Contoh Teks Pidato Perpisahan Sekolah SMA / SMK

Yang dimaksud dengan pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi, dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato disampaikan dalam berbagai forum dan atau kegiatan yang beragam, seperti pidato kenegaraan, pidato sambutan tamu kehormatan, pidato pelepasan sekolah, pidato RT dll.

Berikut  contoh pidato perpisahan SMA


Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Kepada Yang Terhormat Bapak dan Ibu Guru SMA N 1 Cilegon.
teman teman kelas 12 angkatan 2009, yang teramat saya cintai serta para tamu undangan yang berbahagia.

Pertama tama marilah kita ucapkan puji syukur kehadirat Allah Yang Maha Esa
karena pada hari yang cerah ini kita semua dapat berkumpul untuk merayakan
“Kelulusan dan Perpisahan Murid SMA …………………..Angkatan …………….-……………..″.
Kedua, terima kasih kepada panitia yang telah mengizinkan saya untuk berdiri di sini
menyampaikan pidato di depan para hadirin sekalian.

Dan yang ketiga, selamat untuk kita semua!
Akhirnya,  Kita semua berhasil lulus.. Alhamdulillah, puji syukur ke hadirat Tuhan yang maha member kebaikan.  

Hari hari penuh ujian yang sangat menegangkan kini berakhir sudah.. Kita lulus! Kita bukan anak SMA lagi! Kita akan meninggalkan sekolah ini.. dan berpisah..
Perpisahan.. Setiap ada pertemuan pasti ada perpisahan. Kebanyakan dari kita pasti baru bertemu dan berteman akrab saat bersekolah di sini. Atau mungkin juga ada yang sudah berteman sejak SMP, sejak SD atau bahkan sejak masih balita. Alangkah senangnya apabila pertemanan yang telah kita jalin selama tiga tahun ini dapat bertahan selamanya. Seakan tak tergoyahkan oleh apapun. Namun tak dapat kita
ingkari bahwa seiring sengan berjalannya kehidupan kita, seiring dengan datangnya hal-hal baru seperti kuliah, ngekos, kerja, menikah, dan juga seiring dengan datangnya orang orang baru, pacar baru perpisahan memang hal yang lumrah terjadi.  Mungkin di antara kita ada yang merasa bergairah mengalami perpisahan karena yang ia tunggu selama ini adalah hal-hal baru yang terlihat lebih
menyenangkan dibanding hal-hal di sini yang sangat membosankan. Tapi mungkin disisi yang berbeda, ada yang merasa sangat sedih karena telah mengalami banyak hal menyenangkan di sini dan betapa banyaknya kenangan yang telah tercipta..

Kenangan.. Teman teman yang saya cintai, sebelum kita terlambat menyadari bahwa waktu tak dapat diputar kembali dan sebelum kita menyesal karena telah menyianyiakan masa SMA kita tanpa mengalami satu pun hal berharga. Maka buatlah kenangan sebanyak banyaknya! Lakukanlah apa yang ingin kamu lakukan. Katakanlah apa yang ingin kamu katakan. Katakanlah kepada guru yang terlalu kaku dalam mengajar untuk lebih santai. Katakanlah kepada orang yang kamu cintai bahwa kamu memang mencintainya!! It’s NOW or NEVER, friends! Come On! As time goes by, memory remains.
 Seiring berjalannya waktu, hanya kenanganlah yang tersisa..

Terakhir.. saya kutip dari film Cinta Pertama yang dimainkan oleh Bunga Citra Lestari dan Benjamin Joshua bahwa memang pertemuan tidak ada yang abadi. Tapi saya percaya, seperti pertemuan, perpisahan juga tidak ada yang abadi! Jangan lupakan setiap hal berharga yang telah kita alami selama bersekolah tiga tahun di sini. Simpanlah kenangan itu dalam hati kita semuaaa..

Selamat berpisah!
Selamat karena telah menjadi bukan-anak-SMA lagi.
Jagalah diri kalian yang berkuliah jauh dari orang tua.
Raih masa depan gemilang diluar sana, jangan kecewakan orang-orang yang menyayangi dan selalu mendukungmu.

Sekian pidato ini saya sampaikan. Mohon maaf apabila ada salah kata.
Wassalamualaikum, warahmatullahi wabarokatu..

disarikan dari http://kabarmu.com
Powered by Blogger.