Cara Menikmati Sambal untuk yang Tak Tahan Pedas



Sambal, dari penampilannya, sudah sangat menggoda. Mereka yang gemar rasa pedas tak ragu menyantap sambal yang melengkapi hidangan makan.

Tambahkan rasa manis alami pada sambal dengan menggunakan gula merah dari buah kelapa, aren, atau lonta
Namun bagaimana dengan orang yang tak terlalu suka atau bahkan tak bisa makan pedas? Saat sambal begitu menggoda namun tak tahan dengan rasa pedasnya, ikuti saja anjuran ini.

* Gulirkan cabai dengan sedikit tenaga di antara kedua telapak tangan agar biji-biji terlepas dari tangkainya.
* Iris halus atau potong-potong cabai menjadi 6-8 bagian.

* Taburkan 1 sdm garam untuk 10 buah cabai, aduk rata dan tekan-tekan dengan sendok supaya rasa pedas dan panas tidak mengenai tangan. Diamkan 10-15 menit.

* Cuci bersih irisan cabai sambil membuang biji-biji yang terlepas. Tiriskan. Haluskan setelah cabai kering dan tak berair.

* Tambahkan rasa manis alami pada sambal dengan menggunakan gula merah dari buah kelapa, aren, atau lontar. Gula palem juga bisa menggantikan gula merah. Sebaiknya hindari gula pasir karena rasa manisnya terlalu menggigit.

Bagi penggemar rasa pedas, sambal memang tak mantap kalau nggak "nendang" pedasnya. Namun Anda yang mengurangi rasa pedas pada makanan juga tetap bisa menikmati sambal dengan selera berbeda.
Sumber: Disarikan dari buku Sambal, Sambal Colek & Saus Cocol, Yasa Boga (Gramedia Pustaka Utama)

No comments

PILIH PLATFORM KOMENTAR DENGAN MENG-KLIK BLOGGER,DISQUS ATAU FACEBOOK

Powered by Blogger.