Pepatah-pepatah bijak untuk direnungkan

Kumpulan kata-kata bijak pepatah terbaru 2015. Kata-kata bijak paling lengkap di tahun 2015 dari mulai kata bijak cinta, kata bijak kehidupan, kata bijak motivasi, kesuksesan dan lain sebagainya. Cekidot deh kata bijak pepatah yang berikut ini:
Kata-Kata Bijak
Ketulusan hati diperlukan untuk mengawali cinta, pun keikhlasan hati diperlukan untuk mengakhiri cinta.

Melihat ke belakang agar lebih pintar, ke depan agar lebih dewasa, ke bawah agar lebih bijaksana, ke atas agar lebih kuat. 

Terkadang, kamu harus memaafkan seseorang, bukan karena kamu lemah, namun karena kamu menyadari semua orang melakukan kesalahan.

Kebahagiaan selalu ada dalam dirimu. Beberapa orang tak merasakannya karena menutupinya dengan rasa takut dan khawatir.

Apapun yang diperoleh, adalah cerminan dari yang dilakukan. Sekuat apapun mengerjakan, jika tanpa keikhlasan pasti tak memuaskan.

Setiap keberhasilan diawali dengan ketulusan niat dan dilanjutkan dengan kesungguhan usaha.

Jalani hidup dengan tetap menjaga kebersihan hati, maka hidup akan menjadi indah dan bermakna.

Tak ada kata terlambat untuk berubah. Masa lalu hanyalah pendewasaan dirimu. Hidupmu tak ditentukan oleh orang lain tapi kamu!

Tak ada yang mampu memanfaatkan dirimu, jika kamu tak membiarkannya. Namun jika Tuhan yang menginginkannya, bersyukurlah!

Hidup itu tak mudah, tapi jika kamu dapat melewatinya, apa yang kamu raih nanti akan sebanding apa yang telah kamu korbankan. 

Kau butuh, Tuhan mengetahui. Kau meminta, Tuhan mendengarkan. Kau percaya, Tuhan bekerja. Kau bersyukur, Tuhan melimpahkan. 

Masalah adalah pembelajaran yg harus dijadikan sebagai kekuatan, bukan kelemahan yg akan membuat hidup semakin terpuruk.

Jangan bandingkan dirimu. Tak perlu jadi lebih baik dari orang lain. Kamu hanya perlu lebih baik daripada yg kamu pikir kamu bisa.

Hidup memang sulit, namun percayalah bahwa kamu dilahirkan dengan bakat yg luar biasa. jadilah pribadi yang tekun dan percaya diri.

Ketika kamu mempercayai seseorang, kamu akan sangat rapuh, tapi jika kamu tak mampu percaya, kamu tak akan bisa menemukan cinta.

Kamu bisa melihat dengan matamu, mendengar dengan telingamu. Tapi jangan lupa tuk merasakan dengan hatimu.

Ketika ragu menghampiri, ikuti kata hati. Beri pertanyaan, rasakan jawabannya. Terkadang kamu harus belajar tuk mempercayai hati.

Cinta tak pernah salah. Pun ketulusan tak pernah sia-sia. Hanya ego manusia yang membuat cinta dan ketulusan terkesan tak berarti.

Selalu ada seseorang yg menyakitimu tapi yg kamu lakukan hanya tetap percaya dan berharap mereka akan sadar & akhirnya berubah.

Jika kamu tak mampu menghargai dirimu sendiri, tak ada orang yg mampu menghargaimu. Terima dirimu apa adanya. Jadi dirimu sendiri.

Hidup ini terlalu singkat tuk menghabiskan waktumu mencemaskan apa yg orang lain pikirkan tentang dirimu. Jadi dirimu sendiri!

Kamu tak selalu dapat apa yg diinginkan, namun jika kamu mencoba dan berikan yg terbaik, terkadang kamu dapat apa yg kamu butuhkan.

Ketika kamu mencintai, jujurlah pada diri. Jadi diri sendiri, jangan biarkan mereka jatuh cinta pada seseorang yg bukan dirimu.

Hidup penuh pilihan. Apa yg kamu pilih hari ini akan menentukan masa depanmu. Pilihlah yg membuatmu jadi pribadi yg lebih baik.

Dalam hidup ini, jika kamu tak mampu melihat hal yang salah, kamu tak akan mampu mengetahui bagaimana cara membuatnya benar.

Kamu mungkin merasa hidupmu penuh dengan masalah, namun jika Tuhan membawa masalah itu padamu, Dia akan membawamu melaluinya.

Jangan pernah berjanji jika memang sulit tuk menepati. Karena sekecil apapun janji, tetaplah janji yg harus ditepati.

Seburuk apa pun masa lalumu, melihat ke belakang tak akan mengubah apa-apa. Selalu lihat ke depan.

Ketika segala hal tak berjalan seperti yg kamu inginkan, bersabarlah. Berhenti berusaha tuk mendahului Tuhan. Percaya padaNya.

Lupakan apa yg tak mampu kamu lakukan. Lakukan saja apa yg mampu kamu lakukan, dan Tuhan akan lakukan yg tak bisa kamu lakukan.

Tak peduli apa yang kamu lakukan tuk hidup. Selama kamu memiliki semangat dan mencintainya, kamu pasti akan berhasil.

Jangan jadikan keterbatasan sebagai hambatan. Tapi jadikan itu sebagai motivasi agar kamu lebih aktif, kreatif, dan inovatif.

Jgn berkomitmen pd ssorg jika tdk dpt melihat masa depan bersamanya. Jgn menyerah pd ssorg jika tdk ingin hidup tanpanya.

Jika km hanya bisa bersyukur atas hidupmu ketika semuanya baik, hidupmu tak akan pernah mudah.

Sebaik-baiknya manusia adalah mereka yang bisa menjaga lisannya. Karena tak jarang ucapan menjadi bahan penilaian.

Tidak semua tekanan untuk kebaikan. Karena terkadang kamu memerlukan keberanian untuk meninggalkan jika kamu sudah merasa tertekan.

Ketika kamu berada dalam keraguan, serahkan semua pada Tuhan. Karena hanya Dia yang dapat menuntunmu untuk menemukan jawaban kepastian.

Jangan biasakan dirimu berada ditempat yang tak baik. Meski kamu orang baik, seiring waktu kamu akan terbiasa untuk melakukan yang tak baik.

Jangan lakukan hal yang kamu benci karena takut dan terpaksa. Hidup terlalu singkat untuk ditakuti dan dipaksakan.

Suka bisa menjadi duka, kekaguman jadi kekecewaan. Tetapi cinta tetap menjadi cinta seberapapun duka dan kekecewaan yang dirasa.

Jika kamu cinta seseorang, tindakan lebih baik drpd perkataan. Jika kamu tak lagi mencintainya, lebih baik katakan drpd menunjukannya.

Sulit tuk berteman dgn dia yg istimewa dlm hatimu, karena setiap kali bertemu, hal yg kamu lihat hanya seseorang yg sangat ingin kamu miliki

Lupakan mereka yang telah meninggalkanmu, tapi jangan pernah lupa untuk mengingat mereka yang saat ini mendampingimu.

Kepercayaan diperoleh bukan dengan banyaknya perkataan, melainkan kesesuaian antara perkataan dan perbuatan.

Kita selalu bs memaafkan tanpa harus melupakan, tp kita takkan benar-benar bisa melupakan tanpa memaafkan.

Buat apa membandingkan diri dng org lain? Jika mereka lbh baik, km kecewa. Jika mereka lbh buruk, apa yg km dapat?

Orang lain mungkin akan meragukan apa yang kamu katakan, tetapi mereka akan percaya setelah melihat apa yang kamu lakukan.

Semakin merasa banyak berjasa, semakin banyak kekecewaan yang dirasa. Maka kunci agar tidak kecewa hanyalah keikhlasan.

Waktu adalah modal utama. Maka berbahagialah bagi siapaun yang pandai mengatur dan memanfaatkan waktu.

Hidup tak lepas dari masalah yg kadang buatmu ingin menyerah, tapi jika menyadari semua itu tuk buatmu lebih bijaksana, hidup ini indah.

Tak peduli seberapa jauh km berjalan ke arah yg salah, slalu ada kesempatan untuk membalikkan jalan hidupmu.

Jangan pernah ragu bahwa Tuhan selalu memberikan yang terbaik untukmu, meski terkadang kamu harus merasakan sakit terlebih dahulu.

Jika kamu cinta dia, biarkan dia menjadi dirinya sendiri, maka kamu tak akan kecewa ketika mereka tak seperti yang kamu inginkan.

Kita semua membuat kesalahan, namun selama kamu melepaskan masa lalu, kamu akan punya masa depan yang cerah.

Patah hati itu menyakitkan, tapi harus dilupakan. Itu hanya sementara, dan kamu bisa mulai lagi dan jadi lebih baik.

Seburuk apapun masalah yang kamu hadapi hari ini, jika kamu masih berdiri, kamu pribadi yang lebih kuat saat ini.

Jika tak mampu mensyukuri apa yg kamu miliki, maka sulit bagimu tuk bahagia. Rasa iri tak akan buatmu melangkah jauh dalam hidup ini.

Seberat apapun beban masalah yang kamu hadapi saat ini, percayalah bahwa semua itu tak pernah melebihi batas kemampuan kamu.

Jika kita yakin, hal baik apapun yang kita inginkan akan kita dapatkan. Namun, keyakinan itu harus pula disertai tindakan nyata.

Ketika kita membantu mewujudkan mimpi orang lain, jangan pernah lupa untuk mewujudkan mimpi kita sendiri.

Orang yang hebat adl ia yang percaya akan dirinya sendiri & bersandar kepada Tuhan.

Kita tak bisa hidup tanpa teman, tp kita tak bisa menjadikan semua orang teman.

Menyenangkan ketika memiliki seseorang yg selalu mampu buatmu tertawa, bahkan ketika kamu telah meneteskan air mata.

Ingatlah, ketika kita memutuskan BERHENTI untuk mencoba, saat itu juga kamu memutuskan untuk GAGAL.

Mimpi tidak akan terwujud dengan sendirinya. Kamu harus segera bangkit dan berupaya untuk mewujudkannya.

Terkadang, meski tahu bahwa kamu bisa hidup tanpa dia yg kamu cinta, kamu terus meyakinkan dirimu bahwa kamu tak menginginkan hal itu.

Jng meremehkan dirimu hanya karna kelemahanmu. Pasti ada sesuatu istimewa dalam dirimu yg org lain tidak punya.

Tetap menjadi diri sendiri dalam dunia yang tak henti berusaha untuk membuatmu berubah adalah prestasi terbesar dirimu.

Jangan membenci dirimu jika kenyataan tak seperti yang kamu inginkan. Nikmati apa adanya dirimu. Banggalah pada dirimu sendiri.

Jangan sesali apa yang telah kamu lakukan. Jika memang harus disesali adalah tak melakukan apapun ketika kamu punya kesempatan.

Terkadang, kepedihan harus dilalui sebelum tercapainya kebahagiaan. Tersenyumlah ketika bersedih, karena akan ada kebahagiaan setelah itu.

Kebahagiaan pun kesedihan adalah nikmat Tuhan yang wajib disyukuri. Belajarlah untuk menikmati dan mensyukuri segala yang Tuhan beri.

Terkadang, perpisahan adalah untuk kebahagiaan. Karena mungkin kamu akan merasa lebih tersakiti jika tidak berpisah saat ini.

Jangan banyak berharap pada dia yg tak menghargaimu. Bahagialah dengan yang kamu miliki, dan jangan bersedih dengan yang tidak kamu miliki.

Tak perlu mengharap imbalan ketika hendak berbagi. Karena imbalan itu sudah pasti kamu dapatkan, yaitu kebahagiaan dan ketentraman hati.

Kamu tak akan pernah tahu kapan kebahagiaan akan datang. Untuk itu, ketika kebahagiaan menghampiri, jangan lupa untuk berbagi.

Berbagi setiap kebaikan yang dimiliki adalah cara termudah untuk disayangi, oleh sesama manusia pun oleh Tuhan yang Maha Penyayang.

Ada dua kemungkinan ketika org berbuat baik: mereka peduli denganmu atau mereka menginginkan sesuatu darimu.

Jangan buang waktumu dengan melakukan hal yang tidak perlu. Berfokuslah pada hal yang menjadikan dirimu tumbuh menjadi lebih baik.

Ungkapan kasih sayang terdengar begitu indah. Berbagilah dengan orang tua, saudara, sahabat, dan sesama kita. Indahnya berbagi kasih.

Hidup ini bukan hanya tentang kebahagiaanmu sendiri, namun tentang berbagi kebahagiaanmu bersama orang lain.

Jika kamu tak perbaiki apa yg salah ketika seseorang mengecewakanmu, dia tak akan pernah belajar bagaimana baiknya memperlakukanmu.

Semakin berat masalahmu, semakin kuat dirimu. Dan itulah yg membuat dirimu menjadi lebih baik.

Tak ada yg sempurna, tapi jika kamu bertemu dia yg tetap ingin bersamamu meski tahu segala kekuranganmu, jangan lepaskan dia.

Ketika rasa percaya kamu khianati, meskipun mungkin namun akan sulit sekali untuk mendapatkannya kembali.

Terkadang kamu tersenyum, bukan karena ada hal yg menyenangkan hatimu, tapi karena kamu tahu bersedih takkan selesaikan masalah.

Apa momen terbaik yg pernah kamu lakukan dalam hidupmu? BERDOA, karena ketika itu kamu berbicara dengan Dia yg sangat mencintaimu.

Jangan berubah hanya karena ingin dicinta. Jadi dirimu sendiri, dan biarkan seseorang yg tepat menemukan & mencintaimu apa adanya.

Jika terus terluka, jangan takut tuk melepasnya. Kamu tak pernah tahu jika dia yg telah menanti tuk mencintaimu, jauh lebih baik.

Beberapa orang membuat hidupmu lebih baik karena hadir di dalamnya, sementara yg lain buat hidupmu lebih baik dgn meninggalkannya.

Jangan pernah takut mencoba. Kegagalan tak datang karena kamu jatuh, namun kegagalan datang karena kamu tak berdiri setelah jatuh.

Terkadang, kamu berusaha menghindari sesuatu, bukan berarti kamu membencinya. Kamu menginginkannya tapi kamu tahu bahwa itu salah.

Kamu tak bisa kembali ke masa lalu dan mengubah sebuah awal yg buruk, namun kamu bisa membuat akhir yg indah, mulai saat ini!

Jangan iri atas kemampuan orang lain, jika mereka bisa, kamu juga bisa. Jangan remehkan dirimu, kamu kuat dari yg kamu bayangkan.

Tak apa-apa untuk melakukan kesalahan. Hanya saja lakukan yg terbaik jd km tak akan menyesal pd akhirnya.

Hidup ini susah, dan kamu mungkin ingin menyerah, tapi ingatlah: Tuhan mengasihi, Dia mendengar, dan Dia peduli bahwa kamu berarti!

Hidup ini singkat, berubahlah ketika kamu punya kesempatan, karena suatu saat ketika kamu ingin berubah, kamu tak punya kesempatan.

Hanya berkata 'Aku selalu berusaha menjadi lebih baik' tak akan buatmu lebih baik, karena yang kamu butuhkan adalah tindakan nyata.

Menyakitkan ketika kamu selalu mengingat seseorang di setiap harimu, tapi dia menyadari hadirmu hanya disaat dia membutuhkan sesuatu darimu.

Kebahagiaan itu datangnya bukan dr luar, tp dr dalam dirimu sendiri. Terkadang kita lupa merasakannya saja.

Selama kamu punya kenangan, masa lalu tak akan mampu kamu lupakan. Namun selama kamu punya teman, saat ini pasti menyenangkan.

Setiap kesakitan adalah pengalaman. Rasakan dan pelajari, karena itu adalah rahasia untuk menemukan kebahagiaan yang sesungguhnya.

Jika km tak bisa mengubah hal-hal di sekitarmu, ubah dirimu dan cara pandangmu terhadap hal-hal itu.

Tak ada yang abadi. Setiap yang kamu miliki pasti akan pergi. Tapi tak akan ada kesedihan jika kamu rela untuk melepaskan.

Yakinlah, semua akan menjadi lebih baik ketika kamu berhenti mengeluh.

Semakin banyak kamu berbicara tentang diri sendiri, semakin besar pula kemungkinan kamu untuk berbohong.

Jika hidup itu lukisan, km tak harus membuatnya penuh warna, tp membuatnya berarti dng warna-warna yg km miliki.

Kesalahan yang paling buruk adalah terlalu sibuk mengamati dan mengurusi kesalahan orang lain.
Bentangkan

Ketika berbuat salah, jangan mencari alasan. Tetapi akui, perbaiki, dan upayakan untuk tidak mengulangi kesalahan itu.

Kesulitan akan kamu alami ketika kamu berkeluh kesah. Dan kehancuran akan kamu dapatkan ketika kamu berputus asa.

Ada hal-hal yg terjadi di luar kendali kita. Mengkhawatirkan hal-hal itu tak dpt mengubah apa pun. 

Miliki pemikiran yg kuat, tapi selalu tempatkan hatimu lebih kuat. Karena pada akhirnya, perasaan selalu mampu mengalahkan logika.

Hidup terlalu singkat tuk dihabiskan pada dia yg tak menyadari betapa berartinya dirimu. Fokuskan diri pada mereka yg sungguh peduli padamu.

Jangan pernah manfaatkan perasaan seseorang. Kamu tak pernah tahu berapa banyak keberanian yg dibutuhkan tuk menunjukkannya padamu.

Jangan berpikir bahwa tak cukup waktu tuk tunjukkan betapa kamu peduli. Kadang hal kecil menempati ruang yg besar di hati seseorang.

Ketika kamu bersyukur, kamu tak akan merasa sedih pun merasa kekurangan. Dan ketika kamu mengeluh, akan bertambah kesusahan.

Jangan berlama-lama menyesali kesalahan. Tetapi bersegeralah memperbaiki sikap agar tidak terulang kesalahan yang sama.

Apapun yg tengah kamu hadapi, percaya bahwa Tuhan akan memberi jalan keluarnya, bahkan dengan cara yg tak pernah kamu bayangkan.

Ketika km merasa hancur, km tak hrs jd seperti itu selamanya. Km bisa bangkit kembali dan memulai hidup yg baru.

Kadang ketika lelah terus terluka, kamu memilih tuk menjauh dari segalanya, hanya karena kamu ingin melihat siapa yg akan menghampirimu.

Jangan mengingat kebaikan yang pernah kamu lakukan, tapi ingatlah kebaikan yang orang lain lakukan kepadamu.

Bersyukur adalah cara terbaik agar merasa cukup, bahkan ketika berkekurangan. Jangan berharap lebih sebelum berusaha lebih.

Kebencian hanya merugikan diri sendiri, tersenyumlah ketika disakiti. Hati tanpa benci membentuk jiwa yang tegar dan damai.

Jangan pernah biarkan hal buruk membuatmu semakin terpuruk. Jadikan mereka sebagai motivasimu tuk jadi pribadi yg lebih baik.

Jangan pernah menilai seseorang dari penampilannya. Tidak semua yang terlihat buruk itu buruk juga dalamnya. Kenali dulu hatinya.

Dengan diam, belajarlah mengenali diri sendiri dan mengetahui bahwa segala sesuatu dalam hidup ini memiliki tujuan.

Sebenarnya bukan orang-orang di sekitarmu yg membuatmu jatuh, tp caramu merespon mereka.

Tidak ada kata terlambat untuk perbaikan. Ingat tujuan dan cita-cita. Segera bangkit dan upayakan yang terbaik.

Selalu andalkan Tuhan, karna km tahu km tak cukup kuat ketika km mengandalkan diri sendiri.

Tak peduli apa yg tengah dijalani, jika seseorang benar-benar peduli padamu, dia akan selalu temukan waktu untukmu.

Tuhan mendengar lebih dr yg kamu ucapkan, menjawab lebih dr yg kamu pinta, memberi lebih dr yg kamu bayangkan, dgn waktu & caraNya sendiri.

Kenali terlebih dahulu sebelum menilai, karena yang tampak indah tak selalu indah dan yang tampak buruk tak selalu buruk.

Kamu akan bertambah kuat dan dewasa jika kamu bersedia melepaskan orang-orang yang selama ini menahan dirimu.

Hidup itu terlalu berat ketika km menjalani semuanya sendiri tanpa melibatkan Tuhan.

Tuhan akan memberikan apa yang kamu inginkan, jika apa yang kamu inginkan adalah sesuatu yang telah Tuhan persiapkan untukmu!

Rintangan apapun akan bisa kamu lewati jika kamu memiliki keyakinan. Kamu kuat karena kamu yakin. Kamu lemah karena kamu ragu.

Jangan menyerah jika impianmu belum terwujud. Dengan semangat dan berpikir positif, semua hal yang tidak mungkin bisa menjadi mungkin.

Paling mudah menunjuk kesalahan orang lain. Paling sulit mengakui dan belajar dr kesalahan diri sendiri.

Jangan terlalu mudah memberikan kepercayaan. Tidak semua orang bisa menjaga kepercayaan yg telah diberikan.

Jika kamu menilai seseorang hanya dari penampilannya, kamu akan kehilangan banyak kesempatan bertemu orang-orang yang HEBAT.

Terkadang, ketika seseorang terluka, yang dia butuhkan bukan kata yang mampu buatnya tertawa, tapi telinga yang mau mendengarkan.

Kerjakan apa yang kamu suka, dan uang pasti akan datang dengan sendirinya.

Ada saat untuk berhenti berharap. Dimana kamu telah menyadari bahwa waktumu hanya terbuang sia-sia untuk dia yang bahkan tak pernah peduli.

Dalam kesenangan, jangan lupa berterima kasih pada Tuhan. Dalam kesusahan, jangan lupa tetap bersyukur padaNya.

Bersiap untuk mendengar jawaban dari setiap pertanyaan. Karena terkadang jawaban yang didengar bukanlah yang diharapkan.

Ketika kamu yakin, segera laksanakan! karena keraguan akan datang ketika keyakinan tidak sesegera mungkin dilaksanakan.

Dengarkan semua orang, tp jangan percaya semua yg mereka katakan. Kadang berguna, kadang bisa jg salah.

Kadang, meski dalam dirimu terdapat kata yg sangat ingin kamu ungkapkan pada seseorang, kamu hampa kata ketika dia berada di depan mata.

Yang terbaik adalah percaya dan berlindung hanya pada Tuhan, bukan pada manusia. Karena akan ada kecewa jika terlalu percaya pada manusia.

Hidup ini tidaklah mudah. Banyak hal yang terkadang sulit diterima pun sulit dipahami. Oleh karena itu, belajar adalah proses tanpa akhir.

Apa yang kamu butuhkan dan apa yang kamu inginkan adalah dua hal yang sangat berbeda. Bijaklah dalam memilih satu diantaranya.

Segala yg terjadi adalah pengalaman berarti. Jangan sesali, tapi ingatlah pelajaran yang diberi, terutama untuk hal yg telah melukai hati.

Apapun yg terjadi, pasti akan selalu berakhir. Dan jika sesuatu yang baik harus berakhir, percayalah bahwa yg lebih baik lagi akan dimulai.

Adalah hal yang menyenangkan ketika memiliki seseorang yang mampu buatmu tertawa bahkan ketika kamu sedang tak ingin terseyum

Ketika kamu bersyukur, kamu tak akan merasa sedih pun merasa kekurangan. Dan ketika kamu mengeluh, akan bertambah kesusahan.

Jangan berlama-lama menyesali kesalahan. Tetapi bersegeralah memperbaiki sikap agar tidak terulang kesalahan yang sama.

Tak perlu khawatirkan hari esok yang belum tiba, tapi persiapkan dirimu dan pikirkan bagaimana cara menghadapinya.

Luka terdalam adalah yang tak terlihat oleh mata. Kesedihan terdalam adalah yang tak terucapkan oleh kata-kata.

Jangan terus tangisi sesuatu yg telah berakhir. Sesuatu berakhir karena ada sesuatu yang lebih baik yang akan datang.

Tuhan membuat semuanya indah di waktu yg tepat. Jika tidak indah, itu hanya waktunya saja yg blm tepat.

Hanya karena seseorang selalu ada untukmu, bukan berarti kamu hanya datang kepadanya ketika orang lain sedang sibuk.

Hidup itu terlalu misterius. Lebih baik berhenti menebak-nebak dan mulai lakukan hal yg tepat.

Keluarga adalah salah satu hal terpenting yang kita miliki dalam hidup ini yang tak akan pernah berubah dan selalu ada ketika dibutuhkan.
Powered by Blogger.