Hal menjijikkan pada minuman kemasan kotak saat dibuka kotaknya


Minuman dengan kemasan kotak mudah kita temui, di minimarket, di warung-warung pinggir jalan, sampai di pedagang asongan pun minuman tersebut akan dengan mudah kita temui. Minuman dengan kemasan kotak ada yang berisi teh ada juga yang berisi minuman berperisa buah atau jus. Produk-produk dalam kemasan kotak itu dipilih konsumen dengan berbagai alasan. Alasan utamanya tentu saja kepraktisan. Karena konsumen tak perlu membuatnya sendiri. Cukup merogoh saku, minuman segar itu bisa diminum. Alasan lainnya tentu saja soal rasa dan juga gaya.

Namun, pernahkah terfikirkan oleh anda untuk membuka atau menggunting kemasan kotak minuman yang telah anda minum? Pernahkah anda berpikir bahwa yang ada di dalam kotak bukan hanya minuman segar, namun juga ada 'sesuatu' yang lain?

Seperti hal mengejutkan yang dialami seorang ibu yang merasa kaget ketika iseng-iseng membelah kemasan kotak minuman buah segar atau jus kemasan bekas anaknya. Dia menemukan lendir hijau lengket dan berbulu halus yang menjijikkan menempel di tepi bagian dalam kotak kemasan. Padahal tanggal yang tercetak pada kemasan masih jauh dari kadaluarsa. Dia pun langsung membawa temuannya tersebut pada temannya yang berprofesi sebagai dokter.



Hasil analisa temannya sangat mencengangkan, rupanya bagian dalam jus kotak itu berjamur. Hal ini menandakan adanya udara dalam kotak tersebut sehingga terjadi fermentasi dan tumbuhnya jamur sehingga membentuk gumpalan lendir berbulu yang menjijikkan. Kehadiran udara di dalam kotak minuman bisa terjadi akibat kesalahan pada proses produksi atau akibat adanya lubang yang sangat kecil sehingga udara masuk dan menyebabkan jamur tumbuh.

Jamur dan lendir akibat adanya fermentasi akan lebih mudah terbentuk pada minuman berperisa buah atau jus, terlebih minuman yang tanpa meggunakan bahan pengawet sehingga jamur dan proses fermentasi bisa berlangsung secara cepat.

Bayangkan, betapa menjijikkannya jika hal itu kita temukan pada minuman kotak yang kita konsumsi. Selain jijik, bahaya kesehatanpun mengancam akibat adanya bakteri-bakteri berbahaya yang tumbuh dan berkembang biak di dalam kotak.

Berhati-hatilah dalam memilih minuman kemasan, pilihlah kemasan yang masih baik. Pastikan kemasannya tidak bocor walaupun mungkin agak sulit untuk mengetahui adanya lubang kecil yang kasat mata. Lubang sekecil jarumpun bisa menyebabkan udara masuk.

Atau jika anda tidak yakin, ubahlah kebiasaan memimum jus kemasan kotak. Beralihlah mengkonsumsi jus atau minuman yang dianggap lebih menyehatkan. Belilah jus buah yang proses pengolahan dan bahan-bahannya bisa langsung kita saksikan sehingga kita terhindar dari rasa was-was.

Sekali-kali bolehlah anda coba membuka kemasan kotak bekas anda minum. Semoga hal menjijikkan seperti di atas tidak anda jumpai. [*]
Powered by Blogger.