Cara Membuat Pidato Bahasa Arab Singkat Dan Artinya

Pidato bahasa arab singkat dan artinya memang sangat sulit dilakukan oleh orang yang tidak begitu mahir berbahasa arab, terlebih bagi orang yang kurang mendalami ilmu agama dan baru menyentuh permukaannya saja. Pidato memang membutuhkan kemampuan khusus, seperti kemampuan untuk merangkul perhatian khalayak banyak, kemampuan dalam diksi atau pemilihan kata, pengetahuan tentang bidang yang dipidatokan, serta kemampuan untuk menciptakan suasana yang komunikatif dan menyenangkan agar pidato tidak berjalan monoton. Sehingga perhatian khalayak tetap terpusat pada yang berpidato dari awal hingga akhir pidato, tidak hanya saat pembukaan saja.
Pidato biasanya mempunyai beberapa struktur seperti mukadimah atau pembukaan, isi, penutup. Biasanya pidato bertemakan islam dibuka dengan membaca shalawat dan mukadimah dengan bahasa Arab, barulah isinya dengan bahasa Indonesia atau bahasa daerah masing-masing tergantung acara apa yang hendak dipidatokan. Pada isi anda juga bisa menyisipkan bahasa Arab melalui firman allah yang ditujukan untuk melengkapi pidato dan menyebarkan ajaran agama islam. Contoh tema yang simpel agar pidato tetap singkat tapi padat adalah tema mengenai sabar.
Sabar Untuk Tema Pidato Bahasa Arab Singkat Dan Artinya
Meskipun sudah banyak dibahas dan di pidato bahkan diceramahkan, justru tema semacam inilah yang akrab di telinga para khalayak. Jika anda ingin membuat pidato bahasa arab singkat dan artinya tema ini juga cukup mudah karena banyak firman allah yang mengkaji tentang sabar. Tapi terlebih dahulu sebelum memulai pidato sebaiknya anda siapkan dulu mukadimah atau pembukaan untuk pidato anda yang tentunya juga berbahasa arab. Carilah pembukaan yang memuji nama allah dan rasulnya, pembukaan yang berisikan doa yang memanjatkan puji syukur atas nikmat yang telah diberikannya.
Setelah itu barulah anda kemukakan pentingnya sabar, sampaikan bahwa sabar adalah salah satu ciri orang mukmin, bahkan nabi muhamad saw berkata bahwa sabar adalah cahaya. Firman yang mengatur tentang sabar itu sendiri adalah surat al-ahzab ayat 17 yang berbunyi Qulmandzalladzi ya’simukum minallahi in araada bikum suuan aw araada bikam rahmatan walaa yajidawna humminndu nillahi waliyyawalaa nasiira. Ayat ini mempunyai arti yang intinya menjelaskan bahwa hanya allah yang memberi pertolongan atas segala musibah, yang memberikan rahmat pada umatnya, dan menjadi pelindung.
Melalui surat ini kita diajarkan untuk sabar menghadapi segala musibah allah, karena allah juga selalu memiliki hikmah dibalik itu semua, allah mempunyai rahmat yang juga diperuntukan bagi umatnya yang bersabar, serta allah akan senantiasa jadi pelindung. Lain halnya dengan orang munafik yang tidak mau bersabar dan selalu menyalahkan allah atas musibah yang dialaminya, serta kufur terhadap nikmat yang diberikan. Itulah contoh pidato bahasa arab singkat dan artinya yang bisa anda improvisasi sendiri agar lebih menarik dan mampu merangkul semua perhatian khalayak.
Powered by Blogger.