Cara ber KB dengan sistem kalender

Sahabat , tahukah anda bahwa seorang perempuan yang subur setiap bulan akan menghasilkan satu atau dua sel telur. Jika setiap bulan secara rutin seorang perempuan mendapat menstruasi maka jumlah sel telur dalam tubuhnya akan terus berkurang dan semakin sedikit, sehingga tibalah saat yang disebut menopause.
Sel telur  atau ovum ini awal mulanya adalah embrional oogonium , yang menjadi cikal bakal terbentuknya ovum atau sel telur tersebut. Menurut usia perempuan jumlah oogonium ini berbeda - beda .
Bayi baru lahir                 : 750. 000 oogonium
Usia 6 - 15 tahun           : 439. 000 oogonium
Usia 16 - 25 tahun        :  159.000 oogonium
Usia 26 - 35 tahun        :  59.000  oogonium
Usia 35 - 45 tahun       :   34.000  oogonium
Masa menopouse         :   semua hilang
(Sinopsis Obstetri, Prof  DR Rustam Muchtar MPH, DSOG )
Sebelum kita pahami bagaimana cara ber kb dengan sistem kalender, mari kita mengenal dulu bagaimana fungsi kedua  indung telur  atau ovarium. Ovarium adalah organ reproduksi yang sangat penting bagi perempuan. Tanpa ovarium maka seorang perempuan  tidak akan pernah menghasilkan sel telur.
Jumlah indung telur  ada dua, yakni  di kanan dan kiri dari luar sisi rahim. Indung telur ini menghasilkan hormon estrogen dan progesteron.Pada keadaan dimana siklus menstruasi berlangsung  rutin setiap bulan,menjadi salah satu pertanda  fungsi hormon estrogen dan progesteron berlangsung normal, maka seorang perempuan dapat dikatakan memiliki siklus teratur.
Nah di sinilah kunci utama keberhasilan  kb kalender. Mengapa demikian ? KB dengan sistem kalender hanya bisa dilakukan pada perempuan  yang memiliki siklus menstruasi teratur.
Untuk dapat mencapai keberhasilan dalam ber KB dengan sistem kalender, disarankan seorang perempuan/ ibu melakukan pengamatan dulu sekurang - kurangnya selama 3 bulan siklus menstruasi.
Pada umumnya siklus menstruasi ini ada beberapa perbedaan waktu berselang. Ada seorang perempuan yang  mempunyai siklus panjang,  dan ada pula yang memiliki siklus pendek. Bila siklus tetap dan teratur umumnya  siklus 28 hari.
Kapan masa subur bisa diketahui dengan sistem kalender ini?
Masa subur terjadi pada hari ke 14 sebelum masa menstruasi berikutnya. Sebagai contoh, bila seorang perempuan mendapat menstruasi teratur dan selesai periode menstruasi pada tanggal 1, maka masa subur akan datang sekitar tanggal 28,  jadi pada tanggal 14  seorang perempuan akan mengalami masa subur. saat inilah sel telur matang dan siap dibuahi.
Bila pada saat ini melakukan hubungan suami istri maka peluang hamil cukup besar ( dengan catatan kondisi sperma dalam keadaan baik dan sehat ),
Namun jika ingin menghindari kehamilan maka harus berpantang hubungan suami istri pada masa menjelang masa subur tersebut, karena sperma masih bisa bertahan sampai 2 x 24 jam setelah ejakulasi Hari pantang hubungan  di mulai 2 atau 3 hari sebelum masa subur  ditambah 2 atau 3 hari sesudahnya. Sambil memperhatikan pengeluaran lendir yang keluar dari alat kelamin.
Bila merencanakan kehamilan, maka disarankan melakukan hubungan seksual pada saat 2 hari sebelum masa subur yakni sekitar tanggal 12  sampai  dengan 2 hari sesudahnya yakni tanggal 16.
Sahabat bidancare, cara ber - KB dengan sistem kalender ini sangat dianjurkan dari sisi agama,  karena bersifat alamiah.
Hal - hal yang harus diperhatikan adalah :
Bahwa  kondisi tekanan mental, stres pekerjaan dan kondisi gisi , status kesehatan sangat berpengaruh terhadap kestabilan fungsi hormon dalam tubuh perempuan. Meskipun demikian tak sedikit para ibu yang berhasil menggunakan metode ini.


No comments

PILIH PLATFORM KOMENTAR DENGAN MENG-KLIK

Powered by Blogger.