Cara kerja mesin hybrid terlengkap
Mesin pendorong mobil berteknologi hybrid memiliki 2 mesin yang berbeda :
Memilik Satu unit mesin bensin atau
diesel dan sebuah mesin elektrik atau bisa disebut juga generator. Mesin
utama yang digunakan adalah mesin bensin/diesel. Namun ukurannya
relatif kecil dan memiliki tenaga yang lebih kecil dibandingkan mesin
mobil normal. Ketika mesin bensin/diesel bergerak dengan putaran mesin
yang relatif tinggi/berlebih saat itu pula mesin elektrik merubah
energie dari perputaran mesin yang relatif tinggi/berlebih menjadi
energie listrik dan selanjutnya disimpan di sebuah baterai khusus.
Energie yang berlebihan ini timbul dari
mesin bensin/diesel . contoh : Pergerakan mobil pada jalan yang datar.
Mesin hybrid memanfaatkan energie gerak yang dihasilkan oleh mesin
bensin/diesel. Hal ini terjadi apabila pengemudi melepaskan pedal gas
dan ketika menginjak pedal rem. Hal ini bisa disebut Renewable energie
atau energie yang dapat didaur ulang atau dapat digunakan kembali.
Apabila energie yang telah tersimpan di baterai sewaktu-waktu diperlukan
secara otomatis maka energi yang tersimpan ini langsung di salurkan ke
mesin elektrik dan kemudian dari mesin elektrik ini diubah menjadi
energi gerak. Misalnya ketika mobil dalam keadaan menanjak atau ketika
mobil ingin mendahului.
Mesin Hybrid dapat di juluki mesin yang dapat berpikir.
Misalnya ketika menunggu di persimpangan
jalan/lampu merah, mesin bensin/diesel secara otomatis akan mati. Mesin
bensin/diesel juga akan mati ketika pengereman dan ketika mesin tidak
melakukan pembakaran/kompressi. Mobil hybrid tidak memerlukan tempat
untuk pengisian baterai seperti telepon genggam, karena baterai akan
diisi secara otomatis oleh mesin elektrik. Kedua mesin ini dapat bekerja
sama dengan bantuan komputer dan sensor yang telah diprogram
berdasarkan kebutuhan. Mobil Hybrid adalah mobil ramah lingkungan dan
hemat energi.
Starting Off
Ketika mobil off, Hybrid Synergy Drive hanya menggunakan listrik motor, didukung oleh baterai, sedangkan gas / mesin bensin tetap tertutupoff. sebuah mesin bensin tidak bisa menghasilkan torsi tinggi di kisaran rpm rendah, sedangkan motor listrik dapat - memberikan yang sangat responsif dan halus mulai.
Mid-Speed Driving
sebuah mesin mobil tidak terlalu hemat energi dalam menjalankan mobil dalam kecepatan pertengahan jangkauan. Di lain pihak, sebuah motor listrik adalah energi yang efisien dalam menjalankan mobil di kisaran pertengahan kecepatan. Oleh karena itu, Hybrid Synergy Drive menggunakan energi listrik yang disimpan dalam baterai untuk menjalankan mobil di motor listrik dalam kecepatan kisaran pertengahan.
Cruising/Recharging
Sejak Hybrid Synergy Drive mengoperasikan gas / bensin mesin dalam efisiensi tinggi jangkauan, gas / mesin bensin dapat menghasilkan listrik lebih dari yang diperlukan untuk menggerakkan mobil. Dalam hal ini, kekuatan surplus dikonversi menjadi energi listrik oleh generator yang akan disimpan dalam baterai.
Full Acceleration
Ketika akselerasi kuat (misalnya, untuk mendaki lereng curam atau menyalip) daya dari baterai yang dipasok ke motor listrik suplemen mengambil alih kekuasaan. Dengan menggabungkan kekuatan dari gas / bensin mesin dan motor listrik, Hybrid Synergy Drive memberikan kekuatan sebanding dengan mobil yang memiliki kapasitas mesin lebih besar satu kelas.
Deceleration/Regenerating Energy
Dalam pengereman atau ketika pedal gas diangkat, Hybrid Synergy Drive menggunakan energi kinetik dari mobil untuk membiarkan roda putar motor listrik, yang berfungsi sebagai generator. Energi yang biasanya hilang sebagai gesekan panas bawah perlambatan diubah menjadi energi listrik, yang ditemukan di baterai untuk digunakan kembali nanti.
At Rest
gas / mesin bensin, motor listrik dan generator menutup secara otomatis ketika mobil datang untuk beristirahat.