pergantian taksi unik new york

  Selain disebut-sebut sebagai kota tersibuk di dunia, New York juga terkenal dengan julukan Kota Taksi. Ribuan armada taksi berwarna kuning (yellow cab) menjadi identik dengan "The Big Apple" karena menjadi salah satu andalan transportasi di kota ini.

Nah, Komisi Taksi dan Limusin (Taxi and Limousine Commission/TLC) New York tengah mencari kandidat pengganti taksi berbentuk sedan ortodoks tersebut. Kompetisi dilakukan dengan tender terbuka, dan sudah bergulir sejak pertengahan tahun ini.

Dari ribuan kandidat peserta yang mendaftar, terpilih tiga finalis yang bersaing memperebutkan kontrak kerja sama dengan TLC, setidaknya untuk 10 tahun. Dari ketiga finalis ini, ada produsen Karsan Otomotiv asal Turki yang bersaing dengan finalis lain, yakni Ford Motor Company dan Nissan Motor Company.

"Taksi kuning merupakan salah satu ikon kota New York dan sudah menjadi bagian penting dari sarana transportasi massal. Kami berencana menciptakan armada baru di kota ini yang lebih aman, ramah lingkungan, dan nyaman dari yang ada sekarang ini," ujar Wali Kota New York Michael Bloomberg.

Karsan Otomotiv menampilkan produk multigunanya V1 terlihat paling menonjol dari kandidat lainnya. Bentuknya van dan memiliki kelebihan akses penumpang untuk penyandang cacat. Meski demikian, Kepala TLC David Yassky mengatakan bahwa meski menarik, tetapi Karsan Otomotiv masih minim pengalaman dalam hal produksi dan menjual mobil di AS.

Ford mengandalkan model Transit Connect yang diproduksi di Turki. Van kompak ini lebih banyak dikenal karena sudah umum digunakan di Eropa. Selain itu, Transit Connect juga dinobatkan sebagai North American Truck of the Year 2010 di ajang Detroit Auto Show, awal tahun ini.

Sedangkan Nissan mengajukan mobil baru yang dikembangkan dari model NV200. Berbeda dengan dua model di atas, cuma Nissan yang menawarkan armada taksi baru meninggalkan mesin konvensional dan menggunakan energi listrik murni.

TLC akan mengumumkan pemenang dari kompetisi ini awal tahun depan, sedangkan penyebaran unit terpilih baru dilakukan mulai 2014 mendatang setelah produk lawas yang masih beroperasi saat ini "pensiun". Sampai sekarang, New York memiliki 13.237 unit taksi dengan 16 model berbeda dari sembilan pabrikan mobil di dunia.


No comments

PILIH PLATFORM KOMENTAR DENGAN MENG-KLIK BLOGGER,DISQUS ATAU FACEBOOK

Powered by Blogger.