Cara membuat bangunan rahasia yang tersembunyi

Dengan berbagai alasan tertentu (umumnya untuk keselamatan atau kegiatan rahasia), keberadaan suatu bangunan maupun wilayah bisa saja disembunyikan dari mata dunia atau setidaknya sekedar di kaburkan. Jika itu berupa benda kecil akan cukup mudah untuk menyembunyikannya namun bagaimana menyembunyikan sebuah bangunan atau bahkan suatu wilayah?Sesuatu yang disembunyikan pasti menyimpan sebuah rahasia. Apapun itu yang jelas bangunan-bangunan dan wilayah yang akan Anda baca dalam artikel ini benar-benar sangat rapat disembunyikan dari penglihatan manusia. Seperti apa rupa daerah yang tersembunyi dan bagaimana cara mereka menyembunyikannya, berikut ulasan lengkapnya.

1. Dihapus dari Peta

Pada tahun 1942, sepetak lahan pertanian terpencil di Tennessee dipilih sebagai lokasi untuk proyek rahasia pemerintah Amerika. Ini erat kaitannya dengan Perang Dunia II yang sedang terjadi saat itu, dan benar wilayah tersebut dijadikan bagian dari Proyek Manhattan yang menciptakan bom atom pertama selama PD II.
Menghapus wilayah dari peta via BBC
Menghapus wilayah dari peta via BBC
Selama digunakan sebagai pangkalan militer dan pusat pembuatan bom atom, wilayah tersebut dihapus dari peta. Seluruh kota berpenduduk 75.000 jiwa tersebut dipagari dan diamankan oleh penjaga bersenjata. Di dalam kota tersebut terdapat rumah, sekolah, toko-toko dan juga tak ketinggalan pabrik uranium.

2. Menyamarkan Wilayah

Cara lain untuk menyembunyikan suatu wilayah adalah dengan cara menyamarkannya. Seperti yang dilakukan militer Amerika saat Perang Dunia II pada lahan seluas 25 hektar di kawasan Seattle. Mereka menyamarkan sebuah proyek militer yang ada di sana dengan cara mendesain kawasan sedemikian rupa sehingga terlihat seperti daerah terpencil.
Penyamaran Wilayah via BBC
Penyamaran Wilayah via BBC
Di dalam kota itu ternyata tersimpan banyak sekali pesawat tempur beserta pabriknya. Kawasan itu memang digunakan sebagai pangkalan militer dan basis pesawat tempur Amerika selama Perang Dunia II. Di bawah komando Kolonel John F Ohmer, sebuah pabrik boeing ditutupi dengan menggunakan jaring kamuflase berpori. Para desainer hebat dan tukang kayu berpengalaman dipekerjakan untuk mendesain wilayah itu agar tidak mencolok sebagai pangkalan militer.

3. Membuat Gua

Pada tahun 1960, Oberto Airaudi, seorang anak berusia 10 tahun asal Italia mengaku mendapatkan penglihatan akan sebuah kepercayaan tertentu yang membuatnya nekad membangun sebuah kuil bawah tanah. Kuil ini ia bangun dengan bantuan teman-temannya dengan cara menggali sebuah bukit terpencil di pegunungan Alpen. Pembangunan kuil itu di mulai tahun 1978.
Ruangan Bawah Tanah via BBC
Ruangan Bawah Tanah via BBC
Mereka membangunnya selama 16 tahun yang akhirnya menghadirkan sembilan kamar yang mereka tutupi dengan mural dan mosaik kaca. Hampir selama 10 tahun kuil yang mereka bangun itu tidak diketahui orang lain hingga akhirnya diketahui pemerintah setempat di tahun 1992. Akhirnya kuil itu disita pemerintah dan usaha pembangunan dihentikan.

4. Pintu Rahasia di Dinding

Seorang arsitek asal London bernama Jack Woolley menyembunyikan kantor dan rumahnya di belakan dinding bata di tepi jalan. Sepintas orang tidak akan sadar jika di balik dinding bata tersebut terdapat sebuah bangunan.
Pintu Rahasia di Dinding via BBC
Pintu Rahasia di Dinding via BBC
Bangunan tersebut dinamakan dengan Workshop Old dimana untuk mengakses ke dalam bangunan, seseorang harus melewati sebuah pintu masuk yang terselubung. Desain arsitektur ini memenangkan penghargaan dari Journal Small Projects Award tahun 2012.

5. Pondok Batu

Ini merupakan sebuah pondok kayu yang didesain sedemikian rupa sehingga tampak seperti batu raksasa di lerang pegunungan Alpen. Desain unik ini dirancang oleh Bureau A, salah satu perusahaan desain arsitektur asal Swiss.
Pondok Batu via BBC
Pondok Batu via BBC
Sebuah pondok yang berkamuflase menyerupai sebuah batu ini diberi nama Antoine. Ini merupakan seorang tokoh dalam novel Derborence karya Charles-Ferdinand Ramuz. Dimana dalam noel ini diceritakan bahwa Antoine adalah seorang tokoh yang bertahan hidup selama tujuh hari saat terperangkap di bawah batu besar yang runtuh dari atas pegunungan.

6. Menyemprotkan Kabut Buatan

Seperti diketahui daerah-daerah di timur tengah yang notabene mayoritas gersang dan dipenuhi gurun pasir memiliki suhu yang lebih panas dibanding negara tropis maupun negara di iklim dingin. Oleh karena itu sebuah perusahaan arsitektur di Kuwait bernama Agi membuat inovasi rumah yang diklaim ramah buat penghuninya di bawah suhu tinggi.
Kabut buatan via BBC
Kabut buatan via BBC
Kabut buatan akan dilepaskan untuk mendinginkan ruangan dan melindungi penduduk dari suhu yang panas. Rumah ini dinamakan Secret House yang dirancang untuk mampu beradaptasi dengan iklim gurun. Ruang-ruang yang disematkan regulator kabut akan dipenuhi dengan asap yang membuat pandangan di ruangan terbatas. Ini juga memiliki manfaat lain sebagai bentuk kamuflase terhadap ruangan sehingga menyamarkan aktivitas privasi yang dilakukan penghuninya di ruangan tersebut.

7. Rumah Pohon

Tidak seperti rumah pohon pada umumnya yang dibangun di atas pohon rumah ini berada di permukaan tanah layaknya rumah lainnya. Yang membedakan adalah bahan penyusunnya yang terbuat dari tumpukan gelondongan kayu yang ditata rapi. Sepintas ini terlihat seperti kayu yang ditumpuk hingga tak seorangpun yang akan mengira jika di dalam tumpukan tersebut terdapat sebuah ruangan.
Rumah Pohon via BBC
Rumah Pohon via BBC
Bangunan yang Anda lihat tersebut adalah basecamp latihan musisi Belanda, Hans Liberg. Perancangnya adalah Piet Hein Eek yang mendesain studio ini menjadi sebuah bangunan yang tidak terlalu mencolok. Uniknya lagi bangunan ini memiliki roda yang memungkinkannya dipindah kemana saja. Usut punya usut penambahan roda ini untuk menghindari pajak.
Berbagai cara dilakukan orang untuk menyamarkan atau bahkan menyembunyikan bangunan dari pandangan publik dengan alasan tertentu. Namun beberapa cara yang mereka lakukan kadang menjadi inspirasi yang patut untuk dicontoh dalam pembangunan sebuah kawasan yang memiliki proyek rahasia.
Powered by Blogger.