Dinosaurus Selamat dari Serangan Meteor?

Ilmuwan memperkirakan bahwa meteor bukanlah penyebab utama kemusnahan dinosaurus. Hewan purbakala ini selamat 700 ribu tahun lebih lama dari perkiraan.Pernyataan itu berdasarkan penelitian fosil New Mexico terbaru. Jika kenyataan ini benar, muncul keraguan soal teori yang sudah lama dipercaya bahwa dinosaurus yang pernah mendiami bumi 65,5 juta tahun hingga 66 juta tahun lalu musnah karena serangan meteor raksasa ke Bumi.
Headline
Foto: Ilustrasi
Debu dari tabrakan masuk ke atmosfer sehingga menghalangi sinar matahari. Ini menyebabkan kondisi temperatur Bumi ekstrim sehingga membunuh tumbuhan, sumber makanan dinosaurus.
Berdasarkan tes di fosil dinosaurus pemakan tumbuhan di New Mexico, umur hewan ini sekitar 64,8 juta tahun. Ini berarti setidaknya dinosaurus hidup 700.000 tahun lebih lama dari perkiraan musnahnya dinosaurus.
Tim dari Alberta University, Kanada, mengunakan metode penanggalan langsung untuk mengukur umur hadrosaurus, herbivora raksasa. Sinar laser memindahkan partikel kecil fosil kemudian diukur menggunakan penanggalan radioaktif.
Pemimpin studi Dr. Larry Heaman mengatakan ada kemungkinan di beberapa tempat, tumbuhan tidak musnah sehingga beberapa spesies hadrosaurus dapat hidup. Namun kemungkinan telur dinosaurus bertahan hidup di cuaca ekstrem Bumi masih harus dipelajari lebih lanjut

No comments

PILIH PLATFORM KOMENTAR DENGAN MENG-KLIK BLOGGER,DISQUS ATAU FACEBOOK

Powered by Blogger.