Pengertian Teori Pengambilan Keputusan

Bagi pekerja yang berada di level manajer, wajib memiliki kemampuan dalam pengambilan keputusan. Teori pengambilan keputusan merupakan sebuah studi yang mempelajari tentang  hala - hal yang berhubungan dengan pengambilan keputusan. Pada dasarnya, teori pengambilan keputusan adalah sebuah ilmu pengetahuan beserta teknik - teknik analisis yang saling berhubungan dari sejumlah tingkat pemikiran yang berbeda dimana teknik - teknik analisis tersebut telah tersusun secara sistematis dan ilmiah yang didesain untuk bisa memilih satu keputusan dari sejumlah alternatif keputusan yang ada.
 
Bisa dipastikan bahwa setiap alternatif keputusan/alternatif solusi pasti memiliki konsekuensi yang berada di belakangnya. Oleh karena itu, menguasai teori pengambilan keputusan adalah hal yang mutlak bagi pekerja yang berada di level manager. Ini karena teori pengambilan keputusan bisa menganalisa sejumlah kondisi kepastian dan kondisi ketidakpastian yang beresiko dan tidak beresiko. Dengan menggunakan teori pengambilan keputusan, kita akan dituntun untuk bisa memilih satu konsekuensi dari sekian konsekuensi yang ada.
 
Dalam ilmu teori pengambilan keputusan, semua alternatif keputusan disusun dalam bentuk peringkat kriteria dimana dasarpenentuan peringkat tersebut adalah dilihat dari nilai konsistensi serta tujuan  / objektivitas yang hendak dicapai dalam pengambilan keputusan. Teori pengambilan keputusan akan sangat diperlukan dalam memilih beberapa alternatif keputusan.  Dalam kondisi tanpa beresiko sekalipun, teori pengambilan keputusan tetap dibutuhkan sebagai bahan pertimbangan pengambilan keputusan.
 
Bila dipelajari lebih lanjut, teori pengambilan keputusan menawarkan sebuah prosedur yang sederhana yang secara konseptual digunakan untuk memilih beberapa alternatif dan konsekuensi serta hubungan yang terbentuk antara alternatif dan konsekuensi dari sejumlah alternatif keputusan. Sehingga dengan kata lain, penguasaan terhadap teori pengambilan keputusan adalah hal yang paling dasar yang harus dikuasai oleh pemimpin, mulai dari pemimpin level atas hingga pemimpin level paling bawah sekalipun. 
Powered by Blogger.