Bacaan Lengkap Doa Buka Puasa Ramadan 2015

pada bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan ampunan beserta rahmat-Nya, sepanjang hari umat Islam didunia menjalan ibadah puasa selama 30 hari penuh. Dengan menjalankan puasa di bulan Ramadhan kita mendapatkan kebahagiaan dari Allah yang senantiasa selalu melimpahkan rizki serta karunianya kepada kita semua.

doa-berbuka-puasa

Yang sebagaimana sudah tertulis dalam sebuah hadis, “Bagi orang yang melaksanakan puasa ada dua kebahagiaan; kebahagiaan ketika berbuka puasa dan kebahagiaan ketika bertemu dengan Rabb-Nya (muttafaq’alaihi). Dari mereka yang menjalankan ibadah puasa dalam hadis diatas akan mendapat dua kebahagiaan, pertama saat kita berbuka puasa dan kedua pada saat nanti kita bertemu dengan Tuhannya.
Bagi merek yang akan menerima kebahagiaan ketika berbuka puasa bukan mempunyai arti karena merasa disulitkan atau disusahkan oleh kewajiban kita, melainkan karen kita melakukan ketaatan dengan berpuasan yang merupakan rukum Islam yang ke tiga. Yang nantinya akan muncul kepuasan batin atas perkara yang melakukan ibadah puasa dan ketaatan tersebut serta mengharap pahala dan ampunan-Nya.
Pada bulan puasa setelah umat Islam berlapar diri dengan semata demi mancari ketaatan semata kepada Allah SWT, menjalankan ibadah puasa dari terbitnya matahari sampai pada terbenamnya matahari, dan menahan diri dari setiap perbuatan yang dapat merusak serta membatalkan ibadah pasa kita.
Nanti akan tiba saatnya Allah memberi balasan kepada hamba-hambanya yang dengan cara memberi kebahagiaan pada saat kita berbuka puasa, serta balasan pada akhir hari nanti saat bertemu dengan Rabb-Nya. Pada saatnya nanti makhluk hidup yang diyakini pasti akan bertemu dengan pencipta-Nya hanya dapat diyakini oleh orang-orang yang beriman serta golongan orang-orang yang shaleh.
Allah berfirman (yang artinya),”Wahai manusia, sesungguhnya engkau bekerja keras menuju Tuhanmu, maka engkau akan menemuinya.” (QS. Al Insyiqaq, 84 : 6) maksud dari firman diatas adalah kelak mereka yang bertemu dengan Allah kelak akan berada dalam satu dari dua golongan, yaitu golongan yang sengsara dan golongan orang yang mendapat kebahagiaan.
Mereka yang nantinya menghadap Allah dengan beriman, islam serta ketakwaan akan mendapatkan kebahagiaan nantinya. Kecuali orang-orang yang beriman serta beramal shaleh, pahalanya bagi mereka tidak akan pernah putus. (QS. At-Tin , 95:6)

Berikut bacaan berbuka puasa :

“Allahummalakasumtu wabika aamantu wa ala rizqika afthortu birohmatika yaa arhamarrohimi”
Artinya : Ya Allah keranaMu aku berpuasa, dengan Mu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat MU, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.
Powered by Blogger.