Spesifikasi Sepeda BMX

 
 
 
 
Tahukah anda, apa kepanjangan dari BMX? BMX sebenarnya merupakan singkatan dari BICYCLE MOTORCROSS. Nama BMX berawal dari kreativitas anak - anak di California yang memodifikasi sepedanya supaya terlihat seperti motorcross yang dipakai oleh pembalap motocross idola mereka. Sepeda BMX ini sebenarnya telah ada sejak tahun 70-an yang diawali dengan ditayangkannya sebuah film pada tahun 1971 yang berjudul ON ANY SUNDAY dimana pada adegan pembuka film tersebut berisi beberapa anak yang sedang mengendarai STING RAY, sebuah jenis sepeda yang populer pada waktu itu. Anak - anak tersebut berpura - pura sedang mengendarai sepeda motor. Adegan inilah yang menginspirasi orang - orang untuk menjadikan sepeda seperti layaknya sepeda motor.
 
Sepeda BMX ini telah ramai digunakan masyarakat sejak abad ke-19 dimana pada saat itu sepeda BMX hanya digunakan untuk racing / balapan hingga akhirnya berkembang menjadi free style (gaya bebas). Ini berhubungan dengan perkembangan sepeda BMX itu sendiri, terutama yang berkaitan dengan pembuatan rangka BMX. Sedangkan awal dari pembuatan sebuah sepeda BMX yang modern sebenarnya dimulai pada tahun 1973 dimana model sepeda BMX pada tahun itu merupakan modifikasi dari jenis sepeda SCHWINN STING RAY.
 
Peminat sepeda BMX ini terus meningkat, hingga akhirnya pada tahun 1974, seorang penggemar BMX yang berasal dari Chatsworth yang bernama Linn Kastan berhasil membuat pasangan pertama garpu tabung BMX di bengkel miliknya, REDLINE. Pada tahun yang sama, atas prakarsa SKIP HESS, seorang pembalap BMX, perusahaan KAWASAKI akhirnya mengenalkan sebuah shocker aluminium. Dan tentunya masih banyak inovasi dan modofikasi yang dilakukan terhadap sepeda BMX di tahun tersebut.
 
Salah satu peristiwa yang tidak kalah pentingnya bagi sejarah perkembangan BMX adalah diadakannya lomba balap BMX terbesar pertama di tahun 1974 yang diadakan di BIRMINGHAM HIGH SCHOOL - VAN NUYS - CALIFORNIA. Dimana yang keluar sebagai pemenang saat itu adalah STU THOMPSON (16 th) untuk kelas Expert, DAVID CLINTON (14 th) untuk kelas JUNIOR, serta BOBBY WATTS untuk kelas amatir. 
Powered by Blogger.