8 Bahan Penyegar Sambal

Rasa pedas sambal membuat makanan lebih lezat saat disantap, apalagi jika sambal ditambahkan penyegar alami. Selain gula dan garam, bahan penyegar sambal juga bisa didapat dari bahan makanan yang mengandung asam. Contohnya:

1. Asam jawa. Buah asam yang matang, dalam keadaan terkupas dan masih mengandung biji bisa digunakan untuk menambah rasa segar pada sambal. Jika tak menemukan asam matang, Anda bisa menggunakan asam muda yang berwarna kehijauan. Sebelum digunakan, rendam asam muda dengan sedikit air, diremas-remas lalu diambil airnya.

2. Air jeruk. Rasa asam dan segar dari jeruk nipis, jeruk limau kesturi, atau jeruk sambal, lemon cui atau limau kacau, sering digunakan untuk membuat sambal. Anda bisa memilih sesuai selera, karena masing-masing penyegar ini punya aroma, penampilan, dan cita rasa yang khas. Untuk jeruk nipis, Anda bisa memilih jeruk nipis muda berwarna hijau dengan kadar air yang masih sedikit, atau jeruk nipis masak yang berwarna kekuningan dengan kadar air lebih banyak.

Sementara jeruk sambal atau limau kesturi berukuran lebih kecil daripada jeruk nipis, dengan kulit bergelombang tidak rata. Cara mengolah jeruk sambal adalah dengan dibelah dua, dibuang bijinya, dan diperas airnya. Lalu masukkan kulit jeruk dengan ditekan-tekan ke dalam sambal untuk memperoleh aroma segar yang lebih kuat. Lemon cui bentuknya seperti jeruk sambal, kulitnya licin, berwarna hijau atau hijau kekuningan, dengan daging buah berwarna jingga.

3. Belimbing sayur. Tambahkan belimbing sayur secukupnya saat membuat sambal. Buah belimbing sayur yang cukup tuanya, serta padat berair, memiliki rasa asam segar yang enak. Anda juga bisa memilih belimbing muda yang sangat asam dan mengandung sedikit rasa getir sebagai penyegar sambal.

4. Ceremai. Sambal terasa lebih segar dengan tambahan buah ceremai tua berwarna kekuningan.

5. Mangga muda atau mengkal. Cincang atau serut daging mangga muda, apapun jenisnya. Padukan mangga muda dengan sambal terasi, sambal petis, atau sambal kemiri.

6. Kedondong muda atau mentah. Sama seperti buah mangga, kedondong hanya diambil dagingnya saja dengan cara dicincang atau diserut.

7. Kemang. Aroma buah kemang yang tajam membuat sebagian besar orang tak menyukainya, namun tak sedikit yang memilih buah ini sebagai bahan penyegar sambah. Buah kemang mirip mangga, kulitnya putih kekuningan bertotol-totol coklat.

8. Gandaria. Pilih buah gandaria muda, bentuknya bulat dengan diameter 2-3 cm, berkulit hijau, dagingnya putih, sedangkan kulit biji di dalamnya berwarna keunguan. Buah ini juga jadi pilihan penyegar sambal.

No comments

PILIH PLATFORM KOMENTAR DENGAN MENG-KLIK BLOGGER,DISQUS ATAU FACEBOOK

Powered by Blogger.