CONTOH CARA MEMBUAT CURICULUM VITAE UNTUK MELAMAR KERJA AGAR LULUS HRD

Sudah banyak contoh Curriculum Vitae (CV) yang beredar di Internet. Namun, hampir tidak ada yang benar-benar memberikan contoh konkretnya. Di dalam sebuah CV pastinya harus terkandung informasi lengkap tentang diri Anda meliputi latar belakang pendidikan, kemampuan dan pengalaman bekerja Anda. Agar bisa mendapatkan panggilan wawancara, tentunya Anda perlu menarik perhatian HRD melalui CV Anda. Berikut ini adalah tips dan contoh curriculum vitae yang bisa menjadi referensi Anda.

Contoh curriculum vitae

Perhatikan Hal-hal Berikut saat Membuat CV

Yang Harus Ada di Dalam CV Anda

Pada umumnya CV terdiri atas maksimal 2 lembar kertas yang memuat lebih banyak informasi dibandingkan resume. CV Anda haruslah tampak jelas, singkat, lengkap dan memuat informasi terbaru. Berikut ini adalah contoh informasi yang harus ada di dalam CV Anda.
  • Biodata dan nomor yang bisa dihubungi. Setiap CV dimulai dengan informasi kontak dan biodata Anda. Namun, ingatlah agar tidak berlebihan dan memuat informasi yang tidak dibutuhkan seperti nama anak Anda, dan sebagainya.
  • Pendidikan dan kualifikasi. Tulislah latar belakang pendidikan Anda dengan seksama, termasuk nama institusi tempat Anda mengenyam pendidikan, juga masa pendidikan Anda dalam urutan terbaru di mulai dari atas (S2, S1, SMA, dst).
  • Pengalaman bekerja. Saat menulis pengalaman bekerja Anda, pastikan untuk membuatnya dalam urutan kronologis. Tampilkan sejarah karir Anda dalam urutan yang dimulai dari tanggal terbaru. Jika perlu, masukkan juga penjelasan singkat mengenai tugas dan pencapaian Anda.
  • Kemampuan. Masukkan kemampuan Anda yang berhubungan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Contohnya seperti kemampuan mengoperasikan komputer, menggunakan bahasa asing, dan juga training yang pernah Anda ambil sebelumnya.

Yang Harus Anda Hindari

Saat membuat CV, Anda tak perlu memasukkan informasi mengenai gaji di pekerjaan sebelumnya, jika perusahaan tak memintanya. Gunakanlah contoh curriculum vitae di bawah ini sebagai acuan.

Contoh Curriculum Vitae yang Memukau HRD



Berikut ini adalah contoh curriculum vitae yang bisa Anda gunakan sebagai referensi. CV ini memuat biodata, latar belakang pendidikan, kemampuan dan pengalaman bekerja Anda.

Powered by Blogger.