Jangan bilang loe orang Indonesia kalau belum tau basa-basi ala Indonesia

Mungkin hanya orang Indonesialah yang kenal istilah “basa-basi”. Kita sering kali merasa “tidak enak” untuk menyampaikan maksud hati kita karena takut dianggap kurang sopan atau akan menyakiti hati orang lain. Sebab itu kita melakukan kebohongan yang kita perhalus dengan “basa-basi”.
Berikut ini adalah beberapa basa-basi orang Indonesia yang sering kita dengar atau lakukan di kehidupan sehari-hari. Sketsa dari kehidupan nyata tersebut diangkat oleh Youtuber Indonesia yang sedang naik daun; Last Day Production. Seperti apa lucunya basa-basi orang Indonesia.

1. On The Way

Orang Indonesia mengenal istilah “jam karet” dimana waktu yang sudah dijanjikan bisa diulur seenaknya. Di Indonesia, jangan kaget jika sebuah acara baru diadakan setengah jam setelah waktu yang tertera dalam undangan. Keterlambatan setengah jam sering sekali dianggap tidak ada oleh orang Indonesia.
On The Way ala Indonesia
On The Way ala Indonesia
Begitu juga jika sedang berjanji dengan teman. Ketika anda menanyakan posisi dari teman anda dan dia menjawab, “on the way”, siap-siap saja menunggu lama. Karena arti “on the way” dalam basa-basi Indonesia adalah sekitar satu jam. Orang yang mengatakan sedang “on the way” sering sekali baru siap-siap dari rumahnya.

2. Jangan Sungkan

Orang Indonesia dikenal ramah dan baik dalam menjamu tamu. Sebisa mungkin orang Indonesia akan memberikan yang terbaik untuk tamunya. Jika bertamu ke rumah orang Indonesia, menawarkan minum, makan, bahkan menginap adalah hal yang harus dilakukan, meski sang pemilik rumah sering kali tidak bermaksud demikian.
Jangan Sungkan
Jangan Sungkan
Oleh karena itu anda jangan terlena jika ada yang berkata, “anggap saja di rumah sendiri”. Di belakang anda, sang pemilik rumah biasanya akan menggunjing jika anda “makan terlalu banyak”, “tidak membantu membereskan piring”, atau “tidak berpamitan dengan sopan”.

3. Buat Lu Aja

Orang Indonesia sangat menghargai pertemanan. Oleh karena itu, menolak ajakan dan permintaan teman dianggap tidak sopan, meskipun dalam keadaan yang tidak memungkinkan. Berbasa-basi dipilih menjadi solusi daripada mengatakan maksud secara langsung.
Buat Lu Aja
Buat Lu Aja
Jika seseorang mengatakan, “buat lu aja” kepada kita, belum tentu dia benar-benar berniat begitu. Sedikit banyak, orang tersebut menginginkan kita untuk merasa “tidak enak” dan menolak tawaran tersebut. Jadi, pikir-pikir lagi jika ada yang mengatakan “buat kamu aja”.

4. Kamu Terlalu Baik Buat Aku

Dalam menjalani hubungan asmara, orang Indonesia tidak terlepas dari basa-basi. Terlebih dalam soal memutuskan tali kasih. Memberi alasan yang jelas dan langsung akan membuat seseorang merasa tidak nyaman. Sehingga dibuatlah kalimat putus yang sedikit “sopan”.
Kamu Terlalu Baik Buat Aku
Kamu Terlalu Baik Buat Aku
“Kamu terlalu baik buat aku” adalah kalimat putus andalan. Arti sebenarnya dari kalimat ini adalah “aku udah bosan sama kamu” atau “aku pantas untuk dapat yang lebih dari kamu”. Yang benar saja, memangnya siapa yang mau memutuskan orang yang baik buatnya?

5. Ntar Gue Kabarin

Orang Indonesia sering tidak enak dalam melakukan penolakan. Dari mulai penolakan cinta hingga penolakan pekerjaan sering sekali dibumbui dengan basa-basi. Kita pasti sering mendengar kata “ntar gue kabarin” dari teman kita dan kita menunggu berbulan-bulan tanpa kabar yang jelas.
Ntar Gue Kabarin
Ntar Gue Kabarin
Bahkan ketika melamar pekerjaan dan anda mendapat panggilan interview, pihak HRD sering sekali menggunakan kata, “nanti kami hubungi lagi” dan mereka tidak pernah menghubungi. Padahal, apa susahnya memberi kabar, agar orang yang menunggu tidak menunggu terlalu lama?
Demikianlah beberapa kebiasaan lucu kita dalam berbasa-basi. Harus kita akui beberapa dari kebiasaan buruk tersebut masih sering kita lakukan. Video lengkap soal Basa-Basi Orang Indonesia bisa anda tonton di sini.
Jika anda suka video-video dari Last Day Production, anda bisa mengunjungi channel Youtube mereka yang kini sering menjadi viral di Indonesia. Masih banyak kekocakan lain yang bisa mengocok perut anda. Selamat menonton! (HLH)
Powered by Blogger.