Cara menjalankan katering rumahan bagi pemula

Hai guys,bingung mau berbisnis apa hari gini? Kamu punya passion gak? Kalau punya coba ide bisnis ini guys.Bisnis kuliner memang tidak ada habisnya, banyak sekali pengusaha yang berhasil menemukan ide baru dari bisnis kuliner. Mulai dari jenis makanan, minuman, penyajiannya, tempatnya, harganya, dan sistem bisnisnya yang berbeda-beda dan menunjukkan ciri khasnya sendiri. Bisa dikatakan kalau salah satu bisnis yang tidak ada matinya adalah bisnis kuliner.


Berbicara tentang bisnis kuliner, salah satu yang cukup menjanjikan adalah katering makanan. Bisnis yang satu ini sudah banyak dijalankan oleh para pengusaha, bahkan anaknya pak Presiden Jokowi saja punya bisnis katering yang sudah maju dan sukses.

Banyak orang mencoba peruntungannya di dalam usaha katering makanan ini, namun hanya sekian persen saja yang bisa berhasil. Kenapa hal itu bisa terjadi? Penyebabnya adalah karena mereka fokus terhadap makanannya dan melupakan bisnisnya.
Bisnis tetaplah bisnis, entah itu kuliner, pakaian, jasa, atau yang lainnya, bisnis tetap punya sistemnya sendiri dan bisa dibilang jenisnya hanya sebagai perantara saja.

Jika anda ingin membuka bisnis katering atau sedang menjalankan bisnis ini, ada baiknya anda perhatikan 10 poin berikut ini yang merupakan tips sukses dalam bisnis kuliner, khususnya katering makanan :

1. Modal usaha yang tersedia
Berapa modal usaha untuk membuka katering makanan ini? Mulai dari 500 ribu, 1 juta, 2 juta, 3 juta, 5 juta, 10 juta, 100 juta, dan jangan membatasi berapa modal yang bisa anda keluarkan untuk sebuah bisnis. Kalau modalnya besar, maka bisnisnya bisa dimulai dengan besar pula, kalau modalnya pas-pasan, maka keluarkan kreatifitas anda sendiri.

Banyak pengusaha yang gagal di tengah jalan hanya karena modalnya yang terbatas (saya mengalaminya sendiri). Namun, masalah modal bukan hanya anda yang mengalaminya saja, karena masih banyak orang yang mengalami hal seperti ini. Kalau kurang modal, anda bisa menarik investor untuk memberikan dananya dan mengajak kerja sama bisnis dengan anda.

2. Sumber daya yang cukup
Peralatan, perlengkapan, pegawai yang bekerja sesuai dengan tugasnya, bahan baku yang tersedia, dan lain sebagainya harus anda siapkan dengan matang dan lengkap. Saya yakin jika di dapur anda terdapat banyak sumber daya, maka akan lebih banyak inovasi yang keluar dari hal itu, koki anda bisa memasak makanan lain yang enak dan lezat sebagai salah satu menu tambahan lain.

3. Kualitas masakan yang terjaga
Mungkin anda bisa memasak enak, namun apakah karyawan anda bisa memasak seperti anda tanpa merubah rasanya? Makanan adalah rasa, dan itu salah satu kunci dalam setiap bisnis kuliner. Usahakan anda selalu menyediakan makanan yang punya rasa tetap, tidak berubah meski anda atau koki anda tinggalkan.

Makanan enak, bersih, rapi, dengan penyajian yang khas akan membuat pelanggan menyukai produk kuliner yang anda berikan.

4. Konsistensi seorang pengusaha
Seperti kata seorang sukses : "alasan kenapa banyak orang gagal adalah hanya karena mereka melupakan mimpi besarnya dan menyerah terhadap keadaan".Saya selalu mengingat kalimat di atas dan saya jadikan sebagai pemicu di saat terburuk saya sekalipun, saya selalu ingat bahwa saya punya cita-cita untuk sukses di dunia usaha. Banyak orang gagal hanya karena bisnisnya sepi, padahal masih banyak orang yang hanya bermimpi untuk memulai bisnisnya tanpa pernah bisa melangkah sejauh yang anda lakukan saat ini.

Jika anda konsisten, maka sukses hanya tinggal menunggu waktu saja!

5. Promosi yang terus menerus
Pernahkah anda berfikir kenapa produk-produk yang sudah terkenal di masyarakat tetap memasang iklan di TV, internet, koran, dan media lainnya? Semua itu mereka lakukan karena mereka sadar bahwa promosi tidak boleh berhenti meskipun mereka sudah mencapai targetnya.

Pasarkan katering rumahan anda dengan baik terus menerus, buatlah jadwal yang sesuai untuk melakukan promosi. Entah bagaimana keadaan bisnis anda saat ini, namun promosi harus tetap dilakukan karena kita tak pernah tahu kapan promosi yang kita lakukan akan memberikan hasilnya. Ini juga sebagai bentuk konsistensi kita dalam bisnis.

6. Kreatifitas tiada henti
Apa sih yang khas dalam katering? Apakah nasi kotak dengan lauk di dalamnya saja? Kenapa anda tidak menambah minuman? Kenapa anda tidak menambah cemilan lainnya? Bukankah masih ada banyak jenis masakan lain yang bisa anda coba untuk mengembangkan bisnis ini?

Kreasi dan inovasi adalah kunci sukses dari sebagian besar bisnis di dunia ini. Mereka yang terlambat melakukan inovasi dan kreasi, merekalah yang sudah siap untuk dikalahkan pesaingnya secara menyakitkan, tak peduli siapa mereka saat ini.

7. Sistem bisnis yang baik
Sistem bisnis yang baik akan membuat bisnis berjalan dengan semestinya, dengan adanya sistem yang baik ini, anda tak perlu khawatir berapa kali karyawan keluar dan masuk di dalam bisnis anda, tak khawatir berapa banyak pesaing lainnya, dan berapa banyak menu baru yang menunggu untuk di pasarkan.

Saya ingat kutipan di bukunya Robert T Kiyosaki :"banyak orang bisa membuat burger yang lebih enak dari buatan McD, namun hanya sedikit yang memperhatikan sistem bisnis mereka".

8. Lokasi yang tepat dan terjangkau
Katering rumahan memang tidak terlalu mengedepankan posisi utama bisnis anda, karena bagian pemasaranlah yang bertugas untuk memasarkan produk anda. Namun jika anda punya tempat yang mudah dijangkau, misalnya di pinggir jalan, maka bisnis anda punya kelebihannya sendiri karena mudah dijangkau oleh pelanggan yang ingin mengunjungi tempat anda.

9. Jaringan bisnis yang kuat
Alasan kenapa bisnis kecil susah mengalahkan bisnis besar yang telah lama berdiri bukanlah karena produk mereka yang lebih baik, namun karena jaringan bisnisnya yang besar dan sudah punya relasi banyak di luar sana.

Jika anda ingin menyaingi bisnis yang lebih besar, maka perhatikan siapa saja yang bekerja sama dengan mereka, gunakan sistem bisnis ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Buatlah jaringan bisnis anda sendiri, kuatkan, dan kembangkan hingga lebih besar dari saingan anda.

10. Pelayanan yang baik dan profesional
Posisikan diri anda sebagai seorang konsumen, rasakan apa yang mereka rasakan dengan bisnis anda. Apakah makanannya kurang enak, kurang banyak, kurang rapi? Atau pelayanannya kurang memuaskan? Perhatian hal seperti itu agar pelanggan anda puas dengan pelayanan yang anda berikan di dalam bisnis.
Selamat mencoba ya gara,sukses selalu. :) 

No comments

PILIH PLATFORM KOMENTAR DENGAN MENG-KLIK BLOGGER,DISQUS ATAU FACEBOOK

Powered by Blogger.