Kenalilah ciri-ciri cream pemutih wajah yang berbahayan dan berbahan kimia


Bagi kebanyakan wanita Indonesia, memiliki kulit wajah yang putih adalah dambaan. Berbagai carapun ditempuh, salah satunya dengan menggunakan cream pemutih wajah. Saat ini cream pemutih wajah banyak dijumpai di pasaran, kosmetik yang satu ini hadir dengan berbagai merk dan harga. 

Namun bagi para wanita mesti hati-hati dalam memilih cream pemutih wajah karena tidak semua cream pemutih yang dijual di pasaran aman untuk digunakan. Ada beberapa produk cream pemutih yang mengandung bahan kimia yang justru bisa merusak kesehatan kulit. Dari fisiknya, cream pemutih yang berbahaya tersebut dapat kita identifikasi dari fisiknya. 

Untuk mengetahui lebih jauh tentang cream wajah yang berbahaya, berikut ini ciri-ciri yang perlu diketahui

1. Tidak ada izin BPOM pada kemasannya
Jika mendapati produk krim pemutih wajah yang tidak mencantumkan nomor izin BPOM pada kemasannya berarti krim tersebut ilegal dan diragukan keamanannya. Namun jangan mudah percaya juga dengan nomor BPOM yang tertera di kemasan produk karena bisa saja hal tersebut dipalsukan oleh produsen yang nakal. Untuk mengetahui kalau nomor BPOM yang tertera asli atau tidak, anda dapat mengecek nomor tersebut di situs resmi BPOM.

2. Bau Menyengat
Cream yang mengandung mercury biasanya mempunyai bau logam yang menyengat. Untuk menutupi bau logam tersebut biasanya produsen nakal akan memberi parfum yang cukup banyak  untuk menyamarkan bau logam dari mercury. Mercury atau Hg/air raksa adalah zat yang sangat beracun dan bersifat karsinogenik

3. Krim Tidak Tercampur Rata dan Lengket
Cream pemutih wajah yang berbahaya biasanya lengket. Hal itu terjadi karena dalam proses pembuatan krim tersebut dicampur dengan bedak. Selain itu saat digunakan krim tersebut akan terasa lengket. Kadang jika didiamkan dalam waktu yang cukup lama bagian padat dengan bagian yang berminyak akan terpisah

4. Warnanya Mengkilap
Ciri lainnya yaitu bisa dilihat dari warna. Krim yang berbahaya berwarna putih mengkilap seperti mutiara atau kuning mencolok. Pewarna yang digunakan pada krim tersebut adalah pewarna yang berbahaya untuk tubuh.

5. Terasa Panas dan Perih di Kulit
Cream wajah berbahaya biasanya tidak nyaman saat dipakai. Saat digunakan dapat menimbulkan rasa perih bahkan gatal. kalau reaksi ini terjadi segera hentikan pemakaian.

6. Kulit Merah Saat Terkena Sinar Matahari
Akibat penggunaan cream wajah berbahaya, kulit akan terasa perih dan sakit saat terkena paparan sinar matahari dan terlihat memerah. Hal ini terjadi karena lapisan kulit yang melindungi kita telah rusak oleh bahan-bahan kimia yang terkandung dalam krim pemutih.

7. Hasilnya Kulit Tampak Putih Pucat
Cream wajah yang berbahaya akan memberikan efek kulit putih yang pucat bahkan sampai ke abu abuan karena terkikisnya jaringan kulit oleh bahan mercuri. Sedangkan kulit putih yang normal cerah dan tidak pucat. 

8. Hasil Cepat Terlihat
Sesuatu yang normal pasti butuh proses setahap demi setahap. Sesuatu yang didapatkan dengan cepat atau instan biasanya kurang baik, begitu pula dengan cream pemutih wajah. biasanya akan memberikan efek putih yang cepat, namun anda jangan merasa senang  dulu. Hal tersebut malah lebih berbahaya. Cream yang memberikan efek putih dalam waktu singkat dalam hitungan hari bisa dipastikan mengandung mercury ataupun hydroquinon. Wajah yang terlalu lama terkena mercury akan terkelupas bagian luar sehingga nampak putih. Kulitpun akan rusak terkikis dan menjadi sangat tipis.

9. Ketergantungan
Jika saat memakai krim wajah akan terlihat putih bersih namun setelah pemakaian dihentikan pada wajah akan muali tumbuh bintik-bintik, kemerahan bahkan berwarna hitam. Itu artinya kulit anda ketergantungan, jauhi krim yang membuat kulit anda ketergantungan karena bisa dipastikan kandungannya berbahaya.

Itulah 9 ciri-ciri krim pemutih wajah yang berbahaya. Setelah mengetahui ciri-ciri di atas, para wanita harus lebih teliti dan hati-hati dalam memilih krim pemutih wajah.
Powered by Blogger.