Ciri ciri gejala awal kanker payudara

kenali-gejala-awal-kanker-payudara-pada-tubuh-kita_670x310
Kanker payudara merupakan penyakit kanker yang menyerang bagian jaringan payudara. penyakit kanker payudara ini terjadi karena adanya sel dalam jaringan payudara yang tumbuh secara tidak normal, cepat, dan ganas. kanker payudara kebanyakan menyerang kaum wanita, tetapi perlu anda ketahui bahwa pria juga mempunyai resiko terserang penyakit yang sangat mematikan ini, tetapi resiko seorang pria terserang penyakit kanker payudara lebih kecil di bandingkan dengan resiko menyerang seorang wanita.
Beberapa faktor penyebab seseorang terkena penyakit kanker payudara diantaranya Payudara terlalu sering dipencet atau diremas, Gizi buruk yang dikonsumsi pada makanan, Terkena radiasi ionisasi sebelum atau sesudah pubertas, Faktor genetik atau ada riwayat keluarga yang mengalami penyakit kanker payudara, Merokok dan minum alcohol.
Gejala awal berupa sebuah benjolan yang biasanya dirasakan berbeda dari jaringan payudara di sekitarnya, tidak menimbulkan nyeri dan biasanya memiliki pinggiran yang tidak teratur. Pada stadium awal, jika didorong oleh jari tangan, benjolan bisa digerakkan dengan mudah di bawah kulit. Gejala Lainnya Yang Mungkin Ditemukan Di Bagian Tubuh:
–          Benjolan atau massa di ketiak
–          Nyeri payudara atau pembengkakan salah satu payudara
–          Keluar cairan yang abnormal dari puting susu (biasanya berdarah atau berwarna kuning sampai hijau, mungkin juga bernanah)
–          Puting susu tertarik ke dalam atau terasa gatal
–          Perubahan pada warna atau tekstur kulit pada payudara, puting susu maupun areola (daerah berwana coklat tua di sekeliling puting susu)
–          Perubahan ukuran atau bentuk payudara
–          Kulit di sekitar puting susu bersisik
Ketahui penyakit kanker payudara sedini mungkin sangatlah penting, karena semakin cepat penyakit kanker ini di ketahui, maka akan semakin mudah untuk peroses pengobatan dan penyembuhannya.

Sumber : dokter.id
Powered by Blogger.