Seandainya Ibukota RI Dipindah Dari Jakarta



Jakarta(Djakarta News)- Jakarta adalah Ibukota Republik Indonesia.Jakarta menjadi propinsi dan ditetapkan sebagai Daerah Khusus Ibukota Jakarta.Karena Jakarta menjadi ibukota, maka pemerintah pusat berada di Jakarta, demikian juga dengan kedutaan besar negara-negara sahabat.

Jakarta juga menjadi pusat bisnis nasional.Segala kegiatan perdagangan di tanah air banyak dipusatkan di Jakarta. Dengan demikian banyak orang dari penjuru tanah air datang ke Jakarta dengan berbagai kegiatan.Sehingga terjadi urbanisasi, dan banyak yang kemudian memutuskan untuk tinggal di Jakarta. Semakin lama Jakarta semakin bertambah penduduknya, dan berbagai masalah akhirnya timbul di Jakarta.

Pada masa perjuangan ibukota Jakarta pernah mengalami perpindahan yaitu ke Yogyakarta.Pada masa kini. sering muncul wacana untuk memindahkan ibukota RI dari Jakarta, karena Jakarta telah penuh sesak. Mungikinkah ibukota RI pada masa kini bisa dipindah? Untuk memindahkan ibukota negara memang membutuhkan anggaran yang besar, tetapi kerugian akan lebih besar jika Ibukota RI akan tetap seperti ini.

Apa yang akan terjadi dengan Jakarta seandainya ibukota RI benar-benar dipindah? Dan di manakah tempat yang paling tepat sebagai pengganti Jakarta sebagai Ibukota RI? Mungikin akan ada jawaban beragam yang menarik.Seandaianya Ibukota Jakarta pindah, Jakarta akan menjadi lebih sepi, lebih tertib, lalulintas lebih lancar, kriminalitas berkurang, kesehatan masyarakat lebih baik,dan lain-lain yang jelas akan menjadi lebih positif untuk Jakarta. Untuk kepentingan yang lebih luas, pemerataan di Indonesia bisa lebih cepat.

Bagaimana dengan pendapat kalau tempat yang tepat sebagai pengganti Ibukota Jakarta adalah di Kalimantan atau di Papua?

No comments

PILIH PLATFORM KOMENTAR DENGAN MENG-KLIK

Powered by Blogger.