Cara agar tetap sehat walau begadang

begadang, demi pekerjaan harus begadang, begadang malam hari, efek buruk begadang, manfaat begadang,7 tips sehat begadang
Dari segi arti bahasa, begadang adalah berjaga tidak tidur hingga larut malam. Banyak alasan seseorang melakukan begadang. Mulai dari faktor gangguan kesehatan (insomnia) hingga karena pekerjaan mengharuskan seseorang tidak tidur sepanjang malam.
Begadang tidak banyak dipermasalahkan terlebih jika untuk keperluan yang memang dibutuhkan. Apalagi sebagian besar masyarakat menganggap bahwa waktu tidur yang terpakai untuk begadang bisa diganti dengan tidur siang harinya. Anggapan bahwa tidur siang bisa menggantikan tidur malam sebenarnya salah.
Tidur malam tidak bisa diganti dengan tidur siang, malam begadang dan siang tidur. Hal itu justru akan merusak sistem tubuh dan jadwal tidur. Sebaiknya selalu penuhi jatah tidur malam hari secara konsisten. Maksudnya malam hari tetap tidur dan siangnya untuk beraktivitas, bukan sebaliknya.

Efek Buruk Begadang Bagi Kesehatan

Begadang ternyata bukan sekadar menimbulkan kantuk bagi pelakunya di siang hari. Dikutip dari Boldsky Magazine, kurang tidur di malam hari sangat mempengaruhi metabolisme tubuh. Tidak hanya merusak sel otak, tapi juga memicu berbagai masalah kesehatan. Masalah kesehatan yang muncul diantaranya obesitas, sistem imun melemah, sakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, sakit kepala dan melemahkan saraf.
Namun, bagi sebagian orang begadang bukan menjadi kegiatan tanpa guna, bahkan menjadi sebuah kewajiban. Misalnya seperti para pekerja yang masuk shift malam atau petugas keamanan yang berjaga saat malam hari dan yang lainnya. Atau mereka yang masih sibuk hingga malam hari, padahal siang harinya akan menjalani rutinitas seperti biasa. Jika demikian harus segera ditemukan solusi agar meskipun begadang kondisi tubuh tetap sehat

Tips Sehat Begadang

Tidur pagi bukan solusi untuk mengganti waktu tidur malam hari yang sudah terlewatkan. Para ahli bahkan mengungkapkan bahwa hal itu tidak mempengaruhi kualitas tidur sama sekali seperti saat dilakukan malam hari.
Namun untuk menghindari gangguan-gangguan kesehatan yang diakibatkan karena begadang, para ahli menyarankan beberapa hal ini untuk dilakukan. Berikut ini 7 tips sehat begadang yang bisa Anda lakukan:
  1. Sukai konsumsi makanan yang kaya lemak
  2. Siapkan air putih dan madu sebelum begadang
  3. Hindari angin malam secara langsung
  4. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran
  5. Hindari makanan berat (berkarbohidrat tinggi seperti nasi)
  6. Lakukan gerakan-gerakan ringan secara berkala selama begadang
  7. Jangan langsung mandi pada pagi hari setelah begadang
Demikian beberapa tips sehat yang bisa Anda lakukan sebelum, saat, dan setelah begadang. Anda bisa mengaplikasikan tips ini untuk waktu-waktu yang memang diharuskan begadang seperti pekerjaan atau beribadah. Akan tetapi bagaimana pun juga tidur malam merupakan pilihan terbaik untuk menjaga tubuh agar selalu sehat.
Powered by Blogger.