Cara dan petunjuk berpuasa yang baik dan benar

Tips Berpuasa Yang Baik dan Benar di Bulan Ramadhan | Menjalankan Ibadah Puasaadalah kewajiban bagi seluruh umat islam di muka bumi ini. Karna dengan kita menunaikan ibadah puasa dapat mengurangi segala dosa-dosa yang telah kita perbuat selama ini dalam hidup kita. Hikmah dari berpuasa sendiri adalah mendapatkan berkah dari Allah SWT, atas kenikmatan yang selama ini Allah berikan kepada anda semua. Jadi kita sebagai umat muslim wajib hukumnya menjalankan ibadah puasa di bulan suci ramadhan ataupun bukan bulan ramadhan (Bulan Puasa).

Tips Berpuasa Yang Baik dan Benar di Bulan Ramadhan

Buat anda yang masih belum tahu cara berpuasa yang sehat dan di ridhoi oleh Allah, berikut ini bisa anda simak Tips Berpuasa Yang Baik dan Benar di Bulan Suci Ramadhan 1436 Hijriyah 2015 yang bisa anda baca langsung di bawah ini sebagai berikut:

 1#) Niat Berpuasa
Berpuasa tanpa niat mungkin anda masih tetap bisa mendapatkan manfaat dari sisi kesehatan, sosial, maupun kejiwaan. Tapi untuk urusan pahala, jangan harap anda akan mendapatkannya. Niat Puasa yang ikhlas bisa membantu anda untuk konsisten dalam menjalankan ibadah puasa.

2#) Makan Sahur
Usahakan buat anda untuk melaksanakan makan sahur sebelum berpuasa. Makanlah makanan dengan kadar protein tinggi. Pencernaan dan penyerapan makanan juga menjadi lebih lama dibandingkan dengan makanan yang kadar karbohidratnya tinggi. Setelah sahur, tambahkan susu tanpa lemak dan suplemen multivitamin agar stamina tetap tubuh anda tetap terjaga.

3#) Kebutuhan Kalori
Kalori akan menghasilkan tenaga yang dibutuhkan oleh manusia. Dalam sehari wanita membutuhkan kalori sekira 1900 kalori, sedangkan pria 2100 kalori.

Saat berpuasa tentunya anda bisa memenuhi angka tersebut pada saat berbuka dan saat makan sahur. Oleh karena itu, sebaiknya pilih makanan yang alami, agar makanan gampang diubah menjadi kalori tanpa menghasilkan efek negatif bagi tubuh, seperti kandungan bahan kimia dalam makanan olahan. Banyak sumber kalori yang bisa anda peroleh dari nasi, jagung, atau mie. Protein bisa didapat dari daging, tahu, dan lainnya.

4#) Rajin Olahraga
Tubuh anda akan semakin lesu jika anda tidak berolahraga. Tidak harus olahraga yang banyak mengeluarkan keringat, tapi cukup berolahraga yang banyak mengeluarkan keringat, tapi cukup olahraga ringan saja seperti jalan kaki, naik sepeda, dan lain-lain. Waktu berolahraga yang baik adalah menjelang berbuka puasa.

5#) Tidur Siang
Dengan tidur siang dapat membantu anda agar tidak mengeluarkan cairan tubuh berlebihan karena sengatan matahari atau yang lainnya. Selain itu dengan tidur siang akan mengurangi rasa lapar yang berasal dari perut anda.

6#) Makan Secukupnya
Anda lapar karena seharian berpuasa bukan alasan untuk mengumbar nafsu makan saat berbuka puasa. Lihatlah kebutuhan yang harus anda penuhi. Karbohidrat 50-60 persen, protein 10-20 persen, lemak 20-25 persen, cukup vitamin dan mineral dari sayur-sayuran dan buah-buahan.

Makanlah secukupnya, Anda bisa mulai dengan menikmati makanan ringan atau minuman yang manis-manis seperti kolak, kurma atau teh manis. Makanan manis mengandung karbohidrat sederhana yang akan mudah diserap dan segera menaikkan kadar gula darah.

Setelah shalat magrib, makan makanan pelengkap yang terdiri dari nasi atau pengganti nasi, protein dari ayam, ikan, atau daging, tahu atau tempe, serat dari sayuran, dan buah-buahan.

Setelah salat tarawih, Anda dapat makan cemilan berupa roti atau buah. Pembagian makan bisa anda lakukan seperti ini: 50 persen untuk berbuka, 10 persen setelah salat tarawih, dan 40 persen waktu makan sahur.

7#) Minum Air
Memang sangat sederhana, Tapi justru ini yang sering dilupakan orang ketika adzan magrib berkumandang. Kebutuhan air tidak boleh anda abaikan begitu saja. Tidak harus air putih. Kalau anda menginginkan variasi, Anda bisa memilih teh, susu, jus buah, es buah, koktail buah, atau juga kuah sayur.
Powered by Blogger.