Beginilah proses pada tubuh setelah berjenti merokok.Mencengangkan

Seorang perokok mungkin pernah beberapa kali berjanji pada dirinya sendiri bahwa ia akan berhenti merokok. Namun, kebanyakan janji-janji tersebut terlupakan begitu saja atau terus diundur karena  masih terus menimbang-nimbang keputusan tersebut. Biasanya janji untuk berhenti merokok dibuat ketika seorang perokok mulai kehabisan napas saat berjalan menaiki tangga, ketika ekonomi keluarga terpuruk, setiap kali batuk-batuk melanda, setiap kali membandingkan kondisi fisik dengan non-perokok kemudian ia menyadari bahwa kesehatannya tidak sebaik kesehatan non-perokok.

Kapan waktu yang tepat untuk berhenti merokok? Saat ini juga adalah waktu yang tepat untuk berhenti merokok. Mengapa? Karena Dalam waktu 20 menit akan mulai merasakan manfaatnya. Penasaran berapa lama nikotin akan tetap bertahan dalam tubuh? Apa yang terjadi jika nikotin hilang dari tubuh? Berapa lama waktu yang dibutuhkan agar tubuh Anda kembali pulih dan tidak lagi berada pada risiko bahaya merokok? Berikut timeline perubahan yang terjadi ketika seseorang mulai berhenti merokok:

20 Menit setelah berhenti merokok
Efek berhenti merokok akan langsung terasa, kurang dari 20 menit setelah rokok terakhir Anda habiskan, detak jantung Anda sudah akan mulai menurun kembali ke tingkat normal.

Dua Jam setelah berhenti merokok
Denyut jantung dan tekanan darah orang yang sedang merokok relatif lebih tinggi dibanding orang yang tidak merokok. Setelah dua jam tanpa rokok, denyut jantung dan tekanan darah akan menurun mendekati normal. Ujung jari tangan dan jari kaki mungkin mulai merasa hangat. Gejala penarikan nikotin biasanya dimulai sekitar dua jam setelah rokok terakhir Anda. 

12 Jam setelah berhenti merokok
Pada tingkat tinggi, karbon monoksida yang dihasilkan dari pembakaran tembakau dan dihirup sebagai bagian dari asap rokok dapat menjadi racun bagi tubuh. Walaupun ikatan karbon monoksida sangat baik untuk sel-sel darah, tetapi jika berlebihan dapat mencegah sel-sel ini dari ikatan dengan oksigen, yang pada gilirannya menyebabkan masalah jantung yang serius. Hanya dalam 12 jam setelah berhenti merokok, karbon monoksida dalam tubuh Anda menurun ke tingkat normal, dan kadar oksigen darah Anda meningkat menjadi normal.

24 Jam setelah berhenti merokok
Potensi serangan jantung bagi perokok adalah 70 persen lebih tinggi dibandingkan non-perokok. Tapi, percaya atau tidak, hanya satu hari penuh setelah berhenti merokok, risiko Anda terkena serangan jantung akan mulai turun. Tapi ini baru permulaan, masih butuh waktu agar jantung anda benar-benar tebebas dari potensi serangan jantung yang 70%.

48 Jam setelah berhenti merokok
Perokok memiliki tingkat penciuman dan mengecap rasa pada lidah yang lebih rendah dibanding non-perokok  Setelah 48 jam tanpa rokok, ujung saraf Anda akan mulai tumbuh kembali, dan kemampuan Anda untuk mencium dan mengecap rasa kembali normal. Hanya dalam beberapa saat lagi, Anda akan merasakan hal-hal yang lebih baik dalam hidup

Tiga hari setelah berhenti merokok
Pada titik ini, nikotin akan benar-benar keluar dari tubuh Anda. Pada saat ini juga gejala penarikan diri dari nikotin pada umumnya akan memuncak. Anda mungkin mengalami beberapa gejala fisik seperti mual, sakit kepala, kram, mengantuk atau kesulitan tidur, dan nafsu makan akan meningkat. Efek emosional mental juga akan timbul seperti munculnya rasa cemas, tegang dan rasa tertekan. Untuk melawan gejala mental, hiburlah diri Anda sendiri dengan berbelanja sesuatu yang baik dengan uang yang biasa anda gunakan untuk membeli rokok.

Dua sampai tiga minggu setelah berhenti merokok
Setelah beberapa minggu, Anda dapat melakukan olahraga dan melakukan aktivitas fisik tanpa merasakan sesak nafas dan kelelahan seperti yang timbul ketika anda masih merokok. Hal ini disebabkan sejumlah proses regeneratif yang mulai terjadi dalam tubuh Anda, fungsi paru-paru Anda  meningkat secara signifikan. Setelah dua atau tiga minggu tanpa rokok, paru-paru Anda mulai pulih  dan Anda akan mulai bernapas lebih mudah.

Satu sampai sembilan bulan setelah berhenti merokok
Mulai sekitar satu bulan setelah Anda berhenti, paru-paru Anda mulai regenerasi. Di dalamnya, silia - rambut seperti organel kecil yang mendorong lendir keluar - akan mulai memperbaiki diri dan berfungsi dengan baik lagi. Dengan silia sekarang mampu melakukan pekerjaan mereka, mereka akan membantu untuk mengurangi risiko infeksi. Dengan semakin membaiknya kondisi paru-paru, batuk dan sesak nafas akan terus menurun secara dramatis.

Satu tahun setelah berhenti merokok
Setelah setahun tanpa rokok, resiko penyakit jantung diturunkan sebesar 50 persen dibandingkan ketika Anda masih merokok. 

Lima tahun setelah berhenti merokok
Ketika anda masih merokok, sejumlah zat dilepaskan dalam pembakaran tembakau termasuk diantaranya karbon monoksida. Hal ini menyebabkan pembuluh darah Anda menyempit yang meningkatkan risiko Anda mengalami stroke. Setelah 5 sampai 15 tahun bebas asap rokok, risiko Anda mengalami stroke adalah sama dengan seseorang yang tidak merokok.

10 tahun setelah berhenti merokok
Perokok memiliki risiko terserang kanker lebih tinggi daripada non-perokok. Kanker paru-paru adalah yang paling umum menyerang. Merokok menyumbang 90 persen kematian akibat kanker paru-paru di seluruh dunia. Sepuluh tahun setelah berhenti merokok, risiko kanker mulut, tenggorokan, kerongkongan, kandung kemih, ginjal, dan pankreas juga menurun. Untuk terhindar dari resiko ini membutuhkan waktu 10 tahun, tetapi jika Anda berhenti merokok sekarang juga berarti anda sudah mulai menghindar dari resiko tersebut dari sekarang.

15 Tahun setelah berhenti merokok
Lima belas tahun sejak berhenti merokok, risiko penyakit jantung kembali ke tingkat yang sama seperti seseorang yang tidak merokok. Anda tidak akan lagi berada pada risiko yang lebih tinggi dari normal untuk berbagai kondisi seperti serangan jantung, penyakit arteri koroner, aritmia, angina, infeksi jantung, atau kondisi yang mempengaruhi irama detak jantung Anda.

Manfaat jangka panjang
Manfaat jangka panjang dari berhenti merokok sangat fantastis. Menurut American Heart Association, orang yang tidak merokok rata-rata hidup 14 tahun lebih lama daripada perokok. Hargailah hidup anda dengan berhenti merokok mulai hari ini juga. (semoga bermanfaat)
Powered by Blogger.