Manfaat dan kebaikan jagung bagi kesehatan


Manfaat Jagung Bagi Kesehatan  - Jagung merupakan salah satu tanaman pangan terpenting di dunia sebagai sumber karbohidrat. Di beberapa negara Amerika Tengah dan Selatan jagung dijadikan sebagai alternatif sumber pangan, dan hal tersbeut juga berlaku dibeberapa wilayah di Indonesia, khususnya di Madura dan Nusa Tenggara. Selain sebagai sumber karbohidrat, jagung juga kerap dijadikan sebagai makanan utama untuk ternak, sebagai bahan utama tepung, khususnya pada bagian bulirnya.

manfaat jagung bagi kesehatan

Akhir-akhir ini berbagai penelitian tentang keberadaan jagung juga sudah mulai digalakkan. Dari hasil penelitian terkait dengan keberadaan jagung ini, menyimpulkan bahwa tanaman semusim ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Berbagai manfaat jagung yang berguna bagi kesehatan tersebut, diantaranya adalah baik untuk mengontrol diabetes, mencegah penyakit jantung, menurunkan hipertensi, dan juga sebagai pencegahan terhadap cacat tabung saraf saat lahir.

Bagi Anda yang penasaran ingin mengetahui lebih lanjut seputar manfaat jagung bagi kesehatan tubuh manusia, maka silahkan simak informasinya secara lengkap seperti yang akan dipublikasikan di bawah ini:

1. Kaya Mineral
Jagung adalah tanaman yang kaya akan mineral, seperti halnya magnesium, tembaga besi, dan paling utama adalah fosfor. Semua kandungan mineral ini sangat baik untuk kesehatan tulang. Tidak hanya itu nutrisi ini juga ternyata sangat ampuh untuk meningkatkan fungsi ginjal.

2. Memperbaiki Pencernaan
Jagung adalah tanaman yang kaya akan serat dan sekaligus merupakan keuntungan bagi kesehatan pencernaan. Serat yang terkandung pada jagung dapat mencegah sembelit, wasir, dan juga menurunkan resiko terjadinya kanker usus besar.

3. Mencegah Anemia
Anemia merupakan kondisi dimana sejumlah sel darah merah berkurang jauh karena kekurangan zat besi pada tubuh. Dengan mengkonsumsi jagung manis, maka akan sangat bermanfaat bagi kesehatan, karena jagung adalah salah satu tanaman yang kaya akan vitamin B dan asam folat dan sangat ampuh untuk mencegah anemia.

4. Merawat Kulit
Antioksidan yang terdapat pada jagung dapat membantu dalam menjaga kuliat agar tetap awet muda. Selain dikonsumsi sebagai makanan, minyak jagung juga dapat digunakan sebagai sumber yang kaya akan asam linoleat. Selain itu tepung jagung juga ampuh untuk meredakan iritasi pada kulit.

5. Penting Untuk Ibu Hamil
Mengkonsumsi jagung bagi wanita hamil akan menyediakan sumber yang kaya akan folat. Kekurangan asam folat pada wanita hamil akan mempengaruhi janin. Jagung manis sangat bermanfaat bagi ibu hamil dan janin, hal ini dapat mencegah bayi kekurangan berat badan dan terhindar dari cacat lainnya.

6. Mengontrol Kolestrol
Vitamin C, karotenoid dan bioflavinoids yang terkandung dalam jagung manis menjaga jantung Anda tetap sehat karena dapat mengendalikan kadar kolesterol dan meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

Selain dari yang sudah diungkapkan diatas, maka tentunya jagung juga sangat berguna bagi tubuh, khususnya sebagai konsumi ketika perut sedang kelaparan. Demikianlah sekilas informsi terkait dengan manfaat jagung bagi kesehatan. Semoga bermanfaat...
Powered by Blogger.