5 Kampus ini penyumbang menteri-menteri terbanyak dipemerintahan Jokowi

Tidak terasa, pemerintahan di bawah Kabinet Kerja yang dibentuk oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla telah berjalan beberapa bulan. Sebuah era yang dikatakan menjadi perubahan total bagi Indonesia ini memang membawa warna baru. Setidaknya, banyak nama-nama yang dulu tidak banyak orang tahu kini duduk menjadi Menteri.Ini sebuah langkah yang besar, tidak hanya itu Presiden Jokowi juga banyak mengambil ‘ahli’ dan cendekiawan dari Universitas ternama di Indonesia. Salah satunya adalah Menteri Pratikno yang dulu menjabat sebagai Rektor Universitas Negeri Gajah Mada, Yogyakarta. Nah, dari sekian banyaknya kampus di Indonesia, mana saja yang menjadi ‘penyumbang’ Menteri terbanyak di kabinet ini? Simak yuk:

1. Universitas Indonesia

Universitas yang tonggak berdirinya telah dimulai sejak tahun 1849 ini memang menjadi kampus terbaik di Indonesia sejak dulu kala. Tidak heran jika para menteri dari era kabinet kerja banyak yang merupakan alumni di sana. Siapa saja mereka?
Menteri Lulusan Universitas Indonesia
Menteri Lulusan Universitas Indonesia
Sofyan Djalil, Puan Maharani, Bambang Brodjonegoro, Nila Moeloek, Khofifah Indah Parawansa (S2), Rudiantara dan Andrianof Chaniago pernah mengenyam pendidikan di universitas berstandar tinggi ini. Siapa sangka jika sosok pendiam Puan Maharani dulu semasa kuliah di UI juga aktif menjadi jurnalis dan magang di majalah bernama Forum Keadilan? Yup, basic Puan adalah Komunikasi Massa, sesuai dengan jurusan yang ia ambil di FISIP UI.

2. Universitas Gadjah Mada

Lebih dikenal dengan singkatan namanya yaitu UGM, kampus yang berada di Yogyakarta ini memang memiliki pesona tersendiri. Tempatnya luas, asri dan sederhana. Tidak heran jika jebolan Universitas ini juga terkenal down to earth namun cerdas dan punya intelejensi yang tinggi.
Lulusan Universitas Gadjahmada
Lulusan Universitas Gadjahmada
Pratikno, Mensesneg yang dulu juga rektor UGM ternyata juga alumi kampus tempatnya dulu mengajar dan menjadi pemimpin. Tidak hanya beliau, Retno Lestari Marsudi, Basuki Hadimuljono, Anies Baswedan dan Muhammad Nasir juga pernah merasakan nikmatnya kuliah di Universitas bergengsi ini.

3. Universitas Padjadjaran

Bandung identik dengan kota yang dingin dan sejuk, namun juga menjadi tempat dari Universitas  besar dan salah satu yang paling favorit di Indonesia. Universitas Padjadjaran alias Unpad memiliki usia yang cukup tua yaitu telah berdiri sejak tahun 1957. Siapa saja menteri yang menjadi alumni di sana?
Universitas Padjajaran
Lulusan Universitas Padjajaran
Arief Yahya, Rudiantara dan Ferry Mursyidan Baldan pernah menimba ilmu di sana. Bahkan Arief merampungkan S3 nya dengan pencapaian yang memuaskan.

 4. Institut Teknologi Bandung

Jika Presiden Soekarno saja pernah kuliah di sana, bisa dibayangkan bukan bagaimana kualitas ITB dalam menelurkan orang-orang pintar? Arief Yahya, menteri satu ini memang cerdas luar biasa. Ia juga pernah menimba ilmu di kampus ini lho!
Lulusan ITB
Lulusan ITB
Tidak hanya Arief Yahya, menteri Indroyono Soesilo juga menjadi alumni dari ITB. Pendidikan yang berbasis institut memang memiliki aturan lebih ketat dan disiplin yang tinggi. Apakah Anda juga ingin menjadi bagian dari kampus tersohor dan memiliki grade yang bagus ini?

5. Universitas Airlangga

Beranjak ke Jawa Timur, Universitas yang diberi nama sama dengan nama raja yang memerintah Jawa Timur pada tahun 1019 hingga tahun 1042 yaitu Rakar Galu Sri Lokeswara Dharmawangsa Airlangga Anantawikramattungadewa atau dikenal dengan nama Prabu Airlangga. Berbeda dengan UI dan Unpad, Unair lebih terasa ‘kota banget’ karena letaknya di pusat kota Surabaya.
Lulusan Universitas Airlangga
Lulusan Universitas Airlangga
Menteri Perhubungan kita yaitu Ignasius Jonan dan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa pernah kuliah di sana. Siapa sangka di balik sosoknya yang sederhana, Ibu Khofifah ternyata gemar menambah ilmu serta bersekolah setinggi ia mampu?
Pendidikan memang bukan faktor utama untuk meraih kesuksesan. Namun tidak dipungkiri, ilmu adalah hal yang penting untuk terus dipelajari agar kemampuan berpikir dan pengetahuan makin berkembang. Setuju?
Powered by Blogger.