Tips Cara Alami Atasi Rambut Ubanan


Seiring pertambahan usia, wajar bila rambut mulai terlihat mulai memutih dengan uban. Hal ini disebabkan produksi melanin, zat yang memberi warna pada rambut semakin menurun produksinya senada dengan usia. Tapi uban tak selalu berkaitan dengan usia, karena banyak juga mengalami rambut uban di usia muda.
Kekurangan gizi juga bisa menyebabkan berkurangnya kadar pigmen. Sehingga rambut pun akan semakin pirang dan kemudian putih, beruban. Selain itu juga seseorang yang menderita penyakitimunologi anemia pernisiosa, yakni jenis kekurangan darah juga bisa penyebab rambut uban.
Vitamin B12 bertanggung jawab untuk menghasilkan jumlah sel darah merah yang sehat di sumsum tulang. Anemia pernisiosa ditandai dengan gejala seperti kelelahan, kurang nafsu makan, penurunan berat badan, sakit kuning dan sakit kepala.
Gaya hidup tak sehat kerap menyebabkan rambut beruban lebih cepat. Bila rambut mulai beruban di usia paruh baya, kini banyak orang berusia 20-an sudah mulai merasakannya. Selain itu, kondisi psikologis dan genetik juga berpengaruh pada tumbuhnya uban pada seseorang yang masih berusia muda.

Ada beberapa cara untuk mangatasi uban secara alami, di antaranya:
Menghindari Stress
Stress adalah penyebab utama rambut beruban lebih cepat dan juga penuaan dini. Cobalah untuk menyediakan waktu lebih banyak untuk rileks dan waktu untuk diri sendiri. Misalnya berendam air panas setelah hari yang penat. Jadilah positif dan belajar berkata tidak.
Berhenti merokok
Merokok terbukti secara ilmiah dapat mempercepat penuaan pada tubuh. Berhenti merokok juga dapat meningkatkan sirkulasi dan memperlambat tumbuhnya uban. Orang yang merokok empat kali lebih mungkin mengalami uban lebih dini dibandingkan orang tidak merokok.
Jaga cairan tubuh
Produksi melanin menurun karena berkurangnya asupan mineral tembaga. Karena itu, ada beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari untuk mencegah timbulnya uban, seperti minuman yang mengandung kafein seperti teh, kopi. Dianjurkan juga memperbanyak minum air putih.
Kurangi kafein dan alkohol, serta tingkatkan konsumsi air. Perhatikan juga jumlah makan makanan yang berlemak dan mengandung oksidan tinggi seperti gorengan, makanan pedas dan asam setiap harinya karena makanan ini dapat mengurangi kadar air dalam tubuh dan kelembaban. Kurangnya kelembaban menghalangi nutrisi mencapai kantung pada rambut yang berakibat pada memutihnya rambut.
Cukup Tidur
Tidur merupakan waktu terbaik untuk relaksasi tubuh serta menurunkan tingkat stres. Selain untuk mengatasi rambut ubanan, tidur yang cukup akan membuat anda tampak awet muda.
Makan makanan mengandung Vitamin B12 dan Omega-3
Kekurangan vitamin B12 dan Omega-3 mengakibatkan rambut memutih lebih cepat. Makanlah makanan yang kaya akan B12 seperti telur, keju, sapi, pisang, ikan dan daging domba dan unggas. Sebaiknya juga memperbanyak kandungan tembaga seperti kepiting, tiram, minyak biji matahari, kacang mede dan kacang almond.
Tingkatkan sirkulasi darah
Peredaran darah yang lancar penting untuk mencegah rambut memutih. Tidak ada gunanya memakan semua vitamin dan mineral, apabila semua itu tidak dapat mencapai kulit kepala dan rambut. Untuk memperlancar peredaran, berolahragalah secara teratur. Perlu juga diperhatikan untuk memijat kulit kepala dengan ujung jari setiap hari selama 5-10 menit.
Stop aktivitas cabut uban
Seringkali orang mencabut uban ketika uban tersebut terlihat menghiasi rambut. Padahal, tidak dianjurkan mencabut uban karena akan berdampak buruk bagi kesehatan. Rambut tumbuh di bawah kulit kepala yang terdapat banyak saraf di dalamnya, karena itu mencabut akan mengganggu saraf. Akibatnya, sinyal saraf untuk memproduksi warna rambut akan terganggu.
Lakukan masker rambut
Bukan hanya creambath dan pijatan di kulit kepala, lakukan juga masker pada rambut secara teratur. Bukan hanya membuat rambut terlihat lebih bersinar tetapi juga nutrisinya langsung menyerap pada akar rambut. Sehingga, rambut jadi lebih sehat, tak mudah rontok dan mencegah tumbuhnya uban.
Kurangi penggunaan zat kimia
Bahan kimia pada produk pewarnaan rambut juga bisa membuat rambut mengalami penuaan dini. bukan terlihat kering dan kusam, uban juga bisa tumbuh lebih cepat. Jadi, jika sebaiknya jangan terlalu sering gonta-ganti warna rambut.
Itulah beberapa tips cara alami mengatasi rambut ubanan yang bisa anda terapkan. Semoga bermanfaat.
**Dari berbagai sumber
Powered by Blogger.