Spanyol [image source]

2. Berada di Hutan Nasional Fishlake, pohon Pando telah hidup selama 80 tahun. Namun sayang, karena faktorglobal warning flora satu ini terancam punah.

Pohon Pando
Pohon Pando [image source]

3. Spons Raksasa di Mc Murdo, Antartika? Ya, bunga karang ini diperkirakan telah berusia 15.000 tahun dan berumur panjang karena berada di iklim yang sangat dingin.

Spons Raksasa
Spons Raksasa [image source]

4. Biasanya kura-kura hanya bisa hidup selama dua puluh tahun. Namun, sangat berbeda dengan Jonathan asal Seychelles yang telah berusia lebih dari 175 tahun.


5. Pangeran Harry diam-diam memiliki peliharaan yang telah berusia 120 tahun. Ia memelihara seekor reptil jenis Tuatara yang kini tinggal di Southland Museum & Art Gallery.

Tuartara Henry
Tuatara milik Pangeran Harry [image source]

6. Pernah mendengar ada tanaman anggur yang sudah berusia 400 tahun? Coba saja berkunjung ke Maribor, Slovenia untuk melihatnya secara langsung

Tanaman Anggur
Tanaman Anggur [image source]

7. Badak Hitam di Tanzania ini kabarnya telah berusia 54 tahun. Menurut penjaga di kawasan Konservasi Ngorongoro, fauna satu ini menjadi spesies tertua di sana.

Badak Hitam
Badak Hitam [image source]

8. Skotlandia terkenal dengan keindahan alamnya. Tidak heran jika tumbuhan bisa berusia hingga ribuan tahun di sana. Contohnya saja Pohon Yew ini, sudah ada sejak 5000 tahun yang lalu lho!

Pohon Beracun
Pohon Yew [image source]

9. Seperti pohon ulin di Indonesia, pohon Baobab di Afrika Selatan ini juga sangat besar. Usianya mencapai 60 tahun, gedenya luar biasa!

Pohon di Afrika Selatan
Pohon di Afrika Selatan [image source]

10. Tanaman tertua terakhir yang diperkirakan berusia 4000 tahun ini adalah Pohon Zaitun yang terletak di desa Ano Vouves di Yunani. Wah, cukup besar ya!

Pohon Zaitun
Pohon Zaitun [image source]
Meski kalah tua dengan tumbuhan lainnya di dunia, tetap saja pohon Ulin Indonesia menjadi destinasi wisata favorit banyak orang. kamu bisa menyempatkan untuk melihat langsung sewaktu liburan ke objek wisata Samarinda

No comments

PILIH PLATFORM KOMENTAR DENGAN MENG-KLIK BLOGGER,DISQUS ATAU FACEBOOK

Powered by Blogger.