Inilah Keindahan Laguna Colorada, Danau Garam Dua Warna


Menikmati objek wisata yang tak biasa akan lebih menantang daripada objek wisata umumnya. Salah satu objek wisata yang tak biasa ini terletak di kota Bolovia, yakni sebuah laguna yang memiliki warna unik dan menakjubkan.
Laguna ini dinamakan Laguna Colorada atau dikenal juga dengan Laguna Merah. Berupa danau garam dangkal yang terletak di ketinggian 14.000 kaki sebelah barat daya Altiplano Bolivia. Laguna ini juga terletak di antara pusat penangkaran hewan Eduardo Avaroa dan Negara Chile.
Menurut situs Amusingplanet, Laguna Merah memiliki dua warna  yaitu merah dan putih. Pada bagian permukaannya memiliki efek kemerahan karena di sekitar danau hidup tumbuhan ganggang. Ganggang di laguna ini mengendap pada permukaan sehingga menimbulkan efek warna merah.
Warna putih sendiri ditimbulkan akibat endapan warna putih yang membentuk pulau-pulau hasil endapan boraks.
Luas Laguna Merah sendiri sekitar 15 ribu hektar, yang menjadi habitat para burung. Di beberapa titik terdapat banyak spesies burung yang mendarat di laguna untuk mencari makan. Beberapa spesies burung tersebut diantaranya ada Flamingo jenis Chile, Andes dan James Flamingo. Sehingga kemudian laguna ini menjadi habitat burung flamingo.
Pemandangan laguna pun tak kalah menakjubkan sebab disekitar laguna ini berupa hamparan gurun dengan endapan garamnya. Di waktu fajar kawasan ini memiliki temperatur udara yang cukup dingin sedangkan di musim hangat bersuhu hangat.
Powered by Blogger.