Tanda tanda liver yang mulai memburuk,waspadalah

Liver termasuk organ besar manusia, ia termasuk organ yang paling sibuk yang bertanggungjawab atas fungsi pencernaan, detoksifikasi, ekskresi, penyimpanan dan redoks. Ia pun melakukan penyimpanan vitamin, karbohidrat, mineral dan mengontrol jumlah kolesterol, mengurai lemak. Oleh karena itu, jika liver tidak berfungsi dengan baik maka berbagai jenis penyakit bisa timbul.
5 Tanda yang Memberitahukan Baik Buruknya Fungsi Liver Anda
Tidur larut malam dan mengkonsumsi makanan tinggi minyak, garam, gula dalam jangka waktu panjang membuat liver bekerja berat. (Fotolia)
- See more at: http://erabaru.net/detailpost/5-tanda-yang-memberitahukan-baik-buruknya-fungsi-liver-anda#sthash.W1lR6lqF.dpuf
Perubahan dalam kehidupan modern dan kebiasaan makan merupakan hal yang paling melukai liver. Tidur larut malam dan mengonsumsi makanan tinggi minyak, garam, gula dalam jangka waktu panjang membuat liver bekerja berat, apalagi kalau ditambah dengan merokok dan minum arak, dapat dipastikan cepat atau lambat liver akan bermasalah.
Bila saja Anda menemui 5 gejala seperti disebutkan di bawah ini, besar kemungkinan liver Anda sedang menyampaikan permintaan tolong.
1, Kulit pucat
Kulit tidak cerah, menguning, makin gelap, terasa gatal dan lainnya, itu merupakan pertanda liver Anda sudah bekerja terlalu keras. Tidur larut malam bisa menyebabkan metabolisme tidak berjalan, karena itu kulit menjadi pucat, tidak bersinar dan munculnya lingkaran gelap di seputar mata. Ini disebabkan karena kemampuan penetralan toksin dalam tubuh menurun. Sel liver tidak mampu melepas bilirubin, sehingga bilirubin menumpuk dalam darah dan dibawa darah menyebar ke seluruh tubuh dan terakumulasi dalam jaringan di bawah kulit.
2, Gangguan pencernaan
Pola makan yang buruk dapat menyebabkan fungsi liver menurun. Memengaruhi produksi dan sekresi empedu. Empedu disekresi oleh liver, dengan peran pencernaan lemak dan membantu metabolism kolesterol. Begitu liver bermasalah akan menyebabkan terganggunya sekresi empedu, makanan sulit diurai, juga tidak memberikan cukup pelumas pada makanan yang disalurkan lewat usus sehingga perut sering menjadi kembung, gangguan pencernaan hingga sembelit.
3, Badan pegal-pegal dan nyeri otot
Pembersihan darah dilakukan oleh liver pada pukul 23:00 – 01:00 setiap harinya. Jika pada saat itu belum tertidur, otak masih tegang beraktivitas, maka dapat menyebabkan sirkulasi darah memburuk. Akumulasi yang berlebihan dari metabolit dalam tubuh mudah untuk menyebabkan badan pegal-pegal dan nyeri otot.
Pembuatan darah merupakan salah satu fungsi liver, ketika fungsi liver menurun. Kekakuan otot, nyeri punggung bagian atas dan gejala mata kering. Bila ini berlangsung cukup lama akan memicu timbulnya fatigue atau kelelahan kronis.
4, Kelelahan kronis
Kelelahan kronis terjadi karena peradangan ringan dalam proses yang lambat, sehingga metabolit menumpuk yang menyebabkan kerja liver lebih berat. Bila Anda merasakan kelelahan yang panjang meskipun sudah cukup beristirahat, mungkin itu dikarenakan gangguan kelelahan kronis. Banyak berolahraga, beristirahat, mengatur pola makan dan mengonsumsi vitamin B komplek, asam amino atau spirulina dapat membantu memperbaiki kondisi akibat kelelahan kronis.
5, Emosi naik turun
Tabib Tiongkok percaya bahwa fungsi liver sangat memengaruhi emosi manusia. Dinamika kehidupan yang semakin cepat membuat tekanan kerja semakin tinggi, waktu istirahat yang berkurang membuat ketidaknyamanan perut. bahkan membuat muram hati dan fenomena sebagainya.
- See more at: http://erabaru.net/detailpost/5-tanda-yang-memberitahukan-baik-buruknya-fungsi-liver-anda#sthash.W1lR6lqF.dpuf
Powered by Blogger.