Bahaya keseringan minum es teh dapat menyebabkan batu ginjal


Minum es teh dikala cuaca panas atau meminum es teh setelah selesai makan memang terasa nikmat dan menyegarkan, namun tidak kita sadari bahwa sering meminum es teh ternyata bisa mengakibatkan hal buruk bagi ginjal.

Jika Anda termsuk orang yang sering minum es teh, Anda perlu mengetahui hal ini. Meskipun teh dianggap sebagai salah satu minuman sehat, namun ternyata ada bahaya tersembunyi jika diminum menggunakan campuran es. Minum es teh dapat menyebabkan batu ginjal. Laporan medis terbaru yang dipublikasikan dalam Journal of Urology menyatakan bahwa minum es teh dapat meningkatkan kemungkinan resiko batu ginjal. 

Kalsium oksalat adalah senyawa yang terdapat dalam air teh yang dicampur dengan es dan itu akan menyebabkan batu ginjal. Para peneliti menemukan bahwa es teh mengandung oksalat yang sangat tinggi. Oksalat adalah zat kimia yang mengarah pada pembentukan kristal kecil yang terbuat dari mineral dan garam yang ditemukan dalam air seni. Meskipun kristal ini biasanya tidak berbahaya, namun seiring waktu bisa menjadi cukup besar dan terjebak dalam tabung kecil yang mengakibatkan penyumbatan pada pembuluh ginjal. Batu ginjal dapat merusak ginjal dengan menghalangi aliran urin ke luar tubuh.

Dr John Milner, seorang instruktur di departemen urologi di Loyola University Chicago Stitch School of Medicine, mengatakan penyebab paling umum dari batu ginjal sebenarnya dehidrasi. Dan meminum es teh disaat anda merasa sangat haus akan jauh lebih berbahaya karena senyawa oksalat akan mudah membentuk kristal disaat kinerja ginjal sedang lelah karena kekurangan cairan.

Bagi anda yang memiliki kebiasaan meminum es teh sebagai minuman sehari-hari, anda perlu waspada dan segera merubah menu minuman anda. Minum air teh tanpa es akan jauh lebih baik bagi kesehatan anda. Atau jika anda ingin tetap meminum air es, minumlah juice buah yang memang sudah lazim dicampur es.
Powered by Blogger.