Parah,Waspadalah Modus agen travel umroh tipu jamaahnya

Waspada! ini cara agen travel umroh tipu jamaahnya

Mengunjungi Tanah Suci menjadi kerinduan bagi setiap orang beriman. Namun apa lacur, jika niat beribadah malah berujung pada musibah. Sudah mengeluarkan jutaan rupiah untuk berangkat umroh tapi ternyata tertipu travel palsu. 

Dari tahun ke tahun korban jamaah umroh yang tertipu terus bertambah. Travel bodong masih berkeliaran menipu para jamaah yang ingin pergi ke tanah suci. Banyak cara yang mereka lakukan hingga mampu menjebak jamaah ke lubang musibah. 

Direktorat Jendral Haji dan Umroh Abdul Jamil juga mewanti-wanti agar jamaah waspada dengan munculnya travel-travel umroh penipu. "Jamaah jangan mudah tergiur dengan harga murah yang ditawarkan. Ada pula yang pakai sistem MLM dan sebagainya. Nyatanya banyak kasus jamaah yang terlantar bahkan tidak jadi berangkat," ungkap Jamil, Jumat (27/3).

Para penipu berkedok travel umroh ini memiliki banyak modus untuk menjerat korbannya. Ada yang bekerja sendiri dan ada juga yang berkelompok. Bahkan ada yang memiliki sistem serta manajemen yang sangat rapih hingga banyak korban yang masuk perangkap. 

Berikut ini hasil penelusuran  yang ditemukan di lapangan mengenai berbagai cara agen travel umroh menipu jamaahnya:

1.
Menggunakan figur yang mengesankan

 Berawal dari seorang figur yang hadir dengan memiliki berbagai kelebihan. Kelebihan figur inilah yang membuat jamaah terkesan hingga mau mengikuti apa yang ditawarkan. Misalnya seperti yang terjadi di Jawa Timur, seorang lelaki yang mengaku akan mendapatkan warisan dari ayahnya yang kaya raya.

Dengan dalih akan meng-umrohkan jamaah dan melunasi hutang mereka, lelaki ini meminta setoran Rp 150 ribu kepada jamaahnya. Tidak besar memang, tapi jika jumlahnya sampai 600 orang maka uang yang didapat bisa sebesar Rp 90 juta. Jamaah yang kini jadi pengikutnya pun hanya terlunta-lunta tanpa pernah berangkat umroh.

Para agent travel penipu ini memang telah menyiapkan orang-orang yang kompeten di bidang marketing. Mereka memiliki tenaga marketing yang sudah terlatih sehingga bisa memperdayai para calon jamaah dengan janji-janji yang menjerat. Di Palembang, Hamzah (25) terpaksa harus kehilangan Rp 154 juta uang miliknya dan 7 jamaah yang ingin umroh. Hamzah ditipu oleh seorang wanita berinisial AM yang mengaku karyawan KBIH dari Jakarta

2.
Harga murah yang menggiurkan

 Masyarakat banyak yang tergiur dengan tawaran paket umroh murah. Biaya yang ditawarkan benar-benar miring hingga mampu menarik perhatian calon jamaah. Biaya yang ditawarkan berkisar antara Rp 8 juta hingga 15 juta. Padahal berdasarkan informasi dari beberapa travel resmi biaya termurah yang boleh ditawarkan minimal 1850 USD. Untuk biaya normal dengan pelayanan yang prima biasanya jamaah harus mengeluarkan sekitar 1900 USD hingga 2000 USD.

"Banyak yang menawarkan 1100 USD, 1200 USD. Nggak logic, harga tiket aja 1200 USD. Terus gimana buat bayar hotel, akomodasi, muthawif di sana. Kalau kami sudah dimoratorium asosiasi minimal biaya paling murah 1850 USD," kata Amin Ahmad, Direktur Utama Balubaid Tours & Travel.

Amin menambahkan banyak jamaah yang akhirnya terlantar karena menggunakan paket murah tersebut. Menurut Amin biasanya travel yang jual paket murah menggunakan pesawat yang sering transit di berbagai negara. Hal ini tentunya akan memakan banyak waktu sehingga jamaah tidak bisa maksimal melakukan perjalanan umroh. Parahnya, ada yang transit di negara lain kemudian jamaah ditinggal begitu saja.
Selain itu tentu saja biaya yang murah akan berimbas pada pelayanan yang minim. Yang paling memprihatinkan adalah jamaah yang sudah di bandara tapi ternyata tidak bisa berangkat karena terhambat masalah perijinan.
3.Umroh plus city tour hanya modus
 Ada travel yang menawarkan paket murah dimana selain umroh, jamaah juga bisa melakukan tour ke berbagai kota di negara lain. Nama programnya adalah Umroh Plus City Tour. Ternyata penawaran tersebut hanyalah modus dari travel untuk mengelabui jamaah. 

Seperti juga disampaikan oleh Novia Syahidah, Marcom Asia Wisata, bahwa paket seperti itu hanya satu bentuk pengalihan saja. "Paket murah kan biasanya pakai pesawat yang sering transit di sana-sini. Jadi biar jamaah tidak bosan, agen bikin semacam city tour di tempat transit. Kesannya keren sih, tapi itu cuma akal bulus aja," ungkap Novia.
Travel yang profesional dan memberikan pelayanan yang baik biasanya tidak akan menggunakan pesawat yang sering transit. Paling banyak transit 2 hingga 3 kali saja. Sedangkan travel abal-abal dengan paket murah bisa gonta-gonti pesawat 5 hingga 6 kali. Akibatnya banyak waktu dan tenaga jamaah yang terbuang..

4.
Target korban masyarakat awam

 Para penipu berkedok travel umroh ini lebih banyak ekspansi di daerah. Target mereka memang masyarakat daerah yang masih awam. Masyarakat beriman yang memiliki kerinduan yang besar untuk berkunjung ke Tanah Suci tapi belum memiliki biaya dan pengalaman yang cukup. Kemudian mereka diiming-imingi umroh dengan biaya yang jauh lebih murah dari biaya normal.

Pelaku juga tak jarang mendekati tokoh masyarakat setempat untuk menarik simpati korban. Agar lebih meyakinkan pelaku membuka kantor travel dan menunjukkan surat ijn palsu. Jamaah yang mendaftar biasanya tidak dijanjikan untuk berangkat dalam waktu dekat. Waktu yang ditawarkan paling cepat satu tahun. Ada pula yang menawarkan dalam hitungan bulan, namun saat waktu dijanjikan tiba pihak travel mengulur kembali waktu keberangkatan. Begitu seterusnya hingga akhrinya jamaah tidak pernah diberangkatkan.

5.
Sistem MLM umroh yang merugikan

 Umroh dengan menggunakan sistem Multi Level Marketing (MLM) masih diperdebatkan karena banyak kontroversi di sana. Banyak masyarakat yang kecewa dengan sistem umroh melalui cara MLM. Bahkan kuat dugaan, MLM ini mengandung unsur money game. Sedangkan money game itu jelas dilarang di dalam hukum Islam.

Tawaran MLM umroh memang cukup menggoda. Hanya dengan membayar Rp 2-3 juta, member bisa berangkat umroh. Syaratnya, member harus mencari member baru lainnya sebanyak 10 atau 11 orang. Jika sudah mencapai target, maka member bisa berangkat umroh. Kenyataannya, tidak pernah ada member yang berangkat. Umroh hanya menjadi kedok perputaran money game saja.
Powered by Blogger.