Hati-hati,Jenis sepatu ini berbahaya bagi kesehatan


Salah memilih jenis sepatu bisa berakibat fatal. Sejumlah jenis bahkan dianggap berbahaya karena memberikan efek yang buruk bagi kesehatan, terutama bagi wanita.

Seorang dokter pengobatan dan bedah podiatrik Jacquelin Sutera menuturkan, sepatu yang terlihat nyaman di kaki pun tak luput dari ancaman membayakan tubuh. Lantas apa saja bahaya memakai sepatu yang salah? Dikutip dari Times of India, Sutera memberikan penjelasannya.

Sepatu Lari
Sepatu yang terlalu empuk bukanlah pilihan terbaik. Ketika sepatu terlalu empuk, si pemakainya tidak bisa merasakan tanah yang dia pijak secara langsung. Sepatu ini ideal untuk gerakan maju seperti berlari, berjalan, jogging—bukan hiking, menari, bersepeda, dan sebagainya. Mengenakan sepatu jenis ini bisa menyebabkan cedera stress kronis, terutama di bagian tumit.

Sandal Jepit
Sebagian besar sandal jepit terlalu flat atau datar, terlalu tipis dan terbuka. Ini mengeskpos kaki pada lingkungan dan tidak memberikan dukungan lengkungan atau bantalan kaki. Jepitan di antara jari kaki bisa berbahaya karena memaksa otot jari kaki terlalu mencengkeram. Mengenakan alas kaki jenis ini bisa menyebabkan peradangan, sakit pada tumit, tegang otot dan retak tulang.

Stiletto
Mengenakan sepatu berhak tinggi dalam waktu lama memindahkan berat badan Anda ke bagian telapak depan kaki. Ini menyebabkan tekanan pada kai. Sepatu berhak sangat tinggi bisa menyebabkan keseleo pada pergelangan kaki, retak di bagian tengah kaki, dan neuroma atau tumor saraf jinak.

Sepatu Wedges
Wedges juga memiliki hak yang menempatkan tekanan di kaki. Tapi, hak di sepatu ini punya lebih banyak bantalan. Sepati ini sering kali dilengkapi dengan platform, yang melindungi telapak kaki dan mengurangi jinjit. Tapi, Anda bisa menderita penyakit yang sama akibat hak yang terlalu tinggi.
Powered by Blogger.