Kebiasaan baik yang ternyata buruk bagi kesehatan

6 Kebiasaan Baik yang Merugikan Kesehatan

Kebiasaan-kebiasaan yang terlihat baik sebenarnya belum tentu baik pula bagi kesehatan kita. Ada beberapa kebiasaan yang telah lama kita lakukan ternyata justru merugikan kesehatan kita sendiri. Kebisaan seperti ini biasanya dilakukan dengan mencontoh orang lain tanpa pengetahuan yang memadai. Jika tidak, kebiasaan seperti ini bisa juga dilakukan hanya karena ingin terlihat keren. Nah, kebiasaan apa saja yang sering kita lakukan namun malah merugikan kesehatan? Berikut ini 6 kebiasaan tersebut.


1. Sikat gigi setelah makan
Selalu menyikat gigi setelah makan ternyata merupakan kebiasaan yang kurang baik bagi kesehatan gigi Anda. Makanan dapat meninggalkan sisa asam pada gigi yang bisa melemahkan enamel gigi. Menyikat gigi setelah makan sama saja dengan membuat enamel gigi pergi sehingga gigi kehilangan perlindungan. Oleh karena itu, sebaiknya cukup berkumur untuk menghilangkan partikel sisa makanan di mulut. 

2. Tidak sarapan pagi
Sarapan pagi bagi sebagian orang dianggap sebagai kebiasaan baik untuk menghindari kegemukan. Kebiasaan ini merupakan kebiasaan yang merugikan kesehatan karena sarapan pagi dapat meningkatkan konsentrasi dan memenuhi kebutuhan gizi tubuh untuk beraktivitas. Jika Anda takut mengalami kegemukan, bisa dengan memilih makanan yang tepat saat sarapan. 

3. Menggunakan pembersih tangan
Kebiasaan menggunakan pembersih tangan sebenarnya merupakan kebiasaan yang telihat baik. Namun ternyata, kebiasaan ini tidak selalu memberikan efek bersih pada tangan kita. Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa dalam cairan pembersih tangan mengandung triclosan yang dapat meningkatkan daya tahan bakteri atau virus terhadap antibiotik. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan cara lain untuk membersihkan tangan atau memilih pembersih tangan yang memiliki kandungan 55% alkohol yang dapat membunuh 98% bakteri.

4. Minum air kemasan
Selalu mengkonsumsi air kemasan bukan berarti membuat tubuh Anda sehat. Air kemasan hanyalah air yang melewati penyaringan selama beberapa kali saja, sama halnya dengan air keran biasa. Apalagi jika air kemasan ternyata berasal dari sumber yang tidak jelas kualitanya. Sebaiknya ubah kebiasaan dengan mengkonsumsi air mineral. Air mineral adalah air minum yang mengandung mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. 

5. Hanya fokus pada cardio
Saat Anda ingin dengan segera menurunkan berat badan, Anda hanya fokus pada cardio. Memang cardio dapat membantu pembakaran lemak secara cepat. Namun efeknya, Anda tidak akan merasa bugar. Oleh sebab itu, sebaiknya kombinasikan pula dengan latihan dan olahraga lain seperti angkat beban dll.

6. Minum terlalu banyak suplemen
Suplemen memang biasa digunakan sebagai pengganti vitamin. Sifatnya yang mudah didapat dan mudah dibawa memungkinkan seseorang begitu mudahnya mengkonsumsi suplemen. Tentu hal ini bukan kebiasaan yang baik. Terlalu banyak mengkonsumsi suplemen dapat mengganti sistem dan fungsi dari beberapa sistem kerja tubuh. Bahkan ada yang berakibat hingga kerusakan sel. Oleh karena itu, sebaiknya batasi konsumsi suplemen Anda dan lebih baik mengkonsumsi dari bahan alami bebas bahan kimia dan pengawet.


Nah, kebiasaan-kebiasaan yang terlihat baik tersebut seharusnya diubah dan disesuaikan agar tak merugikan kesehatan Anda. Kesehatan adalah investasi masa depan oleh karena itu, ubah kebiasaan yang terlihat baik dengan kebiasaan yang memang benar-benar baik dan tak merugikan kesehatan
Powered by Blogger.