Cara kerja mesin 4 tak (4 langkah )
Cara kerja mesin 4 langkah (4 tak) ada
empat macam yaitu : langkah hisap, langkah kompresi, langkah pembakaran
dan langkah buang.
- Langkah hisap. Piston bergerak kebawah (gambar 1), katup hisap terbuka dan katup buang menutup. Campuran udara dan bahan bakar dihisap masuk (melalui katup hisap)
Langkah kompresi. Piston bergerak keatas kedua katup menutup. Udara dan bahan bakar dimampatkan
Langkah
pembakaran. Sesaat sebelum piston mencapai puncak busi memercikan
bunga api dan membaka campuran oksigen dan udara. Tekanan meningkat dan
mendorong piston kebawah (kedua katup menutup). Daya mekanik inilah
yang dimanfaatkan untuk menggerakan mesin.
Langkah
buang. Setelah piston mencapai akhir dari langkah,
katup buang membuka piston bergerak keatas mendorong sisa pembakaran
keluar menuju knalpot.
Siklus ini terus berulang (piston
bergerak keatas dan kebawah). Gerakan piston keatas dan kebawah ini
dimanfaatkan dengan cara merubahnya menjadi gerakan memutar dan
dihubungkan ke gear box.
Komponen-komponen mesin 4 tak adalah:
Busi berfungsi untuk memercikaan api, katup berfungsi untuk menutup
menutup lubang silinder, piston berfungsi untuk mengatur volume ruang
pembakaran, batang penghubung berfungsi untuk menghubungkan piston
dengan crankshaft, crankshaft merubah gerakan naik turun piston
(vertikal) menjadi gerakan memutar.