Bahaya telapak tangan yang sering berkeringat

Waspadalah jika telapak tangan anda sering berkeringat! Hal tersebut bisa jadi sebuah pertanda bahwa anda mengalami sebuah penyakit yang disebut Hipertiroid atau hyperthyroidism yang sering juga dikenal sebagai penyakit kelebihan gondok. Dulu memang sering ada berita bahwa keringat berlebih di telapak tangan dan/atau telapak kaki berarti seseorang mengidap penyakit jantung atau sedang mengalami stress yang berat, tapi ternyata hal tersebut salah total.

Waspadalah Jika Telapak Tangan Anda Sering Berkeringat!

Bukan Sebuah Tanda Stress Maupun Penyakit Jantung
Tidak hanya di Indonesia, ternyata kita sering mendengar di seluruh belahan dunia bahwa penyebab telapak tangan sering berkeringat adalah penyakit jantung ataupun karena penderitanya mengidap sebuah stress atau ketegangan pikiran yang cukup parah. Ternyata hal yang sering dibicarakan orang-orang ini salah, tapi sayang sudah terlalu menjadi bagian hidup bermasyarakat dan terkadang bahkan para dokter masih mempercayai mitos yang salah ini, karena ternyata tidak ada hubungan antara telapak tangan berkeringat dengan stress berlebih maupun penyakit jantung yang bisa tiba-tiba merenggut nyawa seseorang.

Kalau begitu, jika seseorang sering berkeringat di telapak tangan maka apa artinya? Artinya, orang tersebut kemungkinan besar mengalami kelebihan kadar tiroid atau yang dikenal dengan nama lain gondok di dalam darah mereka, dan penyakit ini sering juga disebut hipertiroid di dunia medis. Gejalanya adalah keringatan berlebih di bagian telapak tangan atau telapak kaki, atau bahkan di beberapa kesempatan seseorang mengalami keduanya.

Para dokter menganjurkan setiap orang untuk waspada jika telapak tangan mereka sering berkeringat. Gondok sendiri merupakan sebuah hormon yang dimiliki setiap orang di batang tenggorokan yang terletak sedikit di bagian bawah dari jakun mereka, dan ketika kondisinya normal akan sulit untuk meraba hal tersebut. Hormon ini sejatinya bukanlah sesuatu yang buruk, malah sangat penting demi metabolisme sel-sel tubuh, dan untuk membentuk hormon gondok ini, seseorang butuh zat yodium yang secara alami bisa didapatkan dari banyak hal seperti sayur, buah, hingga daging dari hewan. Selain itu, kita bisa mendapatkan tambahan zat ini dari garam yang sering kita konsumsi.

Hal ini menjadi masalah karena banyak orang Indonesia yang gemar mengkonsumsi ikan asin, sambal terasi, telur asin, asinan, dan makanan lainnya yang membutuhkan garam dalam jumlah yang cukup banyak, membuat pasokan yodium pada tubuh menjadi berlebih. Karena itu hipertiroid biasanya ditemukan pada mereka yang gemar mengkonsumsi makanan asin, atau pada anak yang ketika masih di dalam kandungan, ibunya sering mengkonsumsi makanan asin melebihi porsi yang disarankan oleh dokter.

Waspadalah Jika Telapak Tangan Anda Sering Berkeringat! Mungkin Hipertiroid. Ini Gejala-Gejalanya.

Selain telapak kaki atau telapak tangan yang sering berkeringat, ternyata masih ada gejala-gejala lain yang ditunjukkan oleh penderita hipertiroid. Perlu juga diingat bahwa gejala ini mungkin muncul atau mungkin juga tidak. Gejala-gejala tersebut adalah:
  • Mudah merasa lelah.
  • Sering merasa debaran di bagian dada.
  • Memiliki bau badan yang tajam.
  • Sering mengalami sakit kepala yang cukup menyakitkan.
  • Seringkali merasa kepanasan bahkan jika ia ada di ruangan yang memiliki AC yang dingin.
  • Amat mudah terkejut atau terkagetkan.
  • Berat badan mereka biasanya akan terus menyusut meskipun nafsu makan yang ditunjukkan tetap baik.
  • Bagi wanita, biasanya siklus menstruasi menjadi kacau.
  • Kulit terasa lembab.
Dan masih banyak gejala-gejala lain. Karena dari itu, mulai sekarang waspadalah jika telapak tangan anda sering berkeringat!
Powered by Blogger.