ciri ciri wanita mengalami keguguran di awal kehamilan



Keguguran merupakan hal yang paling ditakuti oleh wanita hamil. Ketika sudah membayangkan untuk segera menimang bayi, ternyata si jabang bayi hilang begitu saja. Keguguran bisa saja terjadi karena ketidakpedulian si ibu pada jabang bayinya. Misalnya, mengonsumsi buah-buahan yang salah, terlalu banyak beraktivitas, dan lain sebagainya. Selama 14 minggu pertama kehamilan, banyak organ pentig yang berkembang. Hal itulah yang harus diperhatikan wanita hamil dan perlu diwaspadai karena 80% keguguran terjadi pada trisemester pertama. Berikut 5 tanda keguguran pada awal kehamilan:
 

  • Kram di daerah panggul
Kram biasanya memang dialami oleh wanita hamil. Namun, tanda awal keguguran ini menunjukkan kram yang tidak biasa. Kram ini sering terjadi dan tidak mereda serta berlangsung dalam beberapa jam. Selain di daerah panggul, kram juga dirasakan di daerah sekitar selangkangan dan alat kelamin.
 
  • Nyeri di punggung
Nyeri punggung disebabkan rahim menekan pada punggung ke arah dalam dan dapat menyebabkan terjadinya kejang pada rahim Anda. Jika nyeri itu tak juga reda setelah dipijat, maka merupakan salah satu gejala keguguran.
 
  • Keluar bercak
Timbulnya bercak di vagina merupakan salah satu tanda awal keguguran. Bercak yang keluar biasanya berwarna merah muda atau darah segar. Bercak ini dalam beberapa waktu akan berubah menjadi warna kecokelatan. Hal itulah yang menyebabkan sulitnya membedakan antara bercak darah karena keguguran dengan bercak sisa menstruasi.
 
  • Keluarnya gumpalan darah
Jika menstruasi terlambat kemudian diikuti dengan terjadi banyak gumpalan, maka ada kemungkinan Anda mengalami keguguran. Hal ini tidak berlaku jika Anda memiliki riwayat pendarahan menstruasi yang berat.
 
  • Mual dan terasa lelah
Mual dan tiba-tiba muncul rasa lelah yang berlangsung lama merupakan salah satu tanda Anda keguguran di trisemester pertama. Cukup sulit membedakannya karena mirip dengan tanda-tanda awal kehamilan. Perubahan hormonal pada awal kehamilan membuat Anda merasa sangat lelah. Setelah 2 bulan pertama, rasa lelah itu akan berkurang. Jika pada awal kehamilan Anda tidak merasa mual dan cepat lelah tetapi tiba-tiba mendadak muncul, maka kemungkinan mengalami keguguran.
 
Powered by Blogger.