Cara membuat daging menjadi empuk


Suka merasa kesal ketika olahan daging yang Anda masak dengan susah payah, justru tidak disentuh hanya karena teksturnya yang keras atau alot? Jika iya, maka Anda perlu mempelajari tips mengempukkan daging dengan mudah dan cepat ini. Daging merupakan makanan yang mempunyai banyak kandungan gizi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan, diantaranya : Zat besi, protein, zinc, selenium, vitamin B kompleks, omega 3, dan masih banyak yang lainnya
Daging bisa diolah menjadi berbagai macam masakan yang nikmat dan menggugah selera. Meski demikian, olahan Anda akan lebih sempurna apabila daging yang dimasak memiliki tekstur yang lembut dan empuk. Merebus memang membuat daging empuk, namun waktu yang dibutuhkan juga lumayan lama dan membosankan. Nah, agar acara memasak daging bisa cepat dan singkat, simak tips mengempukkan daging dengan mudah dan cepat berikut ini:

1.    Daun papaya
Daun pepaya memiliki kandungan enzim papain yang membantu mengempukkan daging dengan cepat.  Cara penggunaannya cukup mudah, yakni : remas-remas daun papaya hingga getahnya keluar, lalu pergunakan untuk membungkus daging yang sudah dicuci bersih selama 30 menit. Setelah itu, Anda bisa mengolah daging sesuai selera.

2.    Parutan nanas
Nanas memiliki kandungan enzim bromelin yang system kerjanya hampir mirip dengan enzim papain pada getah pepaya. Cara penggunaannya sangat mudah, yakni  : cuci daging hingga bersih, lalu rendam dalam parutan nanas selama 15 menit, kemudian Anda bebas mengolah daging sesuai keinginan.

3.    Kulit Pisang
Kulit pisang memiliki kandungan bahan aktif alami yang bermanfaat menguraikan protein pada daging sehingga lebih cepat empuk. Cara penggunaannya adalah : pilih kulit pisang yang sudah matang, lalu cuci hingga bersih. Potong-potong daging sesuai selera, lalu tumpuk daging dengan kulit pisang atau dnegan mencampurkan kedalam olahan daging. Kulit pisang sangat aman dan tidak merubah cita rasa masakan Anda.

4.    Dipukul-pukul
Memukul daging menggunakan alat pemukul khusus daging juga membantu mempersingkat waktu memasak Anda, hanya saja cara ini dapat merusak tekstur daging.

5.    Menyimpan di Freezer
Menyimpan daging di freezer akan membuatnya cepat empuk saat dimasak. Caranya, setelah dibersihkan dan dipotong-potong, campur daging dengan bumbu dan masukkan dalam wadah tertutup. Lalu masukkan kedalam kulkas selama 1 jam sebelum kemudian dimasak sesuai selera.
Semoga tips mengempukkan daging dengan mudah dan cepat diatas dapat memudahkan Anda dalam memasak aneka masakan dari bahan daging. Selamat memasak!
Powered by Blogger.