Inilah Cara Diet Yang Baik Dan Benar

Cara Diet yang Baik dan Benar - Diet adalah upaya menurunkan berat badan atau mengatur asupan nutrisi tertentu pada tubuh manusia. Dalam menjalani gaya hidup sehat dan sukses menurunkan berat badan sangat tergantung dari kemauan keras seseorang untuk mengubah kebiasaan buruk. Kedisiplinan dalam menjalankan pola makan dan gaya hidup sehat akan membawa hasil diet yang dapat bertahan lama.

Dari berbagai jenis diet yang dikembangkan baik oleh para dokter maupun ahli gizi memang terbukti efektif untuk membantu menurunkan berat badan. Meski demikian tidak semuanya sehat, karena bisa menghilangkan nutrisi yang penting bagi tubuh.

Cara diet yang baik dan benar adalah mengatur pola makan dengan tidak memangkas semua nutrisi penting yang diperlukan tubuh, hanya saja membatasi atau mengurangi porsinya. Seperti apa sebenarnya cara diet yang baik dan benar tersebut? Berikut adalah penjelasannya.

1. Menu Makan Harian
Saat melakukan program diet bukan berarti Anda harus mengurangi menu makanan yang mengandung karbohidrat atau lemak, tapi dalam hal ini perlu pengaturan untuk penyesuaian seseuai yang dibutuhkan oleh tubuh. Bagi seseorang yang memiliki kegiatan ekstra seperti lebih banyak aktif dari pada duduk, maka lebih baik mengkonsumsi karbohidarat dan lemak yang sedikit lebih banyak. Sementara bagi Anda yang lebih banyak menghabiskan pekerjaan dengan duduk saja, maka lebih baik mengurangi porsi lemak dan karbohidrat dan menggantinya dengan makanan yang mengandung protein.

2. Intensitas Makan
Seringkali kita mendengar bahwa diet itu harusnya makan sekali sehari. Namun hal seperti ini bukanlah sebuah proses diet yang baik dan sehat, tapi lebih kepada menyiksa diri sendiri. Sebab seperti yang kita ketahui bahwa tubuh akan senantiasa membutuhkan asupakan makanan dan gizi, tetapi makanlah hanya secukupnya saja. Dalam hal ini kita harus tetap makan seperti biasanya, yaitu sebanyak 2-3 kali sehari, namun tentu saja porsinya harus disesuaikan. Bila memungkinkan, maka upayakan untuk memperbanyak lauk berprotein tinggi seperti tahu, tempe, dan telur. Serta mengurangi porsi karbohidrat dan lemak.

3. Stop Nyemil
Ini juga salah satu pantangan bagi Anda yang ingin diet. Nyemil atau sering dinamakan sebagai makan makanan yang kurang mengenyangkan adalah salah satu aktivitas yang membuat tumpukan lemak di tubuh Anda. Jadi apabila Anda sudah terbiasa nyemil, silahkan Anda kurangi kebiasaan tersebut agar tumpukan kolesterol di tubuh Anda menjadi berkurang sehingga program diet Anda bisa sukses.

4. Makan Malam Tepat Waktu
Ini mungkin salah satu opsi yang agak sulit, karena sebagian dari kita terkadang sudah biasa untuk makan malam di atas jam 6 petang. Berdasarkan ilmu biologi tentang asupan makanan, umumnya makanan dicerna dalam lambung memerlukan waktu 3-5 jam. Jadi apabila kita makan di atas jam 6 petang dan kemudian istirahat pada jam 9 malam, maka asupan makanan yang kita makan tadi akan disimpang di dalam jaringan lemak tubuh kita. Dan artinya perlu olahraga ekstra untuk membakar lemak ter

5. Bangun Pagi dan Olahraga Ringan
Bagi Anda yang memang ingin benar benar diet, upayakan untuk selalu bangun lebih pagi dari biasanya kemudian melakukan aktivitas olahraga ringan, seperti senam, jogging, maupun hanya jalan kaki di sekitar areal rumah. Selain dengan tujuan membakar lemak jenuh di dalam tubuh, aktivitas tersebut juga akan membuat tubuh kita menjadi lebih sehat dan lebih bugar untuk aktivitas harian kita.
Powered by Blogger.