spesifikasi dan harga Sony NEX-5R

Sony NEX-5R secara langsung bertugas untuk menggantikan Sony NEX-5N di kelas menengah jajaran kamera mirrorless. Kamera tersebut memang sudah lama diluncurkan tepatnya pada 2010 memang layak bila harus melakukan regenerasi dengan kamera baru yang lebih canggih. Meski mempertahankan banyak spesifikasi yang sama seperti pada 5N tentu ada beberapa tambahan. Lalu, seperti apakah fitur yang diunggulkan oleh NEX-5R ? Penasasaran ? Baca terus artikel ini sampai habis.
Bagian yang jadi perhatian utama adalah sensor 16.1 megapiksel APS-C yang telah di desain ulang untuk memasukkan sistem super cepat Hybrid AF dan ini adalah kamera mirrorless Sony yang memiliki konektivitas Wi-Fi.
Desain elegan - Pada dasarnya memiliki desain yang sama seperti 5N, mempertahankan bodi ramping yang mendefinisikan sebuah mirrorless seri NEX. Ukuran ini sedikit lebih besar dari kamera pocket yang selamat ini beredar dipasaran.
Lensa Kit – sudah dilengkapi dengan lensa berukuran 18-55 mm f/3.5-5.6 sehingga mirip dengan lensa pada DSLR full-size. Meski memiliki kesamaan antara Sony NEX-5R dengan Sony NEX-5N, ada beberapa perbedaan penting yang cukup menonjol yaitu tombol kontrol baru lebih besar, Fn (Function) tombol dan layar sentuh yang dapat di miringkan sampai 180 derajat ke atas dan 50 derajat ke bawah mirip Sony NEX-F3.

Sony NEX-5R


Spesifikasi Kunci Sony NEX-5R

  • Sensor: 16.1MP, APS-C CMOS Exmor
  • layar LCD: 3-inch 921k dot resolusi
  • Resolusi video: Full HD AVCHD/MPEG-4 AVC (H.264) hingga 1920 x 1080 50p
  • rentang ISO : ISO 100-25.600
  • Dimensi: 110,8 x 58,8 x 38.9mm (4,4 x 2,3 x 1,5 inci), 218g (£ 0,48) body only
Harga Belum Tersedia
Fitur
Fitur utama terbaru pada Sony NEX-5R meliputi desain sensor APS-C, kinerja sensitivitas lebih baik, sistem autofcus hibrida, aplikasi, konektivitas Wi-Fi, layar touchscreen yang dapat dimiringkan 180 derajat, tombol kontrol, dan tombol Fn.
Apps
Apps adalah fitur baru pada Sony NEX-5R. Seperti smartphone yang dapat mendownload secara langsung tanpa perlu komputer. Pengguna terlebih dahulu harus bergabung dengan Layanan Sony PlayMemories setelah selesai dan kamera terhubung ke Wi-Fi semuanya bisa dilakukan dengan mudah. Sejauh ini kami masih belum dapat mengetahui aplikasi apa saja yang kompatibel dengan kamera ini.
Bagaimana dengan kualitas dan bodi kamera ?
Bodi Sony NEX-5R terlihat memukau dan berkualitas tinggi sesuai apa yang kita dan Sony harapkan. Semua tombol memiliki fungsi, kinerja, dan mudah dipahami bahkan yang pertama kali menggunakannya sekalipun. Perhatian orang mungkin berbeda – beda, tapi tombol ini memiliki kegunaan yang cukup diperhitungkan untuk menunjang kenyamaan saat memakainya untuk menshoot gambar.
Salah satu fitur pada bodi yang patut diacungi jempol adalah baterai dan penutup slot kartu penyimpanan. Dirancang sedemikian rupa sehingga jika dipasang pada tripot dapat diakses tanpa harus melepasnya pada pegangan. Hal ini sering diabaikan oleh desainer pada kamera lain.
Penambahan tombol dial dan fungsi kontro baru benar – benar mengubaha cara kita menggunakan kamera saat pengambilan gambar. Kami menemukan bahwa ketika mengambil gambar jempol kitalah yang akan bertugas untuk mensetting aperture dan shutter speed dengan cepat.
Layar touchscreen berukuran 3 inchi memiliki resolusi 921 k ditempat teduh dapat menambilkan gambar dengan jelas namun bila di bawah sinar matahari cerah permukaannya mengkilap, menyusahkan kita untuk melihat detail gambar pada layar. Tapi bisa disiasati dengan menutupnya dengan tangan atau cara yang lain. Selama pengujian, kinerja layar sentuh ini memuaskan, dapat menerima respon sentuhan cukup sensitif serta mampu memiliki titik fokus dengan jari dan dapat dijadikan sebagai tombol shutter sentuh seperti smartphone.
Kesimpulan
Sony NEX-5R penyempurnaan yang terbilang sukses, memiliki fitur download aplikasi memungkinkan kita untuk customisasi dengan cepat dan mudah. Sistem AF hybrid terbaru bekerja dengan baik dengan point fokus yang dapat dipilih dan mengunci target dengan cepat. Meski tidak mengalami banyak perubahaan pada bodi, penambahan tombol dan pengaturan tata letak baru mempermudah action saat menjepret gambar.
  • Kelebihan
    • Bodi elegan dan berkualitas tinggi
    • AF Hybrid System baru lebih bertenaga
    • Banyak fitur, tombol kontrol baru.
  • Kekurangan
    • Refleksi layar mengganggu penghilatan jika dibawah sinar matahari
    sumber:eragadget.com
Powered by Blogger.