INILAH EFEK BURUK JIKA ANDA TIDAK SARAPAN

Ilustrasi otak manusia.

Mengapa sarapan itu penting? Ya, sarapan merupakan makanan pertama guna mendapatkan energi untuk tubuh Anda dalam memulai hari. Jika Anda tidak makan, tubuh Anda tidak memilki energi untuk memulai aktivitas harian Anda.

Itulah alasan ibu Anda memaksa Anda untuk makan sesuatu di pagi hari sebelum Anda bergegas ke sekolah atau ke tempat kerja. Tanpa makan sesuatu, seharusnya Anda tidak dianjurkan untuk memulai hari.

Mengonsumi makanan yang kaya protein, merupakan kebiasaan yang baik di pagi hari. Alternatif lain, Anda bisa memilih buah atau jus sayuran. Apakah Anda menyadari efek buruk jika tidak sarapan? Ini penjelasannya.

1. Otak. 
Fungsi kognitif Anda memerlukan makanan agar dapat berfungsi dengan baik. Sebuah studi baru-baru ini melaporkan bahwa pelajar yang mengonsumsi sarapan cenderung dapat memahami pelajaran dengan baik dibandingkan dengan mereka yang tidak.

2. Energi.
Mereka yang makan makanan sehat di pagi hari cenderung memiliki energi yang lebih baik di siang hari dibandingkan dengan mereka yang melewatkan sarapan. 

3. Kegemukan.
Ketika obesitas menyerang tubuh Anda, hal tersebut akan mengundang masalah kesehatan lainnya, seperti diabetes, masalah jantung dan infertilitas. Jika Anda tidak membiasakan diri untuk sarapan, risiko terkena obesitas bisa meningkat.

4. Sakit kepala dan pusing.
Ketika tubuh Anda kekurangan kadar gula darah, Anda akan mengalami pusing, lemah dan sakit kepala. Sarapan tepat waktu dapat mengurangi gejala-gejala tersebut. Inilah sebabnya mengapa Anda harus sarapan.

5. Mood.
Apakah Anda tahu makanan dapat mempengaruhi suasana hati Anda? Saat Anda lapar, Anda mungkin akan merasa kesal dan mudah marah, dan jika perut sudah terisi Anda akan merasa lebih santai. Selain itu, ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa sarapan dapat membantu Anda tetap dalam suasana hati yang baik.

6. Menstruasi.
Sebuah studi mengklaim bahwa wanita yang melewatkan makan pagi, memiliki kesempatan lebih tinggi menderita ketidakteraturan menstruasi.

7. Kesehatan.
Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang tidak makan apa-apa di pagi hari, memiliki kesempatan yang lebih tinggi menderita kekurangan vitamin dan mineral.
Powered by Blogger.