Ini Gan,Lukisan Gajah Yang dijual 4 juta


Seniman lukis asal India, Alpana Ahuja kaget bukan kepalang ketika tahu gajah yang ia latih ternyata memiliki bakat melukis. Hebatnya lagi, lukisan-lukisan tersebut kini menghiasi galeri-galeri ibukota, New Delhi. 

Untuk mengajarkan Phoolkali, nama gajahnya, melukis, Alpana menggunakan pisang dan makanan lain untuk memikatnya dan membuat lukisan. Setelah itu, Phoolkali akan mengusap cat dengan kakinya dan menekannya ke kanvas. "Yang terpenting adalah gajah harus dalam suasana hati yang baik supaya bisa melukis," ungkapnya.



Karya lukis Phoolkali digunakan sebagai kampanye bagi perlindungan satwa langka. Di tempat konservasi gajah itu, terdapat kurang lebih 25.000 gajah lainnya. 

Lukisan Phoolkali dibaderol seharga Rp 1,7 hingga Rp 4 jutaan. Uang penjualanya akan digunakan untuk pembiayaan konservasi hewan langka. Selain itu, pameran lukisan Phoolkali juga bertepatan dengan festival perayaan kelahiran Dewa Hindu Ganesha.



"Hewan yang mewakili Dewa Hindu Ganesha ini banyak yang disalahartikan. Oleh karena itu ide ini muncul agar populasi mereka tidak berkurang dan tidak punah," ungkap perwakilan Wildlife SOS Geeta Seshamani yang bekerja sama dengan galeri pameran.
Powered by Blogger.