CONTOH PERCAKAPAN DALAM BAHASA ARAB

Di zaman sekarang ini, bahasa Arab sudah banyak digunakan sebagai bahasa komunikasi internasional. Khususnya bagi calon jamaah haji Indonesia dituntut untuk menguasai dan mengerti percakapan bahasa Arab sehari-hari agar tidak tersesat di Mekkah.

Tidak sedikit jamaah haji Indonesia yang memilih berdiam diri di penginapan dan tidak berani keluar jika tanpa didampingi oleh pembimbing dikarenakan tidak menguasai bahasa Arab. Akibatnya mereka tidak mendapatkan kenikmatan pengalaman berhaji yang mengesankan.
Contoh percakapan bahasa Arab berikut ini bisa dijadikan acuan untuk berbicara dalam bahasa Arab, karena disertai terjemahan dan pengucapannya dalam huruf latin.

Percakapan Bahasa Arab – PERKENALAN

Assalaamu’alaikum
(Assalaamu’alaikum)
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ
Wa’alaikumsalam
(Wa’alaikumsalam)
وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمْ
Selamat pagi, Tuan?
(Shobaahal-khoiri yaasayyidii)
صَبَاحَ الخَيْرِيَاسَيِّدِى
Selamat pagi
(Shobaahan-nuuri)
صَبَاحَ النُّوْرِ
Apa kabar?
(Khaifa haaluka?)
كَيْفَ حَلَكَ؟
Baik, alhamdulillah. Anda bagaimana?
(Bikhoirin, alhamdulillah. Wa anta?)
بِخَيْرِالْحَمْدُللهِ وَاَنْتَ؟
Saya juga baik, alhamdulilllah
(Bikhoirin, alhamdulillah)
بِخَيْرِالْحَمْدُللهِ

Siapakah nama Anda?
(Masmuka?)
مَاسْمُكَ؟
Nama saya Ahmad dan nama Anda siapa?
(Ismii Ahmad wa anta?)
إِسْمِى أَحْمَدُوَأَنْتَ؟
Nama saya Yusuf
(Ismii Yuusuf)
إِسْمِى يُوسُفُ
Anda berasal dari mana?
(Min fiin qoodim?)
مِنْ فِيْن قَادِمٌ؟
Saya dari Indonesia dan Anda dari mana?
(Min Induuniisiyaa wa anta?)
مِنْ إِنْدُونِيْسِيَا وَأَنْتَ؟
Saya dari Afghanistan
(Ana min Afghoonistan?)
أَنَامِنْ أَفْغَانِسْتَانْ

Powered by Blogger.